Sunday 11 February 2018

10 Negara Ini Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia loh!

Wowitukeren - Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan seseorang. Bahkan bagi Negara sekalipun pendidikan memiliki aspek dan pengaruh yang sangat besar dalam kemajuan Negara. Sistem pendidikan disetiap Negara memiliki banyak sekali perbedaan, misalnya sistem pendidikan di Jepang beda dengan di Singapura, begitupun dengan Indonesia, meskipun negara ini berdekatan letaknya tetapi pendidikan di Singapura jauh lebih maju dibandingkan Indonesia. Eits bukan berarti pendidikan di Indonesia kurang bagus ya! Penndidikan di Indonesia sudah tergolong dalam katagori bagus, sebab banyak sekalai perguruan tinggi di Indonesia yang sudah berhasil masuk dijajaran perguruan tinggi top Asia bahkan Dunia. Baru-baru ini sebuah lembaga penelitian bernama The Social Progress Imperative merilis pemeringkatan tingkat pendidikan dasar di seluruh dunia, penasaran bukan? Langsung saja ini dia Negara-negaranya:
  1. Korea Selatan
    Dari hasil penelitian yang ada negara ini berhasil menempati sistem pendidikan nomor 1 didunia. Korea Selatan berhasil mengalahkan Jepang yang meskipun investasi pendidikan anak dalam usia dini tergolong tinggi tetapi masih belum mampu mengimbangi modal pendidikannya. Korea Selatan yang dimana memberlakukan lama belajar selama 7 Hari kerja. Tingkat melek hurufnya mencapai 97,9%, dengan komposisi laki-laki 99,2% dan 96,6% perempuan.
  2. Jepang
    Struktur pendidikan berbasis teknologi telah menjadikan negara Jepang menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Yang dimana hampir semua pendidikannya menggunakan teknologi yang diciptakan negara Jepang sendiri. Meskipun negara ini maju dalam sistem pendidikannya yang berbasis riset dan teknologi, namun negara ini tidak pernah meninggalkan tradisi yang dimana negara ini tak diragukan lagi telah menghasilkan tokoh-tokoh besar dalam pengetahuan dan wawasan yang bisa menjadi guru besar. Pendapatan Dosmetik Bruto (PDB) negara jepang mencapai hampir 5,96 triliun USD tentu membuktikan jika sumber daya manusis negara ini sangat berkualitas tinggi.
  3. Singapura
    Sungguh sangat mengagetkan Indonesia bahwa negara tetangganya yakni Singapura mampu menempati  urutan ketiga dengan sistem pendidikan yang berkualitas. Hal ini bisa terjadi bukan tanpa sebab, Singapura dikenal sangat fokus dalam mengembangkan pendidikan dasarnya yang kuat dan maju. Maka tek heran Universitas-universitas terbaik di Asia dan Dunia berasal dari negara ini. Contohnya National Univesity of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU) dll.
  4. Hongkong
    Nampaknya peringkat ke-4 masih dari negara di Asia nih, Yups Hongkong. Manajemen Pendidikan di Hongkong mengadopsi sistem pendidikan dari UK. Hal inilah yang membuat sistem pendidika di negara ini menjadi salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang sangat maju. Jumlah anggaran pendidikan yang cukup tinggi, ditambah dengan kurikulum mulai pendidikan dasr, menengah dan tinggi yang sangat berbasis fakta dan dunia kerja tentu semakin mendukung pekembangan pendidikannya. Negara Hongkong memiliki angka melek huruf mencapai 94,6% wah-wah besar sekali ya sobat wow?
  5. Finlandia
    Beberapa orang yang beranggapan bahwa sistem pendidikan yang paling maju di dunia adalah negara Finlandia haruslah berpikir dua kali. Sebab sistem pendidikan Finlandia hanya menemapati posisi ke-5 di Dunia. Hal ini terjadi dikarenakan pengaruh dari kebijakan pemerintah Finlandia. Misalnya penghapusan kuliah gratis membuat kemunduran kualitas pendidikan di Finlandia.
  6. Inggris
    Diantara negara-negara di Dunia yang berhasil mencetak luaran yang bagus adalah negara Inggris. Penyelenggaraan sistem pendidikan dasar di Inggris lebih menekankan pada praktek dibandingkan Teori. Sekolah dasarnya saja diperuntukkan untuk anak usia 5 sampai 10 tahun dan berlangsung dalam kurun waktu lebih dari 6 tahun.
  7. Kanada
    Kalender pendidikan di Kanada bervariasi antara 180-190 hari. Kebijakan ini memberikan hasil yang mengesankan dengan kualitas lulusan terutama perguruan tinggi yang sangat produktif dan inovatif. Selain itu, fokus pemerintahan Kanada dalam pendidikan anak usia dini juga turut berpengaruh dalam kemajuan sistem pendidikan di negara ini.
  8. Belanda
    Untuk mencapai pendidikan yang baik, Pemerintahan Belanda melalui kementerian pendidikan, Kebudayaan dan ilmu pengetahuan (Menteri Van Bijsterveldt) mewajibkan guru-guru yang mengajar di taman kanak-kanak sampai sekolah lanjutan tahap atas haruslah memiliki ijazah Universitas. Memang tidak bisa dipungkiri, untuk mencapai sistem pendidikan yang baik diperlukan dana yang sangat besar. Belanda selain memberikan tunjangan bagi bayi sejak lahir dan anak-anak yang tinggal di Belanda, juga memberikan tunjangan pendidika kepada murid-murid (sekolah khusus, umum dan kejuruan) dan tidak lupa pula Mahasiswanya.
  9. Irlandia
    Meskipun anak-anak tidak diwajibkan untuk menghadiri sekolah sampai usia enam tahun, namun 65% dari anak usia empat tahun sudah mendaftar dikelas balita disekolah dasar Irlandia. Sekolah dasar di negara ini berlangsung samapai tahun kedelapannya, yang terbagi menjadi dua periode (Junior dan Senior).
  10. Polandia
    Kementerian pendidikan negara Polandia telah merancang satu model pendidikan menjadi bisnis pendidikan di Negara ini. Hal ini meyebabkan tingginya tingkat investasi bidang pendidikan yang meletakkan negara ini terbaik ke-4 di Eropa dan ke-10 di Dunia.
Itu tadi beberapa negara dengan sistem pendidikan yang berkualitas tinggi dan baik. Buat sobat wow yang ingin melanjutkan studi dinegara tersebut silahkan cari tahu Informasinya hanya diblog kesayangan ini!

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger