Thursday 22 June 2017

Seputar Teknik Informatika

Dunia IT di Indonesia semakin lama semakin berkembang pesat, hal ini dapat sobat wow lihat di dunia nyata kebutuhan akan anak-anak IT semakin banyak mulai dari perusahaan Nasional bahkan MultiNasional. Dan dari kebanyakan pertanyaan yang ada di Dunia ini, ini dia beberapa pertanyaan seputar Teknik Informatika.
1. Program studi Teknik Informatika masuk Fakultas Apa?

Ini pertanyaan yang sulit di jawab, sebab dari kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia, program studi Teknik Informatika itu biasanya masuk kedalam fakultas Teknik, tetapi ada beberapa perguruan tinggi yang membuat program studi Teknik Informatika masuk ke fakultas Informatika, Fasilkom dsb. Kalau itu tergantung dari perguruan tingginya sobat wow.
Nih gue kasih tahu kampus mana saja yang menaruh program studi Teknik Informatika di luar Fakultas Teknik. Check dibawah
Universitas Muhammadiyah Surakarta = Fakultas Informatika
Universitas Indonesia = FASILKOM (Fakultas Ilmu Komputer)
Insitut Teknologi Bandung = STEI (Sekolah Tinggi Elektro Informatika)

2. Biaya kuliah Teknik Informatika mahal?

Wah kalau ini itu relatif sobat wow, tergantung dari pendapat orang masing-masing. Ibaratkan kalau harga makin mahal kualitas barang makin bagus. Sama seperti program studi Teknik Informatika, kalau di beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menaruh harga fantastis untuk jurusan ini, tapi harga itu sudah terganti dengan kualitas dan akreditasi jurusannya. Gue dapat informasi dari beberapa teman nih sobat wow katanya kampus-kampus dibawah ini memiliki tarif yang fantastis untuk jurusan Itnya, kampus apakah itu, ini dia;
Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Telkom University Bandung
Bina Nusantara University
Universitas Islam Indonesia
Dsb.
Kalau beberapa kampus tersebut katanya menaruh tarif yang fantastis untuk program studi Teknik Informatika, tetapi itu semua sudah sebanding dengan kualitas program studinya sobat wow.

3. Apa bedanya Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Manajemen Informatika?

Perbedaannya banyak sobat wow, selain dari namanya dari segi pembelajaran juga berbeda. Biasanya kalau Teknik Informatika itu lebih banyak fokus ke Softwere dan Hardwere sedangkan Sistem Informasi lebih kearas sistem-sistem yang ada didalam komputer sobat wow. Kemudian ada Ilmu Komputer juga berbeda dengan Teknik Informatika. Tetapi mereka semua sama-sama belajar tentang komputer. Wah seru ya belajar komputer terus setiap hari.

4. Katanya prospek karir bagus ya?

Kalau ini tergantung individunya sobat wow, setelah ia lulus mau pekerja atau tidak? Jadi tergantung individunya masing-masing. Tetapi dari beberapa lembaga survey memang jurusan Teknik Informatika masih banyak dicari untuk masa depan. Jadi sobat wow yang sudah kuliah disini semangat terus.

5. Pelajarannya mudah-mudahkan? Kan Cuma belajar komputer saja?

What??? Mudah kamu bilang, enggak seperti yang kamu bayangkan sobat wow. Di jurusan ini kamu akan mendalami itu komputer secara detail, mulai dari dalamnya sampai luarannya. Di jurusan ini sobat wow, kamu dituntut untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sangat rumit, kamu harus coding, rajin update informasi seputar IT, memebuat laporan, membuat Aplikasi. Dan masih banyak lagi. Jadi sobat wow jangan anggap kuliah di IT itu mudah seperti yang sobat wow bayangin, TIDAK sobat wow.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger