Sunday 10 June 2012

Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika, POLMAN Bandung

Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika
Program Studi Teknik Otomasi Manufaktur & Mekatronika (AE)


(015/BAN-PT/AK-I/Dpl-III/IX/2002) – Berdiri sejak tahun 1995


SUMBER DAYA MANUSIA


Program Studi AE didukung oleh tenaga-tenaga berpengalaman lulusan pendidikan formal dalam dan luar negeri seperti POLMAN, ITB, ITS, UI, Swiss, Jerman, dan Australia. Disamping itu juga tenaga pengajar inti-nya mempunyai pengalaman kerja industri di Swiss dan Jerman.


PENDIDIKAN


Menyelenggarakan 2 (dua) Konsentrasi Studi, yaitu:


Teknik Otomasi Manufaktur, menerapkan sistem PBL, dimana seluruh proses pendidikannya berlangsung di kampus POLMAN.


Teknik Mekatronika, menerapkan sistem 3-2-1 Kooperatif, sebagian proses pendidikannya di industri, yaitu selama 2 (dua) semester.


PELATIHAN


Menyediakan layanan pelatihan bagi karyawan industri dan umum tersedia paket-paket standar dibidang PLC, Pneumatik & Hidrolik, Mikroprosesor & Interface, Digital Electronics, Instrumen dan Kontrol, Power Electronics dll. Disamping itu, tersedia paket-paket pelatihan khusus sesuai permintaan/kebutuhan pelanggan.


PRODUKSI DAN JASA


Melayani pembuatan peralatan peraga pengajaran dibidang elektronika, mekatronika dan otomasi; pemeliharaan dan perbaikan peralatan-peralatan medis; kelistrikan dan sistem kendali mesin produksi/agro industri/tekstil.


KONSULTASI DAN REKAYASA


Layanan konsultasi dan rekayasa bisa berupa pengembangan produk otomasi dan mekatronika baik yang bersifat tunggal maupun sistem; pengembangan program studi secara menyeluruh dalam bidang otomasi manufaktur dan mekatronika. Pelaksanaan konsultasi dan rekayasa dilakukan secara terinstitusi.


FASILITAS


Laboratorium


       - Lab. Elektronika Analog
- Lab. Elektronika Digital
- Lab. Elektronika Digital
- Lab. Mikroprosesor dan Antarmuka
- Lab. Instrumentasi dan Kendali
- Lab. Teknik Listrik
- Lab. Pneumatik dan Hidrolik







Program Studi Teknik Otomasi Manufaktur & Mekatronika (AE) – D3AT


Tuntutan akan mutu dan produktivitas menyebabkan industri manufaktur memilih untuk menggantikan mesin-mesin konvensional dan mulai menggunakan mesin-mesin otomatis dengan ketelitian dan ketepatan tinggi. Mesin-mesin tersebut tidak lagi hanya terdiri dari komponen-komponen mekanik tetapi juga elektronik, terutama untuk perangkat pengaturan dan mengendalian mesin tersebut. Kecenderungan tersebut menyebabkan kebutuhann ahli teknik yang mampu menangani sistem dan perangkat otomatis.


Untuk menjadi ahli teknik otomasi manufaktur dan mekatronika, selain mekanika juga dipelajari pengetahuan dan ketrampilan dasar serta lanjut dalam hal elektronika dan informatika. Seorang ahli teknik otomasi manufaktur dan mekatronika harus mampu memilih, merancang, merangkai, dan memelihara mesin atau sistem otomatis seperti mesin NC/CNC, sistem asembling otomatis, dan perangkat otomatis lainnya, baik secara terpisah maupun setelah terintegrasi dalam suatu sistem manufaktur. Lulusan program studi ini dapat memulai karirnya sebagai foreman, supervisor, hingga manajer produksi/perancangan/pemeliharan diindustri pengguna, perakit atau pembuat komponen mekatronik (atau elektronmekanik) dan sistem otomasi.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger