Monday 24 July 2017

Tips Sukses Belajar Matematika

Matematika, merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang sobat wow peroleh mulai dari tingkat pendidikan dasar maupun di tingkat perguruan tinggi. Dan bahkan sering sekali sobat wow mengira bahwa mata pelajaran matematika itu membosankan dan mengantukkan, tapi itu semua adalah salah satu kesalahan terbesar, jika sobat wow terus mempelajari apa itu determinan, matriks, invers, persamaan linier dsb. Sobat wow sudah tidak bakal mengalami kesulitan lagi. Kalau boleh jujur sobat wow dulu waktu gua SMA yang namanya matematika gua itu gak bisa, bahkan hal itupun membuat gua malas untuk belajar matematika, lalu setelah gua kelas XII SMA gua baru nyadar bahwa matematika itu menantang dan mengasyikan. Setelah gua lulus gua pun meneruskan ke jenjang perguruan tinggi mengambil jurusan Teknik Informatika, awalnya gua pikir di TI itu tidak ada matematika, tetapi prediksi gua salah malahan di TI matematika itu menjadi makanan sehari hari mulai Logika Informatika, Matematika Diskrit, Logika Fuzzy, Statistika, Aljabar Linier dsb, hal itu semua gua pelajari di jurusan TI, tetapi  alhamdullilah-nya gua bisa menghadapi itu semua, ternyata matematika itu mudah dan menyenangkan. Terus disini gua bakal kasih tips belajar gua spesial buat sobat wow yang lagi membaca artikel ini: sebelumnya gua ucapin banyak terima kasih buat guru matematika gua mulai SD s.d. Perguruan Tinggi. Ini dia tips belajar ala andy wow (gua):


01. Berlatih Matematika Sedikit Demi Sedikit
 Ibarat pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, belajar matematikapun juga seperti itu, mengapa sobat wow harus berlatih matematika secara perlahan? Alasannya, dikarenakan dengan belajar matematika secara perlahan akan membangkitkan rasa percaya diri sobat wow dan menghilangkan rasa panik/grogi pada saat ujian matematika. Gua pun pernah mengalaminya, dimana pada saat ujian semeter genap kemarin gua mengalami kesulitan dalam mengerjakan mata kuliah aljabar linier, tetapi dikarenakan gua itu keponan dan mau menyelesaikan semua soalnya akhir gua berusaha untuk bisa mengerjakan sampai waktu mengerjakan selesai. Dan dikarenakan kegigihan gua dalam belajar matematika, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit hasil akhir gua “A” mau keren begitu juga Logika Informatika “A” ternyata perjuangan gua gak sia-sia sobat wow. Because, You Can Learn Math !!! Get a “can do” attitude.

02. Memahami Pentingnya Manfaat Belajar Matematika
Jika sobat wow adalah pelajar di tingkat SMP atau SMA, sobat wow harus berpikir secara realistis bahwa di bangku perkuliahan membutuhkan kemampuan matematika seperti aljabar, statistika, logika yang dimana itu seemua untuk memperoleh gelar kesarjannan di Indonesia maupun luar negeri. Beberapa jurusan yang menggunakan matematika diantaranya Teknik Informatika, Kedokteran, Akuntansi, Psikologi, Teknik Elektro, Manajemen, Teknik kimia, fisika, Matematika dll. Yang dimana semua jurusan itu membutuhkan keterampilan di dalam bidang matematika.
Kemudian sobat wow, setelah sobat wow lulus dari bangku kuliah dan memperoleh gelar sarjana seperti S.Kom, S.E, dsb, tentu saja sobat wow ingin memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan jurusan sobat wow dan menjadi tenaga kerja profesional. Bahkan sebagian besar pekerjaan di Indonesia memiliki persyaratan Untuk menjadi tenaga kerja profesional di Indonesia, persyaratannya ialah matematika minimal harus dimiliki oleh calon tenaga kerja, Tentu saja tidak hanya hitung menghitung, melainkan juga kemampuan berpikir analitis, kemampuan problem solving yang baik, berlogika dan lain-lain. Jadi, pikirkanlah dari sekarang bahwa hampir semua bidang dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan Matematika.

03. Rajin Hadir dan Aktif Pada Waktu Pelajaran Matematika
Topik-topik dalam pelajaran Matematika merupakan topik yang saling terkait dan tidak dapat dipisah-pisahkan sekalipun itu merupakan konsep baru. Hal Ini berarti bahwa pelajaran hari ini merupakan prasyarat untuk pelajarn esok harinya. Masalah-masalah dalam konsep baru membutuhkan ketrampilan sebelumnya. Misalnya, dapatkah sobat wow memecahkan soal yang berkaitan dengan pecahan, jika sobat tidak mengetahui konsep perkalian. Kehadiran sobat wow setiap hari, akan membantu sobat wow untuk memahami sedikit demi sedikit materi matematika, sehingga pada ujian akhir tidak terlalu banyak yang sobat wow pelajari.


04. Kerjakan Selalu Tugas Matematika
Ini kelihatannya sederhana, tetapi waktu sobat wow sangatlah terbatas. Di perkuliahan sobat wow tidak hanya memiliki tugas matematika, tetapi tugas yang lain pastilah cukup banyak dan mengantri untuk dikerjakan dan seterusnya. Berpikirlah begini: “Tidak ada pekerjaan rumah, tidak ada latihan”. Pekerjaan rumah (PR) membantu sobat wow dalam berlatih terapan dari konsep-konsep Matematika.  Seperti halnya ketika kita berlatih menyetir mobil. Semakin banyak kita sering berlatih, maka kemampuan kita untuk mengendarai akan semakin baik dan lebih percaya diri ketika di jalan. Jika sobat wow hanya berlatih secara teori saja dengan membaca buku manual, sobat wow tidak akan pernah berlatih dengan kepercayaan diri dan ketrampilan. gua menyarankan pada sobat wow untuk berlatih materi pengayaan agar bisa lebih maksimal.

05.  Mencoba untuk Memahami Soal Matematika
Ketika mengerjakan pekerjaan rumah, tanyakan pada diri sobat wow sendiri, apa yang ingin kamu cari dan bagaimana kamu mendapatkan hasilnya. Jangan hanya mengikuti contoh. Kerjakan setiap permasalahan, tahap demi tahap sampai kamu mengerti, mengapa kamu mengerjakan dengan cara demikian dan sampai pada solusinya. Jika sobat wow  mengikuti apa dan mengapa, kamu akan mengetahui apa yang harus kamu kerjakan ketika sobat mengerjakan soal yang mirip.

06. Bertanya di Kelas
Jangan segan untuk bertanya. Guru (dosen) sobat wow tidak akan menertawai dengan pertanyaan yang sobat wow ajukan. Justru guru akan merasa senang dengan pertanyaan sobat wow, karena sobat wow telah berusaha untuk memahami penjelasannya.

07. Bertanya di Luar Kelas
Jika Anda merasa segan bertanya di dalam kelas, cobalah untuk bertanya di kantor guru (dosen) atau di tempat lain. Jangan pernah merasa terlambat untuk bertanya. Dikarenakan dengan sobat wow terlambat untuk bertanya sobat wow akan semakin tidak memahami materi yang diberikan oleh bapak/ibu dosen (guru).

08. Jangan Banyak Bicara saat Pelajaran
Jika sobat wow punya pertanyaan, silahkan langsung tanyakan pada guru (dosen) sobat wow dan jangan malah ngobrol sendiri atau berbicara dengan teman sobat wow. Informasi dari teman kelas sobat wow mungkin saja bisa salah. Cobalah untuk tidak berbicara hal-hal di luar pelajaran agar sobat wow bisa lebih fokus mendengarkan penjelasan guru (dosen).

09. Baca dan Pelajari Buku Matematika
Yap, ibarat pepatah buku adalah jembatan ilmu ada banyak alasan mengapa sobat mengeluarkan uang untuk membeli buku Matematika. Jika sobat wow perhatikan baik-baik, sobat wow akan melihat bahwa buku sobat wow berisi halaman-halaman dengan contoh soal yang baik, penjelasan dan definisi istilah-istilah. Pelajari baik-baik buku sobat wow dan janganlah sia-siakan buku yang sudah sobat wow beli.

10. Selalu Perhatikan Penjelasan Dosen
Matematika seperti bola salju. Jika sobat wow tidak memperhatikan peringatan dari dosen sobat ketika presentasi, sobat wow akan ketinggalan konsep penting dalam latihan. Ingat, informasi hari ini merupakan pondasi/dasar untuk esok.

Demikian tadi 10 Tips Sukses Belajar Matematika, semoga dapat menambah pengetahuan sobat wow dan tentunya menambah semangat untuk belajar matematika. Ayo gabung di #Matematikaitumudah dan kata terindah untuk matematika ialah bahwasanya matematika itu mudah, tetapi diri kita yang membuat matematika itu sulit. @Andywow/ndy

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger