Tuesday 27 January 2015

Ujian Nasional 2015 Online

Ujian Nasional yang kabarnya sudah tidak menjadi tolak ukur kelulusan kini dikabarkan juga menggunakan sistem online. Apakah kabar itu benar ?
Yep, sudah fix, namun hanya beberapa sekolah saja yang menyelenggarakan Ujian Nasional secara ONLINE atau menggunakan CBT (Computer Based Test)

Ini dia surat Edaran Ujian Nasional online 2015






Dan ini dia jadwal Ujian Nasional secara Online/CBT 2015


Tambahan :
Kepala Pusat Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Nizam mengonfirmasi ulang, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dalam bentuk essai akan dilaksanakan ketika sekolah sudah berbasis komputer. Jadi, tidak dilaksanakan pada pelaksanaan UN tahun ini.

"Jawaban Ujian Nasional yang tidak lagi multiple choice akan diterapkan kedepannya dan bukan saat ini. Akan diberlakukan saat sekolah sudah berbasis komputer," ujarnya kepada Republika, Selasa (27/1).

Ia menekankan, pada tahun ini bentuk jawaban UN masih dalam bentukmultiple choice dan lembar jawaban. Meskipun begitu, pada tahun ini Kemendikbud tengah mempersiapkan uji coba program ini di ratusan sekolah yang tersebar di Indonesia.

Program UN yang menuliskan langsung jawabnnya itu disebut denganComputer Based Test (CBT) seperti halnya ujian CPNS yang menggunakan CAT. Ia menjelaskan, terdapat sekitar 500 sekolah-sekolah yang akan menjadi pilot project program UN CBT itu.

"Saat ini kami tengah melakukan verifikasi sekolah-sekolah mana saja yang akan menjadi tempat percobaan UN CBT. Kriteria sekolah yang akan kami tunjuk adalah sekolah yang memiliki fasilitas pendukung dan sudah bagus," lanjutnya.
(sumber : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/15/01/27/niu6w4-jika-sekolah-berbasis-komputer-un-berbentuk-essai)

Sumber gambar : http://www.pdkjateng.go.id/index.php/sekbid/sekretariat/823-un-cbt

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger