Saturday 16 June 2012

panduan Pendaftaran Jalur Mandiri UNAIR 2012


PERSYARATANJalur Mandiri dapat diikuti oleh
  • Warga Negara Indonesia, atau Warga Negara Asing yang mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan Nasional.
  • Lulusan SLTA (SMA/SMU, MA, SMK, SLTA Luar Negeri, Ujian Persamaan) tahun 2010, 2011 dan 2012.
  • Tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar di program studi yang dipilih.
Daftar Persyaratan Fisik per Program Studi jalur Mandiri Universitas Airlangga dapat di lihat di link ini << klik


TATA CARA PENDAFTARAN ONLINE
  1. Calon peserta mengambil nomor voucher melalui halaman web ppmb unair dihttp://pendaftaran.unair.ac.id/ambil_voucher_s1.php
  2. Lakukan transaksi pembayaran seleksi PPMB-Unair sesuai Jadwal yang telah ditentukan melalui bank Mandiri (ATM, teller, e-banking) , dengan membawa nomor voucher.
  3. Pastikan Kelompok Ujian yang Dituju kepada pihak Bank Mandiri (IPA / IPS / IPC), Biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, dan Rp500.000,- untuk Kelompok Ujian IPC. Uang yang telah disetor ke bank tidak dapat ditarik kembali.
  4. Prosedur Pembayaran Melalui ATM : Pembayaran pembelian => Multipayment - masukkan kode unair (10008) masukkan kode voucher => masukan jumlah biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,- untuk satu Kelompok Ujian IPA atau IPS, dan Rp500.000,- untuk Kelompok Ujian IPC tekan ok dst....
  5. Setelah berhasil melakukan transaksi pembayaran, Calon peserta akan memperoleh resi pembayaran. Resi pembayaran seleksi tersebut berisi:
    1. Nomor voucher.
    2. PIN Pra Pendaftaran Jalur Mandiri.
    3. Kelompok pilihan (IPA, IPS, dan IPC), masing - masing pilihan terdiri dari :
      • IPA : 2 pilihan Program Studi.
      • IPS : 2 pilihan Program Studi.
      • IPC : 4 pilihan Program Studi, dengan minimal 1 pilihan dari IPA atau IPS.
    4. Waktu transaksi.
  6. Buka pendaftaran online PPMB Unair di alamat http://pendaftaran.unair.ac.id/, akan terlihat halaman login.
  7. Masukkan Nomor Voucher dan PIN Pra Pendaftaran Jalur Mandiri pada kotak yang tersedia, isikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia dengan menggunakan HURUF KECIL, kemudian tekan tombol login. Setelah berhasil, maka akan tampak formulir pendaftaran elektronik.
  8. Calon peserta diminta mengisi formulir pendaftaran elektronik sesuai petunjuk yang tercantum di buku petunjuk pendaftaran.

TATA CARA PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIKI. DATA DIRI
  1. Tulis nama Anda pada kolom Nama yang tersedia.
  2. Pilih kota dan provinsi/kabupaten tempat lahir pada menu pilihan yang tersedia.
  3. Isikan tanggal lahir Anda pada menu pilihan Tanggal Lahir yang tersedia.
  4. Isikan Alamat Anda pada kolom yang tersedia.
  5. Pilih Kota domisili pada kolom yang tersedia.
  6. Isikan Nomor telepon aktif (kontak personal) anda pada kolom yang tersedia.
  7. Pilih jenis kelamin Anda pada kolom menu pilihan Jenis Kelamin yang tersedia.
  8. Pilih kewarganegaraan Anda yang sesuai pada kolom menu pilihan Kewarganegaraan yang tersedia.
  9. Pilih agama Anda pada kolom menu pilihan Agama yang tersedia.
  10. Pilih sumber pembiayaan yang tersedia.
  11. Isikan Email Aktif anda pada kolom yang tersedia.(bagi yang belum memiliki diharap membuat akun email)
II. DATA PENDIDIKAN
  1. Pilih asal sekolah yang sesuai.
  2. Pilih jurusan Sekolah Anda pada kolom menu pilihan Jurusan sekolah yang tersedia.
  3. Isikan No dan tanggal ijazah Anda pada kolom yang tersedia.
  4. Isikan Tahun, Jumlah pelajaran, Total Nilai (bukan rata-rata) Ijazah dan Nilai UAN Anda pada kolom yang tersedia.
III. DATA KELUARGA AYAH
  1. Tulis nama ayah Anda pada kolom Nama ayah yang tersedia.
  2. Tulis alamat ayah Anda pada kolom Alamat ayah yang tersedia.
  3. Tulis kota alamat ayah Anda pada kolom kota yang tersedia.
  4. Tulis Nomor telepon ayah Anda pada kolom kota yang tersedia.
  5. Pilih pendidikan Ayah Anda yang sesuai.
  6. Pilih pekerjaan Ayah Anda yang sesuai.
IV. DATA KELUARGA IBU
  1. Tulis nama Ibu Anda pada kolom Nama ayah yang tersedia.
  2. Tulis alamat Ibu Anda pada kolom Alamat ayah yang tersedia.
  3. Tulis kota alamat Ibu Anda pada kolom kota yang tersedia.
  4. Tulis Nomor telepon Ibu Anda pada kolom kota yang tersedia.
  5. Pilih pendidikan Ibu Anda yang sesuai.
  6. Pilih pekerjaan Ibu Anda yang sesuai.
V. DATA KELUARGA (Lain-lain)
  1. Pilih skala usaha/Pekerjaan orang tua anda.
  2. Tulis jumlah kakak Anda pada yang tersedia.
  3. Tulis jumlah adik Anda pada kolom yang tersedia.
VI. KEDIAMAN DAN KENDARAAN KELUARGA
  1. Pilih ukuran kediaman Orang tua Anda
  2. Pilih Luas Tanah kediaman Orang tua Anda
  3. Pilih Luas Bangunan kediaman Orang tua Anda
  4. Pilih NJOP(Nilai Jual Objek Pajak)kediaman Orang tua Anda
  5. Pilih Daya Listrik kediaman Orang tua Anda
  6. Pilih jumlah kendaraan bermotor roda 2 Anda pada pilihan yang tersedia.
  7. Pilih jumlah kendaraan bermotor roda 4 Anda pada pilihan yang tersedia.
  8. Tulis kepemilikan kekayaan lainyya pada kolom yang tersedia.
  9. Tulis Informasi lainnya pada kolom yang tersedia.
VII. PROGRAM STUDI PILIHAN
  • Pilih program studi pilihan Anda.
VIII. LAIN - LAIN
  • Seluruh Data yang telah Diisikan pada Form Pendaftaran Online sepenuhnya menjadi TANGGUNG JAWAB PESERTA

KONFIRMASI ULANG ISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ELEKTRONIK :
  1. Setelah pengisian formulir pendaftaran elektronik terpenuhi, peserta diminta meneliti kembali isian tersebut pada halaman konfirmasi ulang.
  2. Untuk perbaikan data tekan tombol edit, ubah data yang perlu dirubah untuk kolom tempat lahir(propinsi & kota) tgl lahir, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, tempat sekolah (propinsi & kota), asal sekolah (tahun, status, jurusan, sumber biaya), Pendidikan ayah ibu, pekerjaan ayah ibu, penghasilan ayah ibu dan prodi dan minat studi harus diisi ulang sedangkan data yang kosong harus diberi tanda -
  3. Peserta harus mencetak halaman konfirmasi ulang tersebut dengan menekan tombol cetak.
  4. Jika isian sudah benar semua dan sudah tercetak, tekan tombol selesai.
  5. Pendaftaran online sudah selesai dan berhasil.

VERIFIKASI DOKUMEN PENDAFTARANCalon peserta diminta hadir di Gedung Serba Guna Universitas Airlangga (GSG Unair) Kampus B JL.Airlangga sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk melakukan verifikasi dokumen, antara lain membawa:
  1. Satu lembar pas foto berwarna 4 x 6
  2. Satu lembar fotokopi Ijasah/STTB/STK yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli) atau
  3. Satu lembar fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisasi (dengan menunjukkan dokumen asli).
  4. Kartu peserta Ujian Nasional tahun 2012 asli dan fotokopi.
  5. Resi pembayaran dari Bank Mandiri.
  6. Fotokopi cetakan/printout halaman konfirmasi ulang.
  7. Mengisi dan membawa Form Pernyataan SP3 (Rangkap 2) yang sudah bermaterai ditandatangani orang tua / wali calon mahasiswa.
    Download Form SP3
Kemudian calon peserta akan memperoleh nomor peserta ujian.
FOTO
Setelah verifikasi dokumen dilaksanakan dan dinyatakan sesuai, dilanjutkan dengan foto.SIDIK JARI
Setelah pengambilan foto peserta, dilanjutkan dengan proses pengambilan sidik jari.CETAK KARTU PESERTA
  1. Peserta membubuhkan tanda tangan pada kartu tanda peserta ujian di hadapan panitia.
  2. Panitia membubuhkan stempel pada kartu tanda peserta, sebelum menyerahkan kartu tersebut pada peserta.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger