Friday 22 December 2017

Mengenal Lebih Dekat Sastra Jawa

Wowitukeren – Sastra Jawa merupakan salah satu jurusan yang paling diremehkan dan memiliki peminat sedikit pada saat SNMPTN, SBMPTN bahkan UM sekalipun. Bahkan tak sedikit pula siswa yang diterima di jurusan Sastra Jawa pada saat SNMPTN tetapi mereka tak mau mengambil jurusan tersebut dikarenakan adanya beberapa alasan. Salah satu alasan tersebut yakni tak diizini orang tua untuk mengambil jurusan tersebut.

Perlu sobat wow ketahui, jurusan sastra jawa memiliki prospek karir yang bagus dibandingkan jurusan lainnya, kenapa demikian? Mungkin sobat wow beranggapan kuliah di jurusan akuntansi lebih bagus prospek karirnya dibandingkan jurusan lainnya di rumpun IPS. Itu salah sobat wow, banyak sekali lulusan sarjana akuntansi di Indonesia yang masih mencari pekerjaan kesana-kemari. Apa sih penyebabnya? Hal ini dikarenakan banyaknya lulusan jurusan Akuntansi di Indonesia dibandingkan lulusan sastra jawa. Apalagi semenjak adanyanya perataan kampus PTN dan PTS yang sejejar dimata perusahaan, jadi yang diperoleh oleh perusahaan yang pertama kali bukanlah nama kampusnya yang terkenal melainkan akreditasi program studi tersebut.
Oke kita akan bahas tentang jurusan sastra jawa, jurusan ini memiliki beberapa nama misalnya Sastra Jawa UGM namanya adalah Sastra Nusantara. Untuk masalah pembelajaran meskipun tidak ada Kuliah Kerja Lapangan seperti pada jurusan lainnya, jurusan sastra Jawa bisa mempraktikan langsung kuliah lapangannya denga cara menonton pertunjukkan wayang, mengenal kebudayaan Jawa dll. Yang lebih mengasyikan dari jurusan ini ialah, jurusan ini merupakan jurusan paling langka di Dunia, kalau menurut wowitukeren sih nampaknya jurusan ini satu-satunya jurusan di dunia yang hanya ada di Indonesia. Kita harus bangga loh sobat wow.

Terus sekarang yang menjadi pertanyaan kita, kalau sudah lulus dari sastra jawa terus kerjanya ngapin donk? Eits gak perlu kuatir dan risau. Sekarang banyak sekali prospek karir untuk jurusan ini, diantaranya Translator, berkerja di Dinas Pariwisata, Dosen, dan bahkan bisa menjadi Jurnalis terkenal dan tampil di layar Televisi. Karena sekarang ini ada beberapa televise yang menayangkan program acara bahasa Jawa seperti misalnya GTV, TVRI dll.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger