Tuesday 26 September 2017

Mau PKM-mu Lolos? Ikuti 5 Tips Ini!



Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu bidang yang mengasah kemampuan kreatifitas mahasiswa di perguruan tinggi. Banyak sekali program kreatifitas mahasiswa yang diperlombakan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) di Indonesia. Dari sekian banyak mahasiswa yang berlomba-lomba membuat PKM agar didanai oleh DIKTI, hanya sedikit yang berhasil didanai oleh DIKTI yang lainnya nihil. Lalu yang masih dalam pertanyaan kita, seperti apakah PKM yang berhasil didanai oleh DIKTI? Nah ini masih dalam pertanyaan besar oleh Mahasiswa, “gimana agar PKM gue lolos?”. Tetapi sobat wow tidak usah binggung, disini gue bakal menjelaskan secara langsung gimana agar PKM gue lolos didanai DIKTI? Langsung saja ini dia:

1.    Berdo’a
Tips yang pertama yakni berdo’a. Kenapa berdo’a? Do’a merupakan salah satu permohonan yang sering dilakukan oleh manusia. Dengan kita selalu berdo’a, kita akan diberikan petunjuk oleh Allah SWT dan PKM kita akan lolos didanai oleh DIKTI. Tetapi do’a disini tidak akan berhasil tanpa adanya usaha dari diri kita sendiri sobat wow.
2.    Judul Harus Menarik
Membuat judul PKM tidak harus panjang lebar, tetapi dengan disingkat tentunya akan memberikan nilai tambah bagi PKM kita. Nah disini gue bakal langsung mengkasihkan contoh judul PKM yang menarik dan berhasil didanai oleh DIKTI.
a.    SAFARI O-002 (Smart Farm Nanotechnology) Alat Penyerap Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) Pada Kandang Ayam Dalam Mewujudkan Eco-Green Technology.
b.    SADARI (Periksa Payudara Sendiri) 3D Hologram,
c.    Jas Hujan Tralis
Nah itu tadi judul PKM yang bagus dan berhasil didanai langsung oleh DIKTI. Jadi PKM disini dilihat dari covernya terlebih dahulu, karena jika covernya menarik (judulnya menarik) maka akan membuat orang semakin penasaran dengan PKM kita sobat wow.
3.    Aturan Penulisan PKM sesuai BELMAWA DIKTI 2016 (terbaru)
Aturan penulisan PKM haruslah sesuai dengan BELMAWA DIKTI 2016 yang terbaru. Kenapa demikian? Karena peraturan-peraturan di dalam E-book tersebut sudah jelas. Sehingga mahasiswa yang akan membuat PKM aturan penulisan judul, latar belakang dsb. Haruslah sesuai dengan peraturan yang ada. Nah buat sobat wow yang belum memiliki e-book BELMAWA DIKTI 2016 (terbaru) silahkan di download langsung lewat link ini:
4.    PKM Harus Berguna bagi Masyarakat
 yang keempat, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang kita ajukan harus benar-benar bermanfaat penggunaannya bagi masyarakat. Berdasarkan data, banyak sekali mahasiswa yang membuat PKM tujuan masyarakat tetapi aplikasinnya tidak berguna bagi masyarakat. Nah disini akan memberikan pengurangan nilai buat PKM sobat wow.
5.    Dana yang Diajukan Tidak Rekayasa

Terakhir, dana yang sobat wow ajukan buat PKM haruslah berdasarkan hasil survey langsung sobat wow. Kenapa demikian? Karena DIKTI sudah mengetahui tipe mahasiswa yang mata duitan dan tidak. Contohnya seperti ini harga Foto copy dipasaran berkisar 150 s.d. 300 perlembarnya, tetapi sobat wow menuliskan dana di PKM sobat wow sebesar 500 s.d. 700 perlembar. Nah disini sisi kecurangan PKM sobat wow sudah ketahuan. Yang dimana akan mengurangi nilai dari PKM sobat wow tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger