Sunday 20 August 2017

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), Sarana untuk Meningkatkan Kreativitas Pemuda Indonesia

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh DIKTI (Pendidikan Tinggi). Program ini meliputi banyak sekali bidang keilmuan, mulai dari Teknologi hingga Kesehatan.
Ada banyak sekali bidang keilmuan yang dimaksud tetapi dibagi kebeberapa bidang PKM saja. Ada PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Teknologi (PKM-T), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM Kewirausahaan (PKM K), PKM Penelitian (PKM-P) dan masih banyak lagi lainnya. Lalu seperti apakah PKM Tersebut mari kita bahas secara terperinci:
PKM Kewirausahaan, di dalam PKM ini sobat wow bisa memuat sebuah inovasi yang berhubungan dibidang kewirausahaan seperti jual beli dsb. Lalu hanya jual beli saja? Tidak sobat wow, kamu bisa membuat ide-ide yang berhubungan dengan jiwa usaha. Ini aku kasih contoh PKM Kewirausahaan karya Mahasiswa dari kampus Gue, Ingat jangan di Plagiat ya. karena segala tindakan kecurangan yang kalian lakukan akan diketahui oleh Allah SWT, DIKTI, bahkan kalian akan dikenai sanksi yang luar biasa: langsung saja ini dia Judul PKM-K yang keren:
1.    “Jas Hujan Pralis Trendi 3 In 1” Karya Zuhairotun dan TIM.
2.    “Nastar Buah Hati” Karya Bima Bramasta dan TIM.
3.    “Bubur Solo Pak Jokowi” Karya Oki Wijaya dan TIM.
PKM Karsa Cipta, didalam PKM ini kamu bisa membuat berbagai macam alat dan aplikasi yang luar biasa dan biasanya Mahasiswa yang membuat PKM ini peluang lolosnya lebih besar daripada PKM lainnya. Ini entah mitos apa enggak gue tidak paham, tetapi isu yang bersebar seperti itu guys: langsung saja ini gue kasih contoh PKM-KC karya Mahasiswa dari Kampus gue kampus lainnya:
1.    “Sadari 3D Hologram (Periksa Payudara Sendiri) Berbasis Android” Karya Uswatun Hasanah dan TIM.
PKM Teknologi (PKM-T), pada PKM ini sobat wow bisa mengajukan alat yang berguna untuk masyarakat. Syarat membuat PKM ini sobat wow harus mencari mitra (Kerjasama) dengan lembaga masyarakat atau perusahaan dsb. Kalau ingin tahu contoh judulnya ini dia:
1.    “Rancang Bangun Mesin Pengering Padi Draying Rotary untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Petani dan Produktivitas Padi” Karya Miftakhul Falah dan TIM.
PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), pada PKM ini syaratnya hampir sama dengan PKM T tetapi ada syarat utama lagi untuk ngajuin PKM ini, syaratnya ialah sobat wow harus yakin bahwa PKM ini sangat berguna untuk masyarakat karena PKM ini akan langsung diterjunkan dan dipergunakan oleh masyarakat (Masyarakat sebagi Objek dari PKM ini).Baiklah langsung saja ini dia contoh judul PKM-M:
1.    “Prawan Asli Solusi Penguat Sinyal Wifi/Internet di Lereng Gunung Muria Desa Colo Kabupaten Kudus” Karya Nurita Hidayah dan TIM.
PKM Penelitian (PKM-P), PKM yang satu ini sangat cocok sekali buat sobat wow yang hobinya melakukan riset. Dalam PKM ini pun dibagi dua bidang kelimuan ada bidang SAINS dan SOSIAL. Lalu seperti apakah contoh judul dari PKM-P ini, ini dia sobat wow:
1.    “Efektivitas Pengendalian Wareng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal.) Dengan Agensia Hayati Beaveria Bassiana dari Isolat Putri Malu dan Pisang” (SAINS) karya Wendy Susanto dan TIM.
Demikian tadi penjelasan tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan contohnya semoga kita menjadi terinspirasi untuk selalu mengikuti program dari DIKTI ini amin. Dan gue ucapin terima kasih kepada kampus gue Universitas Muria Kudus yang selalu mendukung Program yang bergengsi ini. Thanks for Muria Kudus University and Brawijaya University in Malang. Congrulations from Brawijaya University yang selalu menjadi juara Umum PKM di Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger