Sunday 23 July 2017

Fakta dan Mitos IPK Tinggi

IPK Indeks Prestasi Kumulatif merupakan nilai acuan akhir jikalau sobat wow telah menyelesaikan program perkuliahan di sebuah perguruan tinggi. Lalu apa yang dimaksud  IPK secara rinci? IPK merupakan suatu ukuran kemampuan mahasiswa sampai pada periode waktu tertentu yang dapat dihitung berdasarkan jumlah sks mata kuliah yang diambil sampai pada periode tertentu dikalikan dengan nilai bobot masing-masing mata kuliah dibagi dengan jumlah sks mata kuliah yang diambil. Lebih ringkasnya sobat wow, IPK itu nilai bobot kalian yang dikalikan dengan bobat mata kuliah dan dibagi dengan jumlah sks yang sobat wow ambil. Lalu yang menjadi pertanyaan gua pentingkah IPK menurut sobat wow? Silahkan di komentar!

Dan dari kebanyakan survey, mahasiswa di Indonesia lebih mementingkan IPK tinggi daripada ilmu yang mereka peroleh di masa-masa kuliah, dari kebanyakan mahasiswa tersebut, mereka lebih suka memperoleh IPK dengan hasil Pujian daripada ilmu-ilmu mereka. Dan hasilnya setelah mereka memperoleh IPK yang tinggi dan memperoleh gelar cumlaude, mereka akan merasa menyesal dikarenakan mereka belum siap untuk terjun ke dunia pekerjaan, lalu IPK yang seperti manakah yang dicari oleh perusahaan?

Berdasarkan hasil survey nih sobat wow, IPK tinggi di dunia ini hanya menduduki peringkat 14 lalu peringkat pertamanya apa donk? Dan salah satu lembaga yang melakukan survey tersebut, peringkat pertama diduduki oleh orang yang memiliki nilai plus dalam public speakingnya, menurut gua IPK tinggi itu sah-sah saja, asalkan kita memperolehnya dengan hasil usaha sendiri, kita tidak perlu membangga-banggakan IPK yang tinggi, karena IPK itu hanya lah secarik kertas yang bertuliskan nilai-nilai kita pada saat kuliah, tapi setelah kita khususnya sobat wow lulus dan diterima di pekerjaan,IPK tinggi yang kita bangga-banggakan itu sudah tidak ada artinya lagi, kecuali sobat wow ingin melanjutkan study ke jenjang Strata 2 maupun Starata-3 tetapi itupun hanya sebagai persyaratan awal saja, setelah itu IPK kita yang tinggi tidak ditanyakan oleh dosen-dosen kita, emangnya ada dosen S-2 menanyakan kepada mahasiswanya, IPK loe berapa? Hello dosen di perguruan tinggi tidak bakal sekepo itu you know? Dan juga atasan sobat wow nantinya diperusahaan juga tidak menanyakan IPK tinggi yang sobat wow peroleh.

Untuk masalah IPK yang baik itu harus lebih dari 3,00 tapi yang terlalu tinggi seperti 3,95 itu terlalu fantastis sobat wow, coba sobat wow bayangkan jikalau sobat wow memperoleh IPK 3,95 nanti sobat wow di test dalam penyaringan tenaga kerja, jikalau sobat wow bisa membuktikan IPK tinggi sobat wow dengan hasil pekerjaan yang bagus itu cukup baik, tapi kalau tidak itu akan memberikan tinta merah untuk kampus sobat wow, yang nantinya sobat wow akan merugikan diri sobat wow dan juga adik tingkat sobat wow yang lulus dari kampus sobat wow.

Kemudian sobat wow, yang paling gua heranin mengapa di Indonesia IPK tinggi selalu saja menjadi ajang kegengsian? Salah satunya jikalau teman-teman loe memperoleh IPK lebih rendah dari sobat wow, sobat wow pasti akan merasa bangga karena IPK yang sobat wow peroleh jauh lebih baik dari teman sobat wow. Itu mah tidak bakal memberikan motivasi tapi malah menjadikan pribadi kita menjadi lebih sombong lagi.
Gua kasih saran aja, walaupun kita memperoleh IPK yang tinggi kita tetap harus menjaga kesucian hati kita dan tentunya tidak sombong. Lalu untuk menambah motivasi sobat wow harus bisa menyaingi teman-teman sobat wow yang pintar dikelas dan memiliki IPK tinggi tersebut. Cukup sekian sobat wow. Sampai jumpa!!!

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger