Thursday 19 October 2017

Tips Kuliah di Singapura

Masyarakat di Indonesia selalu menekankan pentingnya pendidikan tinggi, sebab itu merupakan kunci untuk memiliki karir yang baik. Namun, bagaimana jika pendidikan dapat dilihat pada tingkatan yang berbeda, dimana setiap anak bisa memperluas wawasan serta pandangannya tentang dunia, eksposur International, dan juga kesempatan tanpa batas. Nah untuk mengatasi hal tersebut banyak orang tua yang menginginkan anak-anaknya untuk kuliah di luar negeri yang dimana kualitas pendidikannya jauh lebih bagus daripada Indonesia. Tidak jarang orang tua siswa yang ingin menyekolahkan anaknya di Singapura seperti dikampus idaman banyak orang yakni National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), School Management University (SMU).
Namun perlu sobat wow ketahui untuk kuliah dinegeri tetangga kita Singapura bukan perkara yang mudah, banyak sekali rintangan yang harus ditempuh untuk bisa lolos dikampus primadona Singapura. Berikut ini tips kuliah di Singapura, semoga tips-tips berikut ini dapat bermanfaat buat sobat wow yang ingin kuliah disingapura.

1. Menyiapkan Visa Pelajar Singapura
Mahasiswa International wajib mengajukan permohonan untuk bisa mendapatkan visa (Student Pass) atau kartu izin tinggal mahasiswa untuk bisa belajar di Singapura. Tujuan dari adanya Visa ini dikarenakan kita warga Indonesia haruslah tercatat kependudukannya agar tidak terjadi yang namanya deportasi warga negara.
2.    Menyiapkan uang
Uang (money) hukumnya wajib buat sobat wow yang ingin kuliah di Singapura. Fungsi uang disini dipergunakan sebagai alat pembayaran, sekedar info saja nih buat sobat wow. Biaya hidup di singapura tercatat dengan rata-rata $750 s.d. $2000 per bulannya, itu untuk biaya hidup sedangkan biaya kuliah di singapura tercatat sebesar Rp. 25.000.000 / bulannya. Nah disini segi financialkeuangan sangat diperlukan sekali buat sobat wow yang ingin melanjutkan studi ke Singapura.
3.    Memilih kampus yang sesuai pilihan
Banyak sekali tempat kuliah di Singapura mulai dari jenjang Diploma hingga Sarjana. Disini gue bakal kasih tahu kampus yang gue saranin buat sobat wow yang ingin kuliah di Singapura. Ada tiga kampus yang menjadi primadona dikancah Dunia dan asia yakni NTU, NUS, SMU ketiga kampus ini memiliki kualitas yang dikatagorikan sangat bagus sekali. Dibandingkan dengan UI, ITB, UGM ketiga kampus ini kalau menurut gue lebih baik dan keren.
Berdasarkan lembaga survey nih. Qs World rangking dari Inggris kampus NUS dan NTU berhasil masuk di peringkat 50 besar dunia dibandingkan dengan UI, ITB, UGM kampus di negeri Singapura ini jauh lebih unggul daripada kampus dinegeri Indonesia.
4.    Mencari Beasiswa

Jika sobat wow tidak punya biaya kuliah, sobat wow tidak usah khawatir tentang masalah biaya. Pemerintah Indonesia telah berkejasama dengan sistem pendidikan di Singapura sehingga sudah banyak sekali beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa Indonesia di Singapura.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger