Monday 11 December 2017

Hasil Talent Pool BKN, Kualitas Pegawai Negeri Masih Rendah

LiputanPendidik -- Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh....Bapak/Ibu dimanapun anda berada, salam hangat dan kompak selalu untuk kita semua, jumpa lagi dengan kami pada situs informasi Pendidikan, Guru, PNS & Honorer menyajikan informasi terupdate tentang .simak informasi selengkapnya dibawah ini...

Kualitas Pegawai Negeri Sipil Masih Rendah

JAKARTA - Kompetensi pegawai negeri sipil (PNS) di Tanah Air masih perlu ditingkatkan. Hasil penilaian dan kompetensi (talent pool) Badan Kepegawaian Negara (BKN) kepada ribuan PNS menunjukkan hasil kurang menggembirakan. Hasil talent pool secara umum menunjukkan bahwa PNS tidak mampu bekerja secara tim, minim inovasi, hingga minim motivasi. 

Talent pool ini dilakukan oleh BKN secara acak kepada 696 pejabat pimpinan tinggi (JPT) pratama dan 2.670 administrator. Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, tiga kali penyelenggaraan talent pool hasilnya tidak jauh berbeda dari satu daerah dibanding daerah lainnya. 

“Hasil dari tahun ke tahun masih menunjukkan pola yang sama. PNS Indonesia itu kalau kita lihat dari sisi kompetensinya dan potensinya masih belum begitu tinggi,” katanya saat ditemui seusai ekspose hasil talent pool di Kantor BKN kemarin. 

Dia menilai hasil seperti ini merata di seluruh Indonesia. Bahkan banyak dari PNS yang tidak berani melakukan inovasi. Di samping itu talent pool menunjukkan bahwa PNS enggan bekerja di dalam tim. Ada kecenderungan memilih untuk bekerja secara individual. 

“Kemampuan team building-nya tidak ada. Kalau dalam tim merasa ada tuntutan. Kalau sendiri kan tidak ada tuntutan. Ini yang ingin kita ubah,” ujarnya. 

Bima mengatakan, hasil talent pool menunjukkan bahwa gelar akademik yang dimilik PNS belum menjamin kompetensi yang dimilikinya. Untuk itu, perlu evaluasi untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki PNS. Hal ini tentu berdampak pada kinerja yang tak maksimal. 

“Bahwa seseorang punya gelar S-1 belum tentu menguasai apa yang menjadi atribut kesarjanaannya. Kalau S-1 itu yang bagaimana, perlu evaluasi. Ini pun kinerjanya tidak tinggi,” ungkapnya. 

Dia menuturkan, penyebab hasil talent pool di antaranya karena kompetensi yang dimiliki oleh PNS hanya semu. Selain itu, ada kemungkinan motivasi kerja terbatas dan jabatan tidak sesuai yang diinginkan. 

Halaman Selanjutnya >> 2 
-------------------------------------

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger