Tuesday 30 January 2018

REVIEW BUKU OLIMPIADE GEOGRAFI


Untuk mempersiapkan olimpiade geografi, kita harus banyak membaca dan banyak latihan mengerjakan soal. Materi olimpiade bisa didapat dari internet mapun dari buku-buku yang dijual secara online maupun di toko buku. Untuk buku-buku yang dijual di toko buku, mungkin kita bisa melihat isinya dengan meminta sampel kepada toko buku yang bersangkutan. Namun untuk buku-buku olimpiade yang dijual secara online, kita butuh penilaian orang lain supaya kita tidak seperti orang yang membeli kucing dalam karung. Suara meong-meong saja tidak cukup tanpa tahu bagaimana bentuk kucing yang ada di dalam karung, kan?

Nah, maka daripada itulah, kali ini akan kuulas salah satu buku olimpiade geografi yang telah kupunya dan ku gunakan.

1.      Buku Olimpiade Dari OSN Training Center

Judul bukunya adalah “Persiapan Olimpiade Geografi”
OSN Training Center adalah sebuah lembaga yang sering melaksanakan kegiatan pelatihan untuk persiapan olimpiade. Salah satu media yang digunakan untuk promosi adalah line. Selain itu bisa diakses lewat website www.learningolimpiade.com .
Adapun daftar isi atau bab yang dibahas dalam buku ini antara lain Bab 1 Hidrologi dan oseanografi, Bab 2 Meterologi dan Klimatologi, Bab 3 Geografi Budaya dan Identitas Regional, Bab 4 Bencana dan Manajemen Bencana, Bab 5 Geografi Pertanian dan permasalahan pangan, Bab 6 Geografi Kota, Bab 7 Geografi Ekonomi, Bab 8 Geografi Pembangunan, Bab 9 Soal dan Pembahasan Geografi.

Kelebihan dari buku ini adalah selain ada materinya, diberikan latihan soal untuk mengasah kemampuan murid dalam memahami pembelajaran. Namun sayangnya, ada bab yang tidak ada pembahasannya, yaitu Bab 2 di bagian meterologi dan klimatologi, tidak ada penjelasan materinya, hanya berupa tulisan bab 2 dan judul meteorologi dan klimatologi.

2.      Buku Olimpiade dari bina prestasi insani

Judul buku “suplemen sumber belajar olimpiade geografi 1”
Buku ini disusun oleh lembaga olimpiade pendidikan Indonesia. Pada jilid 1, terdapat materi Bab I meteorologi, Bab II oseanografi, Bab III Kebencanaan dan Manajemen Bencana, Bab IV Sumberdaya dan Manajemen Sumberdaya, Bab V Geografi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, Bab VI Geomorfologi, Bab VII Pertanian dan masalah pangan, Bab VII Kependudukan dan dinamika penduduk.

Cakupan materi pada buku ini lumayan lengkap dan memberikan gambaran secara menyeluruh dari bab-bab yang dijadikan materi olimpiade geografi. Sayangnya, ada materi yang pembahasannya kurang tepat, yaitu pada materi meteorologi tentang arah angin akibat dari gaya coriolis. Di buku ini disebutkan bahwa arahnya di BBU ke kiri, padahal arah angin di BBU karena pengaruh gaya coriolis adalah ke kanan.
Selain itu,di buku ini juga tidak terdapat contoh soal. Jadi hanya pembahasan materi saja.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger