Wednesday 3 October 2012

Jurusan-jurusan di Polimedia (politeknik negeri media kreatif)


Teknik Grafika

Program Studi Teknik Grafika dirancang secara khusus untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian dan keterampilan di bidang teknik mencetak yang mencakup pracetak, produksi cetak, dan pasca-cetak, serta memiliki kemampuan untuk berwirausaha di bidang industri kreatif. Program ini sangat sesuai dengan keinginan calon mahasiswa dalam meniti karir di bidang industri grafika. Program Studi Teknik Grafika didukung dengan fasilitas praktik produksi yang lengkap mulai dari mesin konvensional sampai dengan mesin cetak digital, laboratorium bahan, simulator cetak, mesin cetak offset dua warna dan empat warna, dan lain-lain. Dengan dukungan tenaga pengajar yang amat berpengalaman di bidangnya serta penerapan kurikulum berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan, maka Program Studi Teknik Grafika diyakini mampu menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri kegrafikaan masa depan.

Kompetensi Lulusan

Memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan teknologi pracetak, produksi cetak, dan pascacetak dalam proses produksi barang cetakan hitam putih hingga full colour. Mampu merencanakan dan mengelola wirausaha industri kreatif di bidang grafika.
 
Profil Lulusan
Sebagai Ahli Madya Teknik Grafika yang menguasai bidang pracetak, produksi cetak, pascacetak, pemasaran dan bisnis wirausaha di bidang grafika.
 Prospek Karir
Lulusan Program Studi Teknik Grafika dapat berkarir sebagai :
1. Penyelia Pracetak
2. Penyelia Produksi cetak
3. Penyelia Pascacetak
4. Tenaga Pemasaran
5. Wirausahawan

Desain Grafis


 

Ikhtisar

Program Studi Desain Grafis dirancang secara khusus untuk mencetak lulusan yang terampil dalam melakukan kreasi seni dan desain untuk kebutuhan industri kreatif, meliputi: perancangan logo, branding, bahan penerbitan, pengemasan, literatur promosi, dan media kehumasan. Untuk mengisi kebutuhan SDM industri kreatif khususnya di bidang desain grafis maka program studi ini berupaya mencetak lulusan dengan profil Ahli Madya Desain Grafis yang berwawasan kewirausahaan dan teknologi. Mahasiswa akan mempelajari semua aspek teori baik media analog maupun digital yang terdapat pada desain buku, majalah, surat kabar, dan berbagai bentuk media komunikasi lainnya.

 Kompetensi Lulusan

Mampu menciptakan dan mengangkat kekayaan kreasi lokal melalui desain grafis untuk diaplikasikan ke dalam industri, penerbitan, percetakan, periklanan, film, video, gambar, televisi, fesyen, dan lain-lain guna mengangkat harkat dan jati diri citra seni budaya Indonesia di mata internasional. Mampu merencanakan dan mengelola usaha berbasis produksi dan kewirausahaan di bidang industri desain grafis.

 Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Desain Grafis dipersiapkan menjadi Ahli Madya Desain Grafis yang memiliki keahlian mendesain berbagai media analog maupun digital untuk kebutuhan usaha atau industri kreatif di berbagai bidang.

 Prospek Karir

Lulusan Program Studi Desain Grafis dapat bekerja dan berkarir sebagai Desainer Grafis, Direktur Seni, Editor Grafis, dan Wirausahawan Desain Grafis.

Penerbitan

 

Ikhtisar

Program Studi Penerbitan dirancang secara khusus untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan, keahlian dan keterampilan dalam menyiapkan berbagai bentuk dan jenis naskah sesuai dengan kebutuhan industri kreatif. Program studi ini sesuai bagi calon mahasiswa yang berminat mendalami dunia penerbitan atau berkarir di bidang penulisan, penyuntingan, pengelolaan, dan pemasaran seperti buku, majalah, surat kabar, dan lainnya. Program Studi Penerbitan didukung dengan fasilitas yang lengkap berupa laboratorium penerbitan, laboratorium bahasa, dan laboratorium komputer PC maupun Apple MAC sehingga mendorong tumbuhnya daya kreasi dan inovasi mahasiswa dalam penulisan dan penyuntingan kreatif serta menghasilkan berbagai produk terbitan yang bernilai dan berkualitas.
Dengan dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman akademis maupun di industri serta kemampuan pembelajaran dengan kurikulum berbasis produksi dan kewirausahaan, Program Studi Penerbitan akan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha dan industri.

Kompetensi Lulusan

Mampu melakukan penyunting dan penulisan naskah pada industri penerbitan, periklanan, penyiaran, permainan interaktif, film, video, seni pertunjukan, dan musik. Mampu merencanakan dan mengelola usaha berbasis produksi dan kewirausahaan di bidang industri penerbitan.

Profil Lulusan

Program Studi Penerbitan menghasilkan Ahli Madya Penulis atau Pengarang, Ahli Madya Penyunting atau Editor, dan menjadi Wirausahan di bidang Penerbitan Media Kreatif.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Penerbitan dapat bekerja sebagai Proof Reader, Copy Writer, Copy Editor, dan Penulis atau Pengarang.

Teknik Kemasan

Ikhtisar

Program Studi Teknik Pengemasan membekali mahasiswa dengan kompetensi pengetahuan, keahlian, dan keterampilan Teknik Pengemasan yang diakui secara nasional sehingga mampu memasuki dunia usaha sesuai dengan standar kualitas pada industri pengemasan. Program studi ini sesuai bagi mahasiswa yang berminat meniti karir di bidang industri pengemasan, baik pengemasan bahan kertas, karton, plastik, logam, maupun bahan pengemasan yang lainnya
Proses pembelajaran Program Studi Teknik Pengemasan difasilitasi sarana dan prasarana lengkap serta modern. Program ini didukung oleh para pengajar yang profesional dan berpengalaman dalam menerapkan proses pembelajaran berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan. Para lulusannya diyakini mampu memenuhi tuntutan kualifikasi dunia usaha dan industri di bidang pengemasan.

Kompetensi Lulusan

Mampu dan terampil merancang dan membuat produk-produk pengemasan baik yang berbahan dasar kertas, karton, plastik, logam, maupun bahan pengemasan lainnya melalui penguasaan teknologi pengemasan baik melalui proses manual maupun digital. Mampu merencanakan dan mengelola usaha di bidang industri pengemasan berbasis produksi dan kewirausahaan.

Profil Lulusan

Menjadi Ahli Madya Teknik Pengemasan yang berfokus pada spesialisasinya, antara lain: Pengemasan Berbasis Bahan Kertas, Pengemasan Berbasis Bahan Karton, Pengemasan Berbasis Bahan Plastik, Pengemasan Berbasis Bahan Logam, atau Pengemasan Berbasis Bahan Lainnya, bahkan lebih dari itu, para lulusan akan dibekali kemampuan untuk menjadi calon wirausaha kreatif bidang industri pengemasan.

 

Prospek Karir

Lulusan Teknik Pengemasan diyakini mampu berkarir sebagai Desainer Teknik Pengemasan, Pengendali Mutu Produksi Pengemasan, Operator Mesin Produksi Pengemasan pada dunia usaha maupun industri pengemasan, baik yang mempunyai spesialisasi pada bahan dasar kertas, karton, plastik, logam, dan bahan pengemasan lainnya.

Materi Kuliah

Mahasiswa akan memperoleh sejumlah mata kuliah inti yang terkait dengan tuntutan kompetensi lulusan, antara lain:
Pengetahuan Bahan Pengemasan, Teknologi Pengemasan, Produksi Pengemasan, Desain Pengemasan, Teknik Cetak Pengemasan, Manajemen Industri Pengemasan, dan Kewirausahaan Pengemasan. Program studi ini juga memberikan kesempatan berlatih untuk mengelola usaha pengemasan dengan kemampuan merancang struktur industri pengemasan, kemampuan komunikasi, dan bisnis pengemasan.

Periklanan

Ikhtisar
Program Studi Periklanan Kreatif dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi, pengetahuan, keahlian dan keterampilan di bidang industri periklanan, terutama yang terkait konsep kreatif yang mendukung perencanaan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Didukung dengan fasilitas insfrastruktur studio fotografi, studio audio visual, studio digital grafis, dan lain sebagainya, maka para mahasiswa berpeluang untuk menekuni dunia
usaha periklanan dan industrinya dengan berbekal ilmu berbasis produksi dan kewirausahaan yang diperolehnya selama mengikuti proses pembelajaran. Dalam proses pembelajarannya, Prodi Periklanan Kreatif ini didukung oleh para pengajar yang berasal dari akademisi dan praktisi industri periklanan yang profesional dan mempunyai pengalaman baik di dalam maupun di luar negeri.
Kompetensi Lulusan
Mampu menciptakan dan mengangkat kekayaan kreasi lokal sebagai media komunikasi melalui periklanan kreatif untuk diaplikasikan ke industri periklanan, film, video, televisi, dan lain-lain untuk mengangkat harkat, jati diri dan citra seni budaya Indonesia di mata internasional. Mampu merencanakan dan mengelola wirausaha di bidang usaha/industri periklanan.
 Profil Lulusan Lulusan program studi periklanan dapat menjadi Ahli Madya Periklanan Kreatif, Supervisor Periklanan Kreatif,
dan calon wirausaha periklanan kreatif.
Prospek Karir
Prospek karir lulusan Program Studi Periklanan adalah menjadi tenaga profesional bidang periklanan sebagai Creative Director, Brand Manager, Penyelia Promosi 
dan Pemasaran dan lain sebagainya.

Fotografi

Ikhtisar

Program Studi Fotografi dirancang khusus untuk menyiapkan mahasiswa agar memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian, dan keterampilan fotografi untuk keperluan foto komersial, foto jurnalistik, essay foto, foto dokumentasi, foto salon, dan lain sebagainya. Program Studi Fotografi didukung oleh fasilitas praktik produksi foto berbasis teknologi terkini berupa kamera konvensional maupun kamera digital, lampu-lampu pencahayaan untuk media luar dan dalam ruangan, komputer editing fotografi, dan mesin cetak foto. 
Dengan dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman dalam proses belajar kurikulum berbasis produksi dan kewirausahaan baik di dunia industri maupun akademis, Program studi ini diharapkan mampu melahirkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri fotografi di masa datang.

Kompetensi Lulusan

Mampu menciptakan karya-karya foto yang dapat diaplikasikan pada produk-produk cetak, elektronik, dan luar ruang. Mampu merencanakan dan mengelola wirausaha di bidang industri fotografi

Profil Lulusan

Pekerja Fotografi Profesional yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan karya fotografi yang digunakan untuk keperluan komersial, karya seni, jurnal, dan dokumentasi, serta wirausaha fotografi.
 

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Fotografi dapat menjadi Fotografer Profesional, Editor dan Redaktur Fotografi di Industri Media.

MULTIMEDIA

 

Ikhtisar

Program Multimedia dirancang khusus untukmenyiapkan mahasiswa agar mampu menyampaikan pesan yang digunakan melalui berbagai media yang ada, seperti media audio, video, teks, grafik, dan animasi. Berbagai produk multimedia dapat dijumpai berupa media televisi, multimedia interaktif dan berbagai unsur kreatif yang digunakan dalam menyampaikan pesan agar lebih menarik. Dengan dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman dalam proses belajar kurikulum berbasis produksi dan kewirausahaan baik di dunia industri maupun akademis, Program studi ini mempu melahirkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri multimedia di masa datang.
 

Kompetensi Lulusan

• Memiliki kemampuan penguasaan secara teknik dan kemampuan menyampaikan secara audio visual pada bidang multimedia, meliputi: animasi, videografi, dan multimedia interaktif sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri di Indonesia, pendidikan, dan instansi pemerintah maupun swasta.
• Mampu merencanakan dan mengelola wirausaha di bidang industri multimedia
 

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Multimedia dapat menjadi ahli madya yang kompeten di bidang multimedia mulai dari analisa konsep pengembangan desain, desain multimedia, manajemen produksi multimedia sebagai animator, web designer, videographer, art director, photographer, storyboarder, dan digital illustrator.
 

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Multimedia dapat berkarir secara profesional di berbagai bidang design web, periklanan, perfilman TV maupun layar lebar, animasi dan lain sebagainya.
 
Peluang Kerja
Peluang kerja lulusan Program Studi Multimedia terbuka luas antara lain di lingkungan :
1. Industri web design dan web content
2. Industri game baik game PC maupun game online
3. Industri periklanan
4. Industri perfilman TV maupun layar lebar
5. Instansi pemerintah dan Perusahaan swasta
6. Wirausaha baik di bidang software house (khusus multimedia)
 

Desain Mode

Ikhtisar

Program Studi Mode dirancang khusus untuk menyiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli madya professional dalam bidang mode yang berwawasan luas dan berjiwa kewirausahaan. Dengan dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman dalam proses belajar kurikulum berbasis produksi dan kewirausahaan baik di dunia industri maupun akademis, program studi ini akan mempu melahirkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri mode di masa datang.

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Mode dapat menjadi ahli madya yang kompeten di bidang produksi mode baik dalam konteks industri mode atau rumah mode maupun industri kreatif scara luas.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Mode memiliki kesempatan berkarir sebagai perancang mode di industri mode dan rumah mode.

Kompetensi Lulusan

Program Studi Mode membekali mahasiswa dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
  • Merancang berbagai mode sesuai perkembangan terkini.
  • Mengoperasikan software dan hardware pembuatan desain mode
  • Membuat gambar mode secara manual maupun digital.
  • Membuat karya mode untuk pakaian maupun media pemanfaatan lainnya.
  • Mampu merencanakan dan mengelola wirausaha di bidang industri mode.

Peluang Kerja

Lulusan Program Studi Fesyen dapat bekerja atau berwirausaha di lingkungan:
  1. Rumah Mode
  2. Redaktur Mode
  3. Kurator Mode
  4. Pengarah Gaya Mode
  5. Event Organizer Mode
  6. Wartawan Mode
  7. Pemasaran Mode
  8. Etalase Mode
  9. Asisten Desainer Mode
   

ANIMASI

 

Ikhtisar

Program Studi Animasi dirancang khusus untukmenyiapkan mahasiswa agar mampu menghasilkan karya animasi, meliputi: proses pra-produksi, produksi dan paska produksi baik melalui pendekatan bentuk 2D, 3D atau kombinasinya. Kegiatan belajar dilakukan melalui pendekatan teknik manual, digital, stop motion atau kombinasinya dan pendekatan fungsi hasil karya sebagai film atau sebagai konten dari media yang lebih kompleks lainnya. Dengan dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman dalam proses belajar kurikulum berbasis produksi dan kewirausahaan baik di dunia industri maupun akademis, Program studi ini akan mampu melahirkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri animasi di masa datang.
 

Kompetensi Lulusan

Program Studi Animasi membekali mahasiswa dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
  • menyusun cerita dalam bentuk script dan storyboard
  • mengoperasikan software dan periferal animasi 2D
  • mengoperasikan software dan periferal animasi 3D
  • membuat gambar animasi secara manual maupun digital
  • membuat karya animasi berupa film maupun media pemanfaatan lainnya
  • mendukung pembuatan game edukasi
  • Mampu merencanakan dan mengelola wirausaha di bidang industri animasi.
 

Profil Lulusan

Lulusan program studi Animasi merupakan ahli madya yang berkompeten dalam bidang produksi Animasi baik dalam konteks industri animasi maupun industri kreatif secara luas.
 

Prospek Karir

Lulusan program studi Animasi memiliki kesempatan berkarir sebagai animator, in betweener, lay out artist, chacarter designer, background artist, storyboard artist, colorist, clean up artist, animation producer, video compositor dan special effect artis, 3d modeller, sound director dll.
 

Peluang Kerja

Lulusan program studi Animasi dapat bekerja atau berwirausaha di lingkungan :
  1. Industri Animasi
  2. Industri Periklanan dan Broadcasting
  3. Industri Game
  4. Industri Perfilman
  5. Industri Web
  6. Industri Arsitektural/Property

Broadcasting

Ikhtisar

Program Studi Broadcast dirancang khusus untuk menyiapkan mahasiswa agar memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian dan keterampilan di bidang penyiaran, penyuntingan, kamerawan dan penyutradaraan serta memiliki keamampuan untuk berwirausaha di bidang broadcasting. Program studi ini sangat sesuai bagi calon mahasiswa yang ingin meniti karir di bidang industri kreatif broadcast.
Dengan dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman dalam proses belajar kurikulum berbasis produksi dan kewirausahaan baik di dunia industri maupun akademis, program studi ini akan mempu melahirkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri broadcast di masa datang.
 

 Kompetensi Lulusan

Program Studi Broadcast membekali mahasiswa dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:
  • Menulis naskah video
  • Mengelola bidang usaha broadcast dan rumah produksi
  • Mengembangan wirausaha bidang broadcast dan rumah produksi
  • Terampil merencanakan dan mengelola wirausaha di bidang industri broadcast
 

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Broadcast dapat menjadi ahli madya yang kompeten di bidang perancang, pemasaran, pengelola dan bisnis wirausaha bidang broadcast dan rumah produksi maupun industri kreatif scara luas.
 

 Prospek Karir

Lulusan Program Studi Broadcast memiliki kesempatan berkarir sebagai perancang program televisi dan radio, penulis naskah program televisi dan radio, editor video, kamerawan video, sutradara / penata acara program televisi, penyiar televisi, penyiar radio, pengarah acara (MC), reporter, jurnalis media cetak dan elektronik, tenaga pemasaran program telebvisi dan radio.
 

Peluang Kerja

Lulusan Program Studi Broadcasting dapat bekerja atau berwirausaha di lingkungan:
  1. Industri televisi
  2. Industri radio
  3. Industri rumah produksi
  4. Industri periklanan
  5. Industri penerbitan
  6. Wirausaha di bidang penyiaran dan rumah produksi.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger