Tuesday 29 August 2017

Inilah yang Harus Kamu Ikuti Saat Masih Menjadi Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru memanglah sebuah kebangaan karena kita berhasil menjadi salah satu mahasiswa di kampus pilihan kita. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Progdi, Fakultas bahkan sampai Universitas sekalipun. Lalu kegiatan apa sajakah itu? Ini kisah gue pada saat kuliah di Semester 1 dan 2.
1.    Ospek
Yang pertama OSPEK (Masa Orientasi). Pada masa-masa ini kamu bakal disambut dengan meriah oleh senior-senior kamu. Karena Indonesia sudah tidak mengizinkan adanya kekerasan atau penindasan pada saat Ospek, membuat Ospek di masing-masing Universitas memiliki keseruan tersendiri. Salah satunya di SAPAMABA UMK (Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru Universitas Muria Kudus) disini gue merasakan keseruan yang luar biasa mulai dari kegiatan lomba antar fakultas, promosi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) hingga Inagurasi. Yang semuanya diadakan pada saat SAPAMABA UMK. Tapi perlu sobat wow ingat pada saat sobat wow di Ospek, tubuh sobat wow harus benar-benar sehat oleh sebab itu sobat wow sering memperbanyak minum air mineral karena sangat cocok untuk kesehatan kita agar kita tidak sakit tenggorokan sobat wow. Nah paling utama lagi jikalau sobat wow memiliki riwayat penyakit sobat wow bisa membawa obat sobat wow. Tapi ingat obat yang Halal dan tidak melanggar Undang-Undang. Kemudian yang paling seru pada saat Ospek di kampus ialah promosi UKM, disini sobat wow bisa melihat kehebatan-kehebatan kakak-kakak sobat wow yang mengikuti organisasi di kampus (UKM). Salah satunya di UNY yang pada saat Ospeknya keren sekali. Tetapi di UMK tidak kalah keren dengan ospek di UNY. Nah mau tahu kan keseruan SAPAMABA 2017. Pokoknya jangan sampai ketinggalan atau tidak ikut Ospek dikampu ya. Karena gue tunggu kedatangannya sobat wow di SAPAMABA UMK 2017.
2.    MAKRAB
Setelah kuliah selama beberapa minggu, sobat wow akan diikutkan dengan yang namanya MAKRAB (Malam Keakraban). Disini sobat wow akan diajari materi-materi yang bagus dan juga sobat wow akan saling mengenal teman-teman sobat wow yang dari jurusan/ Fakultas sobat wow. Nah diacara Makrabpun tidak kalah kerennya dengan Ospek tetapi ini berbeda dengan ospek. Karena MAKRAB bukanlah Ospek tetapi MAKRAB memiliki tujuan mengakrabkan solidaritas teman-teman yang dari satu angkatan di Fakultas maupun Jurusan. So jangan lewatkan MAKRAB Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus.
3.    Kuliah Perdana
Setelah MAKRAB jelang beberapa minggu kamu akan diikutkan yang namanya kuliah perdana. Diacara ini wajib hukumnya buat mahasiswa baru. Acara ini pun biasanya digelar oleh Program Studi masing-masing jadinya antar Progdi memiliki narasumber berbeda dan tema yang berbeda. Kuliah Perdana itu sama seperti Seminar tetapi ini adalah mini seminar sobat wow yang pesertanya dari jurusan sobat wow saja. 
4.    Seminar
Jadi Mahasiswa baru kok tidak pernah ikut seminar. Itu rasa-rasanya rugi besar karena Seminar disini sangat bagus dan keren sekali. Sobat wow bisa memilih seminar yang sesuai minat dan bidang sobat wow.
5.    Kuliah Umum / Tamu
Setelah memasuki semester dua, inilah saat terakhirmu menjadi mahasiswa baru. Tetapi jangan sedih karena ini suatu kebanggaan karena sebentar lagi kita akan segera lulus dari perguruan tinggi. Pada saat semester dua kamu akan diadakan kuliah tamu yang diadakan oleh Dosen-dosen tapi pematerinya datang dari luar bukan dari kampusmu sendiri. Diacara ini hampir mirip dengan kuliah Perdana tetapi  beda penyelenggaranya dan panitianya. Kalau di Kuliah Perdana Panitianya berasal dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRO) tetapi kalau kuliah tamu panitianya adalah dosen-dosen dari jurusan kamu sobat wow.

Wah seru ya jadi mahasiswa baru, tapi jangan sampai ketinggalan ya semua acara diatas ini. Sebenarnya masih banyak lagi acaranya tapi gue udah lupa sedikit oleh sebab itu hanya lima ini saja yang gue ingat. Kalau mau nambah dan komentar saya persilahkan ya guys.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger