Friday 22 September 2017

Ingin Jadi Fresh Graduate Berkualitas? Lakukanlah 5 Aktivitas Ini!

Banyak sekali tantangan yang akan dirasakan apabila menjadi Fresh Graduateyang ingin memasukki dunia kerja, bagaimana cara bersaing dengan para Fresh Graduate lainnya bahkan hingga para experienced pun juga ikut-ikutan melamar di lowongan pekerjaan yang sama. Seorang Fresh Garduate sering  diidentifikasikan dengan kondisi seseorang bersiap menempaki garis start menuju kedunia karir yang sesungguhnya. Banyak sekali peluang karir yang dapat sobat wow pilih. Meskipun begitu mencari pekerjaan di Indonesia untuk lulusan Fresh Graduate bukanlah perkara yang sangat mudah. Nih gue kasih contoh, ada sebuah RSUD membuka lowongan 20 Perawat, tetapi jumlah pendaftarnya mencapai 2000 pelamar pekerjaan tersebut. Ini sungguh persaingan yang cukup ketat sekali. Lalu bagaimana donk agar kita menjadi Fresh Graduate yang berkualitas? Tidak usah takut karena disini gue bakal mengasih tips loh, so jangan sampai tidak dibaca ya! Check disk out:

1.    Sering Mengerjakan Projek
Selain diperkuliahan, mengerjakan project pun juga bisa sobat wow lakukan dirumah sendiri. Sobat wow bisa mengasah soft skill secara praktik langsung dirumah. Karena dengan ilmu praktik secara langsung kita akan lebih memahami pelajaran yang diberiakan oleh dosen kita pada saat diperkuliahan.
2.    Aktif Berorganisasi
Bergabung dengan organisasi memberikan nilai tambah buat sobat wow, karena dengan kita sering mengikuti organisasi kita akan lebih berkualitas yang dimana dengan kita berorganisasi kita akan lebih bisa membagi waktu, lebih suka kerja tim. Yang dimana itu semua mampu memberikan nilai tambah buat lamaran pekerjaan kita.
3.    Tambah Ilmu, Pengalaman dan Jaringan Melalui Magang
Setelah merasa bahwa ilmu kita sudah katagori cukup (Minimal Semester 3) kita akan siap untuk magang. Gue punya saran buat sobat wow yang ingin menambah keterampilan, sobat wow bisa melakukan magang dengan bidang ilmu yang sobat wow ajarin. Contoh sobat wow kuliah di jurusan Akuntansi, maka sobat wow magang diperusahaan sebagi bagian keuangan.
4.    Mengikuti Pelatihan-Pelatihan
Sering mengikuti seminar, sering menghadiri pelatihan-pelatihan akan menambah keterampilan sobat wow di Soft skill dan hard kill-nya. Mengikuti seminar tidak harus seminar yang sesuai dengan bidang ilmu sobat wow. Misalkan Sobat wow sering mengikuti seminar Teknik Informatika tetapi jangan seminar dibidang IT saja, sobat wow wajib hukumnya menjajal seminar tentang ekonomi, psikologi, hukum dsb. Nah disini ilmu pengetahuan sobat wow akan semakin luas.
5.    Aktif Mengikuti Lomba
Waktu kuliah sering ikut lomba? Kalau sering itu akan memberikan nilai tambah lagi bagi sobat wow. Perlombaan disini tidak harus melulu yang bersifat Teknologi kalau sobat wow dari IT. Tetapi lomba dibidang karya ilmiahpun juga wajib sobat wow jejaki. Contohnya PKM.

Nah itu tadi 5 tipsnya, semoga sobat wow setelah lulus nanti bisa langsung diterima dilapangan kerja. Amin.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger