Tuesday 15 April 2014

The Great Pasific Garbage Patch (Pulau dari sampah di Pasifik)

coba gan bisa ga jawab pertanyaan ini!
Buanglah sampah pada ? 
buang sampah pada Tempatnya !
Pertanyaan itu tentu sering kita dengar, namun jawaban pada "tempatnya" adalah jawaban yang kurang tepat. kebanyakan orang tidak tau dimana tempat membuang sampah, dan hanya ikut- ikutan membuang disuatu tempat apabila ditempat itu sudah ada sampahnya.


Dan inilah hasil dari jawaban ambigu pertanyaan diatas..

Apa itu The Great Pasific Garbage Patch ?

Di tengah-tengah Samudera Pasifik terapung-apunglah sebuah pulau yang maha besar. Luasnya melampaui jarak pandangan mata, dari cakrawala ke cakrawala. Pulau ini bukan pulau biasa; pulau ini terbuat seluruhnya dari sampah. Dengan ukuran setara dengan sebuah benua kecil, Great Pacific Garbage Patch merupakan timbunan sampah terbesar di dunia.

Ada dimana deretan sampah itu ?

Great Pacific Garbage Patch terletak di Samudera Pasifik bagian utara antara Hawaii dan Kalifornia. Pulau sampah itu teramat besar sampai-sampai para ilmuwan bisa memberi nama wilayah di atasnya: Western Pacific Garbage Patch dan Eastern Pacific Garbage Patch.

Dari mana datangnya sampah itu ?
                                
Sebagian besar sampah di Great Pacific Garbage Patch berasal dari daratan dan terangkut oleh gelombang sebelum akhirnya terjebak di dalam gyre. Hanya sedikit persentase sampah di lautan berasal dari kapal laut semisal kapal pribadi dan kapal dagang, atau yang berasal dari kontainer yang tumpah serta anjungan minyak lepas pantai.


Apa yang membuat sampah- sampah itu tetap mengumpul ?

Gelombang samudra menjadi penyebab mengapa sampah-sampah itu tetap mengumpul. Sejenis gelombang yang disebut gyre menangkap sampah-sampah dan membawanya ke daratan sampah itu. Gyre adalah sebuah sistem gelombang samudra yang berputar-putar mengelilingi sebuah wilayah yang tenang, mirip dengan sebuah vortex. Sampah-sampah yang mengambang di permukaan air diambil oleh gelombang dan diangkut ke pusat gyre lalu terjebak di wilayah perairan yang tenang. Setiap sampah menambah ukuran pulau itu. Beberapa sampah di pulau itu mengalami biodegradasi, sementara yang lain berakhir di perut hewan laut, dan yang lainnya terjebak selamanya di pulau itu. Samudera luas memang menciptakan gyre-gyre di berbagai penjuru bumi, namun tidak setiap gyre bisa menarik jumlah sampah sebanyak Pacific Garbage Patch.


Siapa Yang Bertangung Jawab ?? 

Karena berada di perairan internasional, tidak ada negara yang mau bertanggungjawab atas daratan sampah itu apalagi menyediakan dana untuk membersihkannya. Jika bukan karena ada turut campur beberapa organisasi internasional, daratan sampah itu tentu sudah diabaikan begitu saja.


seberapa besar ?

North Pacific Gyre atau gyre samudera Pasifik bagian Utara luasnya lebih dari 5 juta meter persegi dan dalamnya mencapai 100 kaki. Sulit untuk memperkirakan jumlah sampah dalam kolom air itu. Plastik merupakan bagian terbesar dari sampah di lautan. Great Pacific Garbage Patch terdiri dari barang-barang seperti bekas jaring ikan, limbah medis, botol dan kaleng plastik. Meskipun demikian, volume sampah terbesar di pulau sampah itu adalah mikroplastik.
Upaya pembersihan sampah sebanyak itu nyaris mustahil. Wilayahnya terlalu besar untuk dijaring dengan pukat dan proses menjaring dengan pukat itu akan merusak kehidupan laut.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger