Tuesday 12 December 2017

Tips Lolos SNMPTN dan SBMPTN

Wowitukeren – Seleksi Nasional Masuk Perguran Tinggi Negeri (SNMPTN) akan segera dilaksanakan untuk siswa kelas XII di sekolah menengah atas/ sederajat. Seleksi ini merupakan seleksi tahunan yang akan memperebutkan kursi PTN di Indonesia. Sekitar 60% persen siswa di SMA mengelami kegagalan masuk di kursi SNMPTN, SBMPTN. Ada beberapa alasan yang mengakibatkan mereka gagal untuk lolos dikursi yang diperebutkan tersebut. Salah satunya ialah salah dalam pemilihan jurusan. Sebagai contoh saya pada saat SNMPTN dulu gagal masuk di salah satu PTN di Yogyakarta, disini saya akan bercerita sedikit kepada sobat wow yang saat ini sedang membaca artikel ini.

Tahun 2016 silam disaat tahun kelulusanku, aku bersekolah di sebuah sekolah favorit di kota Kudus, secara kebetulan aku masuk di jurusan IPS di SMAku. Kenapa IPS karena jurusan IPS disekolahku merupakan jurusan IPS terbaik di kota kudus dan bahkan diskala Nasional, pasalnya jurusan IPS di SMAku dulu sudah banyak sekali mengantarkan siswa untuk memperoleh nilai UN sempurna dalam katagori Ekonomi, Matematika, Geografi dll. Pada saat pemilihan dalam SNMPTN 2016 silam, aku dengan pdnya mendaftar di sebuah PTN di kota solo mengambil jurusan Akuntansinya, kesalahan fatal yang aku miliki yakni menaruh kampus PTN di Yogyakarta ke pilihan keduaku. Yups ini sangatlah fatal. Padahal aku mengetahui alumni SMAku ada yang diterima di PTN Yogyakarta sedangkan di kota solo belum ada yang berhasil diterima pada jurusan Akuntansinya. Kesalahan pertama. Ketika pengumuman SNMPTN tahun 2016 silam, dengan rasa was-was aku menanti pengumumanku dan jam 14.00 nanti pengumumanku akan segera diperlihatkan, 30 menit berlalu aku belum bisa masuk ke website SNMPTN, hingga pada menit ke 60nya aku baru bisa masuk ke website dan aku shock dengan rasa marah halaman website SNMPTNku berubah warna merah yang bertuliskan “Mohon maaf anda belum lolos di SNMPTN 2016”. Urat nadiku pada saat ini rasanya mau putus, aku malu dengan rasa yang tak mengenakan ini, kemudia aku cek terus sampai ketiga kali (siapa tahu saja halamannya berubah hijau) dan ternyata masih saja berwarna merah. Aku minta tolong sama temanku yang saat itu juga berada di SMA untuk mengecek hasil pengumuman sungguh luar biasa kelasku tidak ada yang lolos di SNMPTN 2016, padahal mereka semua adalah siswa yang pintar dan telah mengikuti beberapa olimpiade dan kejuaran olahraga dan seni baik tingkat Kabupaten, Karisidenan, Provinsi, Nasional hingga Internasional.
Nah untuk mengobati rasa pedih tersebut disini aku mau berbagi kepada sobat wow, agar tidak mengalami nasib yang sama seperti aku saat SNMPTN dan SBMPTN dulu.
1. Pilihlah jurusan yang sesuai nilai sobat
Tips pertama, memilih jurusan yang sesuai nilai sobat wow. Misalkan saja sobat wow memiliki nilai yang bagus di bidang Ekonomi katakanlah memiliki grafik yang bagus semester 1-5 nilainya sbb 82, 84, 87, 88 ,90 nah dengan nilai tersebut alangkah lebih baiknya jika sobat wow mengambil jurusan di Fakultas Ekonomi karena sobat wow memiliki kurva peningkatan yang bagus. Namun, jika nilai sobat wow 80,83,81,79,86 untuk mapel Ekonomi, janganlah sobat wow sekali-kali masuk di jurusan ekonomi karena grafik sobat wow mengalami penuruan dan kenaikan alias gak stabil. Nah biasanya nih paling sering yang muncul tuh nilainya yang gak stabil sama seperti aku dulu tetapi masih wajar lah nih nilaiku Ekonomi 85, 87, 85, 88, 90 wah dengan PDnya aku langsung mendaftar di Akutansi tapi malah gagal kenapa? Karena nilaiku mengalami penurunan pada saat semester 3. Meskipun masih rata-ratanya diatas 80 tetapi penurunan tersebut sangatlah mengurangi point kursi SNMPTN, SBMPTN (meskipun pakai nilai tes tertulis). Kalau di SBMPTN, sedikit  cerita saja banyak sekali siswa SMA yang pada saat Try out SBMPTN passing gradenya 45% keatas tetapi tidak lolos dikursi PTN. Karena nilai raport tetaplah diperhitungkan sobat, contohnya temanku dulu berhasil diterima di SBMPTN UNNES karena nilai raportnya bagus. Selain itu apabila sobat wow memiliki piagam penghargaan seperti olimpiade wajib dilampirkan yak arena ini menambah point juga sobat, temanku ada yang diterima di pendidikan olahraga UNNES karena memiliki piagam juara Basketball Provinsi. Bahkan adik kelasku ada yang diterima di SNMPTN ITB dijurusan Seninya karena ia telah berhasil menjuarai beberapa lomba lukis tingkat Provinsi, hingga Nasional. Wah luar biasa ya. Selain itu kakak kelasku juga ada yang diterima  di SNMPTN UGM karena nilai raportnya bagus dan memiliki piagam kejuaraan olimpiade.
2. Jangan ikut-ikutan teman
Kalau tips ini hukumnya wajib. Seperti yang saya bahas pada tips pertama tadi, bahwa nilai raport masih menjadi penentu kursi SNMPTN dan SBMPTN. Janganlah sobat wow mengikuti jejak teman sobat wow yang mengambil jurusan di bidang lainnya karena bisa saja mereka lolos dan sobat wow tidak. Jujur lagi juara 1 paralel di IPS SMAku pada angkatanku tidak lolos di kursi PTN karena salah dalam pemilihan jurusan tetapi yang juara 2 Paralel berhasil diterima di PTN di kota Semarang. Oleh sebab itu janganlah sobat wow mengikuti jejak teman sobat wow ya!
3. Konsultasikan jurusan kepada ortu, wali kelas, atau BK
Jika sobat wow binggung dalam pemilihan jurusan bisa konsultasikan ke Ortu, Wali Kelas, dan BK atau bisa langsung Cp saya di email wowitukeren@gmail.com atau follow IG : Info_kampus_update
4. Cari tahu data alumni sobat yang diterima dikursi PTN tersebut
5. Berdo’a
6. Percaya dan yakin dengan sepenuh hati
7. Cari planning kampus swasta
Wah demikian tadi tips hari ini semoga bermanfat ya untuk sobat wow! Amin.
<<Belajar dan berdo’a adalah kunci mengawali kesuksekan, Ingat! Janganlah sekali-kali salah mengambil jurusan karena bukan kamu saja yang rugi tetapi orang tuamu pun akan bersedih. Sungguh Allah akan memberikan kemudahan untuk hambanya yang mau berusaha>>salam wowitukeren.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger