Tuesday 26 December 2017

Tahukah Kamu Kuliah di Sastra Rusia Masa Depanmu Akan Cerah?

Wowitukeren – Rusia salah satu Negara maju didunia yang memiliki kekuatan militer terkuat kedua didunia setelah Negara Amerika Serikat. Budaya dan dialeg bahasa di Rusiapun memiliki sangat banyak sekali ciri khasnya yang sangat luar biasa, apalagi pendidikannya yang cukup menjanjikan sekali.

Moscow salah satu kota di Rusia yang menyimpan sejuta kenangan bagi siapa saja yang menginjakan kaki di Negara ini. Apalagi setelah adanya keputusan PBB yang menyatakan bahwa bahasa Rusia adalah bahasa resmi di PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa). Dan disusul oleh piala dunia Rusia 2018, membuat banyaknya wisatawan yang meningkat untuk berkunjung ke Negara maju di benua Eropa ini.
Semanjak saat itu, peluang jurusan sastra Rusia pun semakin meningkat dengan drastis, kita yang mungkin dulunya menganggap bahwa jurusan sastra itu tidak penting dan rumit untuk dipelajari, ternyata anggapan itu tidak benar. Bukti nyata yang dapat kita saksikan diantaranya banyak sekali mahasiswa yang telah lulus di jurusan sastra Rusia mereka akan sangat bangga karena mereka bisa berkerja di PBB sebagai transalator bahasa, atau ada juga mahasiswa lulusan sastra rusia yang berkerja di kedutaan besar Indonesia untuk Rusia.
Hal ini membuat semua orang terus bersaing untuk memasukki jurusan sastra rusia di PTN (perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia. Pasalnya hanya dua PTN saja yang memiliki jurusan perkuliah Sastra Rusia. PTN tersebut yakni Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (UNPAD). Hal ini mengakibatkan semakin sengitnya perjuangan dan peluang siswa untuk masuk di salah satu jurusan di FIB (Fakultas Ilmu Budaya) ini. Meskipun memiliki passing grade yang dalam katagori minim yakni dibawah 30%, namun Sastra Rusia tetaplah jurusan langka di Indonesia dan hanya dimiliki oleh beberapa kampus saja.

Lalu apakah peluang kerjanya bagus? Kalau dibilang bagus ya bagus sih. Misalnya menjadi Translator bahasa, kerja di kedutaan besar, penerjemah buku Rusia dll. Wah-wah jadi sudahkah sobat wow siap untuk kuliah di sastra rusia Unpad dan UI? Kalau sudah selamat berjuang dikampus Padjajaran dan kampus kuning (UI).

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger