Friday 5 October 2012

Program Double Degree (Bachelor) in Marine Engineering


Program Double Degree (Bachelor) in Marine Engineering

Pengantar
Program Double Degree untuk jenjang pendidikan Sarjana/Bachelor bidang keilmuan Marine Engineering diselenggarakan atas kerjasama antara Jurusan Teknik Sistem Perkapalan - ITS dengan Hochschule Wismar University - Jerman dan Semarang Growth Centre (SGC), sesuai dengan persetujuan Menteri Pendidikan Nasional melalui Surat Dirjen DIKTI Kemdiknas, Nomor 433/E/T/2011, tanggal 1 April 2011. Kurikulum program, dengan masa studi 8 (delapan) semester, disusun secara khusus untuk memenuhi kebutuhan akan engineer profesional yang mempunyai kemampuan manajerial yang dapat menjembatani antara perusahaan pelayaran dengan aspek manajemen pengelolaan teknis armada kapalnya. Secara umum, kurikulum program berpedoman pada standar DIKTI dan ITS dengan penyetaraan kepada European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS). Materi kuliah dan silabus disusun dengan memberikan penekanan khusus pada pemahaman yang komprehensip tentang Basic Naval Architecture and ShipbuildingShip Machinery-Electrical & AutomationTechnical Survey & InspectionMaritime Business, danStandards-Regulations yang relevan. Selain itu, kurikulum program sangat memperhatikan aspek pembentukan karakter, integritas, dan soft-skill peserta didik.
Meningkatnya kebutuhan akan Marine Superintendent dengan kualifikasi internasional dewasa ini, dan minimnya ketersediaan sumber daya manusia dalam bidang marine di negara-negara maju baik di kawasan Asia, Australia, maupun Eropa menjadi salah satu pertimbangan penting dibukanya program double degree ini.
Program Double Degree in Marine Engineering yang sepenuhnya diselenggarakan di ITS, dirancang secara fleksibel untuk dapat diselesaikan dalam waktu 8 (delapan) semester, dengan tenaga pengajar berasal dari ITS dan Hochschule Wismar University - Jerman. Bagi mahasiswa yang berencana memperoleh pengalaman belajar langsung di Hochschule Wismar University - Jerman, dapat melanjutkan pendidikan di Hochschule Wismar University - Jerman untuk 2 (dua) semester terakhir, yang ketentuannya akan diatur kemudian.
Ijazah
Lulusan Program Double Degree (Bachelor) in Marine Engineering akan memperoleh ijazah dan gelarSarjana Teknik (S.T.) dari ITS dan Bachelor of Engineering (B.Eng) dari Hochschule Wismar University - Jerman
Penerimaan Mahasiswa Baru
Penerimaan Mahasiswa Baru Program Double Degree (Bachelor) in Marine Engineering untuk Tahun Akademik 2012/2013 bergabung dalam sistem seleksi ujian masuk SNMPTN Jalur Ujian Tertulis. Selain itu juga mengadakan sistem seleksi lokal melalui jalur Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).
Total daya tampung untuk Program Double Degree (Bachelor) in Marine Engineering sebanyak 50mahasiswa baru.
Biaya Pendidikan
Rp. 17.500.000,00 (Tujuh Belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) per semester.
Informasi
Sekretariat Jurusan Teknik Sistem Perkapalan 
Gedung WA 
Fakultas Teknologi Kelautan
Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111
Telp. 031 5994251, ext. 1102
Fax. 031 5994754
e-mail: jtsp@its.ac.id, kajur_tsiskal@its.ac.id
atau
Sekretariat Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111
Telp. 031 5994251-54
Ext. 1122
Pst. 031 5923619
e-mail: baak@its.ac.id, baakcare@its.ac.id

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger