Thursday 24 August 2017

Kampus Top 3 di Indonesia Vs Malaysia

Isu hangat sedang melanda dunia tanah air karena adanya kecurangan dan ketidakadilan yang diberikan untuk Negeri Indonesia ini. Lalu dibalik hangatnya konflik yang sedang terjadi gue bakal sedikit mereview perbandingan kampus top 3 di Indonesia Vs Top 3 di Malaysia. Ini semua gue ambil dari beberapa sumber pemeringkatan di Dunia mulai dari Qs World rangking hingga Webometrics. Lalu seperti apakah pemeringkatan itu semua???
1.    Kampus No Satu di Indonesia Vs Malaysia
A.    Versi Qs World Rank
Universitas Indonesia Vs Universiti of Malaya
Berdasarkan lembaga survey Qs World Rank, Universitas Indonesia ketinggalan cukup jauh dari Universiti of Malaya. Hal ini dapat dibuktikan peringkat Universiti of Malaya berhasil menduduki peringkat 114 di Dunia sedangkan Universitas Indonesia yang menduduki peringkat satu di Indonesia hanya mampu menduduki peringkat 277 di Dunia. Hal ini membuat Indonesia harus semangat lagi mengejar ketertinggalan tersebut.
B.    Versi 4icu
Universitas Gadjah Mada Vs Universiti Malaya
Berdasarkan versi 4icu yang gue ambil di laman resmi 4icu Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki keunggulan daripada Universiti of Malaya yang menduduki peringkat 1 di Indonesia dan Malaysia. Disini gue melihat peringkat UGM berhasil menduduki di peringkat 397 Dunia sedangkan kampus no 1 di Malaysia hanya menduduki peringkat 697 Dunia hal ini membuat Indonesia kembali merebut posisi 500 Besar di Dunia. Sungguh luar biasa sekali prestasi dari Indonesia.
C.   Versi Webometrics
Universitas Indonesia Vs Universiti of Malaya
Berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi versi Webometrcis, Universitas Indonesia (UI) kembali kalah dengan Universitas No. satu di Malaysia. Di sini dapat gue lihat peringkat UI hanya mampu bertahan di 955 Dunia sedangkan Universiti of Malaya mampu menduduki peringkat 418 Dunia. Tetapi Universitas Indonesia unggul di Openness Rank dan Excellence Rank versi Webometrics Ranking.
D.   Versi UI Green Metric
Universitas Indonesia Vs Universiti Putra Malaysia
Berdasarkan lembaga survey dari kampus Universitas Indonesia ini, kampus UI memiliki keunggulan tiga posisi dibanding dengan Universiti Putra Malaysia. Disini gue melihat UI menduduki rangking 31 Dunia sedangkan Universiti Putra Malaysia menduduki peringkat 34 Dunia. Total skor yang diperoleh oleh UI mencapai 6571 sedangkan Universiti Putra Malaysia hanya 6543 memang skor yang cukup bagus.
2.    Kampus No 2 di Indonesia Vs Malaysia
A.    Versi Qs World Rank
Insitut Teknologi Bandung Vs Universiti Putra Malysia
Berdasarkan lembaga survey ini Kampus dari Malaysia kembali lebih unggul daripada Indonesia. Untuk posisi duanya kampus Insitut Teknologi Bandung hanya bertahan di posisi 331 Dunia sedangkan Universiti Putra Malaysia sudah bertenger diposisi 229 Dunia. Bahkan Universiti Putra Malaysia mampu mengalahkan Universitas Indonesia yang berada di posisi pertama di Indonesia
B.    Versi 4icu
Universitas Indonesia Vs Universiti Teknologi Malaysia
Berdasarkan versi 4icu yang gue ambil di laman resmi 4icu Universitas Indonesia (UI) memiliki keunggulan daripada Universiti Teknologi Malaysia yang menduduki peringkat dua di Indonesia dan Malaysia. Disini gue melihat peringkat UI berhasil menduduki di peringkat 477 Dunia sedangkan kampus no duan di Malaysia hanya menduduki peringkat 884 Dunia hal ini membuat Indonesia kembali merebut posisi 500 Besar di Dunia. Sungguh luar biasa sekali prestasi dari Indonesia. Tidak hanya itu peringkat UI dibandingkan kampus no satu di Malaysia masih memiliki keunggulan yang cukup tinggi. Hal ini membuat kampus no dua di Indonesia ini masih unggul dibandingkan dengan Universiti of Malaya.
C.   Versi Webometrics
Universitas Gadjah Mada Vs Universiti Teknologi Malaysia
Berdasarkan lembaga survey ini, kampus yang berada diposisi dua Indonesia masih kalah jauh dengan kampus yang berada diposisi dua Malaysia. Hal ini dapat gue lihat rangking Universitas Gadjah Mada hanya mampu menduduki peringkat 1004 Dunia sedangkan untuk Universiti Teknologi Malaysia sudah mampu menduduki peringkat 587 dan bahkan mampu mengalahkan kampus yang berada di posisi pertama Indonesia.
D.   Versi UI Green Metric
Insitut Teknologi Sepuluh Nopember Vs Universiti Malaysia Sabah
Berdasarkan lembaga Survey ini Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil memperoleh skor 6371 yang dimana ITS berhasil menduduki peringkat 43 Dunia sedangkan untuk Universiti Malaysia Sabah berhasil menduduki peringkat 44 Dunia dengan skor 6368. Hal ini membuat ITS dan Universiti Malaysia Sabah memiliki perbandingan yang cukup tipis sekali.

E.    Kampus No Tiga di Indonesia Vs Malaysia
A.    Versi Qs World Rank
Universitas Gadjah Mada Vs Universiti Kebangsaan Malaysia
Berdasarkan lembaga survey dari UK ini, kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) masih ketinggalan cukup jauh dengan kampus Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Yang dimana pada lembaga survey ini UGM hanya mampu menduduki peringkat 401 Dunia sedangkan UKM sudah bisa masuk di 230 Dunia.
B.    Versi 4icu
Insitut Pertanian Bogor Vs Universiti Sains Malaysia
Berdasarkan lembaga survey yang satu ini, kampus Insitut Pertanian Bogor (IPB) mampu menduduki peringkat 661 Dunia, sedangkan kampus Universiti Sains Malaysia hanya mampu menduduki peringkat 911 Dunia. Meskipun masih jauh dari Top 200 Dunia tapi ini sudah cukup sekali sebagai bentuk pemeringkatan kampus yang unggul di Dunia.
C.   Versi Webometrics
Insitut Teknologi Bandung Vs Universiti Sains Malaysia
Lagi-lagi kampus unggulan di Indonesia harus mengalami ketertinggalan dengan kampus Malaysia. Pada posisi tiga kampus Institut Teknologi Bandung hanya mampu bertenger diposisi 1211 Dunia, sedangkan untuk kampus Universiti Sains Malaysia sudah mampu berada diposisi 637 Dunia, bahkan Universiti Sains Malaysia sudah mampu menyingkirkan UI yang berada di posisi pertama di Indonesia. Ayo Indonesia semangat untuk mengejar ketertinggalan kita.
D.   Versi UI Green Metric
Insitut Pertanian Bogor Vs Universiti Utara Malaysia
Berdasarkan lembaga survey yang mengdepankan kecintaan terhadap lingkungan ini kampus Insitut Pertanian Bogor (IPB)  menduduki peringkat 57 Dunia dengan skor yang diperoleh sebesar 6173, sedangkan untuk Universiti Utara Malaysia (UUM) berada diposisi 54 Dunia dengan Skor yang diperoleh sebanyak 6217. Dalam hal ini posisi ketiga berhasil dimenangkan oleh Malaysia yakni Universiti Utara Malaysia (UUM).

Demikian tadi pembahasan dari gue tentang TOP 3 universitas di Indonesia Vs Malaysia. Tetapi perlu diingat janganlah kita bermusuh-musuhan karena kita ini masih satu rumpun dan bahasa kita pun hanya memiliki perbedaan yang cukup sedikit saja. Ayo Indonesia dan Malaysia berdamai demi kesejahteraan bersama.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger