Tuesday 24 October 2017

Tips menghadapi Ujian Nasional 2018


Ujian Nasional bukan lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan siswa. Bukan pula menjadi syarat masuk di perguruan tinggi dan lapangan pekerjaan. Meskipun demikian, bukan berarti kita bisa menganggap ujian nasional adalah sesuatu hal yang tidak penting.

Ujian nasional bertujuan untuk mengukur tingkat ketuntasan belajar siswa. Ujian nasional juga bertujuan mengetahui kualitas siswa dan sekolah melalui nilai. Ini bukan berarti hanya dari nilai saja, kita bisa mengukur kualitas siswa dan sekolahan.

Nah, untuk menghadapi ujian nasional 2018 yang akan datang, kita perlu menyiapkan diri sejak awal. Ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi ujian nasional:

Pertama, Kenali diri
Kenalilah diri kita, bagaimana tipe belajar kita, kapan waktu yang tepat untuk kita belajar, bahkan kenali pelajaran apa yang paling mudah dipahami, dan pelajaran apa yang paling sulit untuk dipahami

Kedua, Buatlah Ringkasan Materi atau Buatlah Peta Konsep
Materi ujian nasional meliputi materi dari kelas X, XI, dan XII. Hal itu berarti materi pelajaran yang akan kita pelajari sangatlah banyak. Oleh karena itu, akan lebih mudah, jika kita membuat ringkasan atau peta konsep. Selain itu, perhatikan pula kisi-kisi uian nasional yang diberikan oleh pemerintah. Untuk contoh kisi-kisi mata pelajaran geografi, silakan klik disini.

Ketiga, Perbanyak Latihan Soal
Di internet, banyak sekali contoh-contoh soal ujian nasional. Kalau mau mengeluarkan beberapa rupiah, kita juga bisa membeli buku-buku yang banyak dijual di toko buku. Semakin  sering kita mengerjakan contoh-contoh soal ujian nasional, maka kemampuan kita juga akan meningkat. Selain itu, kita juga akan lebih terbiasa dengan tipe-tipe soal ujian nasional.

Keempat, Update berita terkait tentang ujian nasional
Sudah tahu belum, ada wacana ujian nasional 2018 akan ada soal essay, alias soal uraian. Soal uraian dianggap dapat mengukur lebih dalam kemampuan siswa dalam memahami sebuah konsep. Namun informasi itu masih belum ada keputusan resmi dari Kementrian pendidikan. Nah, untuk lebih menyiapkan diri dengan ujian nasional, jangan lupa untuk terus mengupdate informasi kita terkait ujian nasional ya. Untuk gambaran umum, silakan klik disini ya, ada informasi terkait ujian nasional yang terupdate, yakni hasil rakor BSNP tanggal 25 Oktober 2017.

Kelima, Persiapan batiniyah
Yang dimaksud persiapan batiniah adalah persiapan mental dan hati. Jangan lupa iringi usaha-usaha kita dengan berdoa dna berbuat baik. Percayalah bahwa Allah akan mengabulkan doa-doa kita untuk bisa mendapatkan nilai ujian nasional yang sesuai dengan harapan dan sesuai dengan yang kita usahakan.


Akhir kata, selamat mempersiapkan ujian nasional 2018 ya. CAYO!!! SUKSES!!

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger