Monday 25 May 2015

Tips Masuk SNMPTN 2016

assalamu'alaikum kawan-kawan..
Bagi kalian yang akan SMA kelas 11 tentunya sudah mulai memikirkan untuk memilih PTN/Kuliah dimana? jangan sampe kalian memilih kuliah pada saat kalian sudah kelas 12.. intinya kalian buang buang waktu ajah, cepat tentuka mulai dari sekarang cita-cita kamu untuk masuk PTN apa?, PTN yang kaya gimana? kenapa saya sarankan kalian memilih PTN dikelas 11 soalnnya di kelas 12 itu waktuya gak banyak, kalian di kelas 12 itu cuma sekitar 6/7 bulan saja bahkan bisa 5 bulan lah dan untuk masuk perguruan tinggi atau yang sering kita singkat menjadi PTN itu banyak seleksinya:

1. SNMPTN
SNMPTN (Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Ini adalah jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, jalur ini biasanya penghuninya banyak waktu tahun 2014 pendaftar mencapai (850 ribu) dan yang diterima hanya (125 ribu) serem kan?? itu ditahun 2014 beda sama tahun 2015 yang jumlah pendafta mencapa angka (900 ribu) dan yang diterima hanya (120 ribu) makin serem lagi kan? dan untuk tahun 2016 mungkin mencapai angka 1.000.000 pendaftar SNMPTN.. nah loh gimana tuh..

2. SBMPTN
SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
seleksi yang berikutnya adalah SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sering disebut juga TES TULIIS dan menurut saya ini lebih serem lagi soalnya ini tes murni dan gak bisa nyontek sana sini karena soalnya beda beda tiap orang, dan menurut data dari panitia SMBPTN pada tahun 2014 ada sekitar (670 ribu) pendaftar dan yg diterima hanya (100 ribu) saja berbeda di tahun 2015 ada sekitar (750 ribu) pendaftar dan yang ditermia sekitar (125 ribu), ini akan sangat menyeramkan apa bila kita prediksi di tahun 2016 jumlah pendaftar  mungkin akan lebih banyak dan lebih meledak.

3. SM
SM (Seleksi Mandiri)
yah terakhir ini gak semua PTN ada karena jalur SM atau Seleksi Mandiri ini membutuh kan biaya yang tidak sedikit bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta, jadi bagi kalian yang masuk jalur SM pikir-pikir lagi deh kasian orang tua kalian, jadi pilih lah jalur yang bisa membanggakan orang tua kalian OK!

terus gimana ya biar bisa lolos SNMPTN? kan enak gak test lagi, cuma nyantumin niai rapot ajah lagi, gimana dong biar bisa diterima di PTN yang kita idam-idamkan melalui jalur SNMPTN ini..?

TIPS & TRIK Agar Diterima SNMPTN:

1. NILAI RAPOT HARUS BAGUS
Nilai Rapot Bagus
nilai rapot jadi tips yang pertama kenapa karena kalo kamu nilai rapotnya bagus insyallah dilirik PTN yang bagus juga.

2. PILIH PTN YANG SESUAI
Pilih PTN yang Sesuai
artinya apa nih, gini ya kalo kalian nilai rapotnya bagus dan dapet pirangkat 1 terus di sekolah tapi ketika milih PTN yang emang susah persaingannya kemungkinan kamu gak diterima, soalnya kenapa? yang daftar disitu bukan kamu doang banyak SMA lain yang kemungkinan nilainya lebih bagus dari kamu, jadi pilih lah PTN yang dulu kaka kelas kamu banyak yang masuk di PTN tersebut.

3 PILIH PTN YANG PUNYA INDEKS WILAYAH DAN INDEKS SEKOLAH
apa sih indek wilayah?? indek wilayah itu PTN yang satu kampung dengan sekolah kamu, misalnya kamu sekolah di Indramayu, Cirebon, Bandung nah pilih PTN yang ada di daerah JAWA BARAT karena peluang untuk masuknya lebih besar, sedangkan apa sih indek sekolah itu?? indek sekolah adalah kaka kelas atau alumni yang sudah diterima di PTN tersebut, misalnya ada kaka kelas kamu yang angkatan 2015 ada yang diterima di UPI-Pendidikan Geografi dan kamu pengen ngikutin kaka kelas kamu di UPI-Pendidikan Geografi kamu memiliki peluang besar untuk masuk di UPI-Pendidikn Geografi.

terimakasih semoga tipsnya bermanfaat.
comment, like and share ya 😁😁😁😁😁😁😁😁

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger