Saturday 30 March 2013

Cara Menyembunyikan File Tanpa Aplikasi Di Android


Dipostingan kali ini Drio AC , Dokter Android akan memberikan sedikit pengetahuan dan tutorial tentang Cara Menyembunyikan File Tanpa Aplikasi Android. Pada postingan sebelumnya, saya telah memberikan tutorial cara menyembunyikan file, hanya saja pada cara tersebut kita menggunakan sebuah aplikasi.

Dot Folder

Pada aplikasi explorer di Android, biasanya terdapat pilih hidden yang berfungsi untuk menampilkan file atau folder yang tidak terlihat dan tidak terbaca ataupun yang tersembunyi. Contoh, berikut adalah screenshot dari aplikasi explorer vendor atau yang bisa disebut File Saya
:



Sekarang mari kita lihat jika pilihan hidden sudah kita aktifkan dengan cara pilihan > Lainnya > Pengaturan > Tampilkan File Yang Tersebunyi > centang.



Hasilnya akan seperti ini, file yang tersembunyi akan ditampilkan dengan awalan Dot.



Apakah sobat mengerti maksudnya apa, ya benar! , yang kita gunakan untuk membuat file tidak terbaca adalah awalan suatu file yang diawali dengan . ( dot ). Jadi kesimpulannya jika sobat paham, kalau sobat mau menyembunyikan suatu file atau folder buatlah sebuah folder dot nomedia ( .nomedia ) atau file dot yang sudah tersedia, maka otomatis aplikasi media tertentu tidak akan bisa membaca file dot kecuali jika aplikasi tertentu sudah menyediakan option hidden.

Cara Menyembunyikan File Lebih Maksimal

Mungkin jika sobat melakukan cara diatas, sobat akan berpikiran bagaimana kalau seseorang sudah mengetahui hal tersebut, tenang masih ada cara lain tapi cara ini lanjutan dari cara diatas, hanya saja cara ini menggunakan aplikasi Root Explorer ( Download Disini ). Berikut cara-caranya:

  1. Buat folder baru yang diawali dot, misalnya .nomedia
  1. Pindahkan file yang mau sobat sembunyikan difolder .nomedia tadi
  1. Setelah itu kembali dan tekan yang lama folder .nomedia sampai keluar option lalu pilih zip this folder
  1. Setelah proses selesai pilih go to zip
  1. Rename file .nomedia.zip menjadi nama apa saja, misalnya seperti ini
Catatan : Hilangkan dot-nya tapi jangan hapus dot keduanya dan ganti 3 huruf zip menjadi 3 huruf extensi file, seperti JPG, 3GP, MP4, FLV, TXT, DOC dan lain-lain, sehingga ketika dibuka file itu seperti file rusak.


Cara Mengembalikannya

  1. Rename lagi file sobat, tapi cukup rename 3 huruf extensi file menjadi .zip kembali
  2. Setelah itu tekan dan tahan file sampai muncul option, lalu pilih extract All dan setelah selesai pilih go to extracted
  3. Sekarang file sobat sudah kembali lagi... Horeee....

Sekian postingan dari Drio AC , Dokter Android semoga senantiasa bermanfaat untuk sobat, terutama para Androiders, jika dirasa sobat masih bingung dengan tutorial yang saya berikan, silahkan berkomentar tapi berkomentarlah yang sopan yaitu sopan secara bahasa, huruf, serta makna. Sampai jumpai dipostingan selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger