Program Studi D3 Teknik Bangunan Kapal
Visi:
Menjadi Program Studi bereputasi global dalam melaksanakan dan mengembangkan teknologi pembangunan kapal dan teknologi penunjangnya serta berperan aktif mengimplementasikannya
Misi:
- Melaksanakan program pendidikan vokasi dan penelitian terapan di bidang teknologi pembangunan kapal dan teknologi penunjangnya.
- Berperan dalam kegiatan kemasyarakatan secara aktif dan produktif, untuk mengembangkan teknologi pembangunan kapal dan teknologi penunjangnya.
- Membangun masyarakat akademis berkualitas dibidang pembuatan kapal dan penunjangnya yang mampu berkompetisi secara global
- Membentuk jejaring kerja dengan sektor industri kemaritiman serta berbagai institusi terkait untuk merealisasikan sistem pendidikan dibidang pembuatan kapal dan penunjangnya yang komprehensif
- Mengintegrasikan pengembangan kepribadian dalam proses pembelajaran dan atau kegiatan ekstra kurikuler untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa serta kemuliaan akhlak
Kompetensi Lulusan :
- Mampu mengidentifikasi material serta memahami simbol pengelasan, geometri sambungan dan diskontinuitas pada pengelasan.
- Mampu merencanakan dan mengkoordinasikan kebutuhan material, tenaga kerja, penjadwalan serta perhitungan biaya dalam pekerjaan dibidang pengelasan.
- Menguasai pengujian Destructive Test dan Non Destructive Test serta mengaplikasikannya.
- Mempunyai wawasan kewirausahaan.
Kurikulum D3 Teknik Bangunan Kapal
SEMESTER I | |||||
No | KODE MK | MATA KULIAH | JAM | SKS | |
1 | 602101 | A | Agama | 2 | 2 |
2 | 602104 | A | Bahasa Inggris I | 3 | 3 |
3 | 602201 | A | Fisika Terapan | 6 | 3 |
4 | 602203 | A | Matematika Terapan I | 4 | 2 |
5 | 602204 | A | Gambar Teknik | 4 | 2 |
6 | 602205 | A | Teknologi Mekanik | 2 | 1 |
7 | 602206 | A | Praktek Pengoperasian Komputer | 4 | 2 |
8 | 602207 | A | Keselamatan & Kesehatan Kerja | 2 | 1 |
9 | 602301 | A | Praktek Bengkel I | 8 | 4 |
JUMLAH | 35 | 20 | |||
SEMESTER II | |||||
No | KODE MK | MATA KULIAH | JAM | SKS | |
1 | 602105 | A | Bahasa Inggris II | 3 | 3 |
2 | 602208 | A | Matematika Terapan II | 2 | 1 |
3 | 602210 | A | Ilmu Bahan | 4 | 2 |
4 | 602211 | A | Teori Bangunan Kapal | 4 | 2 |
5 | 602213 | A | Perancangan Kapal | 2 | 1 |
6 | 602303 | A | Praktek Gambar Teknik | 6 | 3 |
7 | 602202 | A | Kimia Terapan | 2 | 1 |
8 | 602302 | A | Praktek Bengkel II | 12 | 6 |
JUMLAH | 35 | 19 | |||
SEMESTER III | |||||
No | KODE MK | MATA KULIAH | JAM | SKS | |
1 | 602214 | A | Konstruksi Kapal | 4 | 2 |
2 | 602215 | A | Sistem & Perlengkapan Kapal | 4 | 2 |
3 | 602217 | A | Teori NDT | 2 | 1 |
4 | 602218 | A | Teknologi Las | 6 | 3 |
5 | 602306 | A | Tugas Gambar Perancangan I | 12 | 6 |
6 | 602212 | A | Daya Penggerak Kapal | 2 | 1 |
7 | 602209 | A | Mekanika Terapan | 4 | 2 |
JUMLAH | 34 | 17 | |||
SEMESTER IV | |||||
No | KODE MK | MATA KULIAH | JAM | SKS | |
1 | 602102 | A | Kewarganegaraan | 2 | 2 |
2 | 602103 | A | Bahasa Indonesia | 2 | 2 |
3 | 602219 | A | Sistem Kelistrikan Kapal | 2 | 1 |
4 | 602216 | A | Kapal Non Baja | 2 | 1 |
5 | 602307 | A | Praktek Non Metal | 4 | 2 |
6 | 602308 | A | Tugas Gambar Perancangan II | 12 | 6 |
7 | 602309 | A | Praktek Las I | 8 | 4 |
8 | 602310 | A | Praktek Uji Bahan | 4 | 2 |
JUMLAH | 36 | 20 | |||
SEMESTER V | |||||
No | KODE MK | MATA KULIAH | JAM | SKS | |
1 | 602106 | A | Bahasa Inggris III | 2 | 2 |
2 | 602221 | A | Pesawat Angkat | 2 | 1 |
3 | 602222 | A | Inspeksi Kapal | 2 | 1 |
4 | 602223 | A | Teknologi Bangunan Baru | 4 | 2 |
5 | 602311 | A | Praktek Las II | 6 | 3 |
6 | 602401 | A | Kewirausahaan | 2 | 1 |
7 | 602402 | A | Ekonomi Teknik | 2 | 1 |
8 | 602220 | A | Teknologi Reparasi Kapal | 4 | 2 |
9 | 602305 | A | Praktek Teori Bangunan Kapal | 4 | 2 |
10 | 602403 | A | Metodologi Penulisan Karya Ilmiah | 4 | 2 |
JUMLAH | 34 | 17 | |||
SEMESTER VI | |||||
No | KODE MK | MATA KULIAH | JAM | SKS | |
1 | 602501 | A | Program Magang | 40 | 13 |
2 | 601405 | A | Project Work | 10 | 5 |
JUMLAH | 40 | 18 |
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!