Sunday 23 July 2017

Cara Menjadi Generasi Kreatif

Generasi yang kreatif dan berkarakter kuat merupakan generasi yang akan mampu bersaing diera globalisasi ini. Kreativitas yang sobat wow sekarang miliki dapat dilatih dan dapat pula sobat wow kembangkan melalui dunia pendidikan. Kreativitas merupakan salah satu nilai karakter yang tertanam dalam dunia pendidikan di Indonesia. Lalu bagaimana caranya agar sobat wow menjadi generasi yang kreatif? Berikut tipsnya spesial buat sobat wow.

1. Memilih Teman yang Kreatif
Berdasarkan kodratnya, sobat wow merupakan makhluk sosial yang membutuhkan namanya instraksi dan juga komunikasi terhadap orang lain. Dalam berinteraksi sobat wow sebaiknya memilih teman yang sobat wow anggap sebagai teman yang kreatif, mengapa demikian? Alasannya supaya teman kreatif yang sobat wow miliki itu mampu membantu sobat wow dan menularkan jiwa kreativitasnya kepada sobat wow semua. Dengan memiliki teman yang kreatif, sobat wow akan menjadi lebih intens untuk mengembangkan ide-ide gila yang kreatif secara bersama-sama.

2. Membiasakan Berpikir Secara Kreatif
Tips yang kedua, sobat wow mampu mengembangkan kemampuan yang sobat wow miliki dengan cara berpikir secara kreatif (out of the box). Tindakan ini dapat memacu sobat wow untuk berfikir secara kreatif dalam upaya memunculkan ide, pemikiran, dan juga solusi baru ketika sobat wow menemukan suatu masalah. Sebagai contoh, sobat wow membuat tas dari limbah sampah rumah tangga. Selanjutnya, tas tersebut sobat wow jual kepada orang lain. Selain mengungkapkan tindakan yang kreatif sobat wow pun turut serta mengurangi dampak negatif dari limbah rumah tangga.

3. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu
Tips yang selanjutnya, menumbuhkan rasa ingin tahu. Mengapa harus menumbuhkan rasa ingin tahu? Alasannya, dari rasa ingin tahu tersebut, akan memunculkan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang menantang. Dari pertanyaan tersebut akan membentuk pola pikir yang kritis dan analitis. Oleh karena itu, asahlah rasa ingin tahu sobat wow dengan cara memperbanyak diskusi dan eksplorasi masalah-masalah yang berkaitan dengan materi perkuliahan dsb. Dengan demikian, materi yang sobat wow pelajari akan dapat merangsang daya pikir sobat wow untuk berpikir secara logis dan ilmiah. Dan sobat wow coba untuk mencari dan menemukan jawaban atas rasa ingin tahu sobat wow mengenai masalah tertentu.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri
Tips terakhir sobat wow, yakni menumbuhkan rasa percaya diri. Karena setiap individu di dunia ini memiliki talenta (kemampuan) masing-masing. Kenyataan ini harus sobat wow sadari dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Mengingat talenta yang sobat wow miliki berbeda dengan orang lain, cobalah untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam mengembangkan talenta yang sobat wow miliki. Sobat wow bisa mengeksplorasi talenta yang sobat wow miliki sebagai upaya membentuk generasi yang kreatif dan mandiri.

Menghadapi, memahami, mengeksplorasi kemampuan sobat wow bukanlah suatu tindakan yang mudah. Dibutuhkan kesabaran, ketelitian, dan juga semangat untuk mengembangkan kemampuan diri sobat wow sendiri. Jika sobat wow mampu melakukannya, sobat wow tentunya akan tumbuh menjadi generasi kreatif dan mandiri.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger