Wednesday 17 January 2018

7 Strategi Menghadapi SBMPTN 2018

Wowitukeren – SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2018 sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Rasa was-was pasti menyelimuti diri sobat wow kan? Tetapi buat sobat wow yang sudah memiliki persiapan matang tentunya sudah tidak khawatir lagi dengan SBMPTN 2018. Berikut ini beberapa tips startegi menghadapi SBMPTN 2018. Benar banget sobat wow SBMPTN merupakan salah satu seleksi untuk memperebutkan kuota PTN apalagi pada tahun ini isunya penurunan kuota seleksi SNMPTN sehingga mau gak mau sobat wow harus mempersiapkan diri sobat wow mulai dari sekarang. Berikut ini kuotanya: Untuk Akreditasi A 50%, sekolah dengan Akreditasi B 30%, dan Akreditasi C 10%. Memang penurunan kuota seleksi sangat berpengaruh sekali bagi sobat wow. Nah daripada lama-lama menunggu langsung saja ini dia 7 Strateginya:
Cermati Soal-soal SBMPTN Tahun Sebelumnya
SBMPTN merupakan momok sendiri bagi beberapa siswa di Indonesia. Untuk itu persiapan awal yang harus sobat wow lakukan ialah mempelajari soal-soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumya. Biasanya ada banyak kemiripan soal yang nantinya akan membantu sobat wow dalam menyelesaikan soal-soal SBMPTN 2018. Startegi pertama ini cukuplah sulit memang sebab sobat wow tidak pernah mengenal model soal-soal SBMPTN. Untuk bisa memperlajarinya sobat wow bisa membeli beberapa contoh soal di took buku biasanya ada banyak sekali buku-buku yang menerbitkan beberapa soal-soal SBMPTN.
 
Lakukan Evaluasi terhadap Kesiapanmu Menghadapi SBMPTN 2018
Apakah sobat wow sudah mendapatkan jawaban dari soal—soal SBMPTN tersebut? Ternyata, banyak sekali soal jebakan dalam SBMPTN baik SAINTEK maupun SOSHUM. Ada beberapa cara untuk mengatasi jebakan batman SBMPTN tersebut. Yang pertama meneliti secara tepat dan mengerjakan soal-soal yang menurut sobat wow mudah dan paling gampang untuk dikerjakan. Biasanya Jebakan Batman SBMPTN paling banyak di mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk itu sobat wow haruslah waspada dengan Jebakan Batman tersebut, karena kalau sobat wow salah akan mengurangi point sobat wow.
 
Buat Pemetaan Materi SBMPTN
Petakan seluruh materi SBMPTN sesuai dengan waktu belajar sobat wow. Hal ini menguji sikap konsisten dan displin belajar sobat wow dalam menghadapi SBMPTN 2018. Dan setelah mendekati masa-masa UN dan SBMPTN sebaiknya sobat wow mengoptimalkan sisa waktu untuk belajar soal-soal SBMPTN.
 
Pelajari Karakter Soal SBMPTN
Setiap topik materi dalam SBMPTN disajikan dengan beragam variasi. Untuk mengatasi hal tersebut sobat wow harus mempelajari karakter soal sesuai dengan topic yang telah sobat wow katagorikan. Buatlah materi soal dalam SBMPTN kedalam tiga katagori yakni Mudah, Lumayan dan Sulit. Hal ini dapat membantu sobat wow untuk mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Kemudian ke level lumayan dan kalau bisa level sulitpun dikerjakan. Tetapi sebagai saran saja sebaiknya sobat wow mengerjakan soal yang level mudah terlebih dahulu.
 
Lakukan Uji Coba dan Try out SBMPTN
Setelah belajar sebaiknya sobat wow mengikuti Try Out SBMPTN. Biasanya ada beberapa lembaga yang mengadakan Try Out SBMPTN untuk menghadapi persiapan SBMPTN. Kalau aku dulu mengikuti Try Out SBMPTN yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Tembalang Kudus (KM Tembus) yang berkerjasama dengan BIMBEL Neutron Yogyakarta cabang Kudus. Nah biasanya setiap daerah memiliki Try Out yang diselenggarakan oleh beberapa Lembaga atau komunitas. FYI KM Tembus itu adalah kumpulan mahasiswa yang berasal dari kota Kudus yang melanjutkan studinya di kampus PTN Tembalang Semarang, seperti UNDIP, POLINES, POLTEKES dll.

Pahami Kekurangan Diri
Setelah melakukan Tryout SBMPTN, strategi terakhir yang harus sobat wow lakukan adalah memahami kekurangan diri sobat wow. Jika masih banyak kekurangan dan kekeliruan dalam menjawab soal Try Out, pelajari kembali soal-soal dari tahun sebelumnya. Hal ini akan membantu sobat wow untuk semakin percaya diri dalam menjawab soal SBMPTN 2018.

Semangat
Semangat adalah kata kunci terakhir untuk sobat wow. BTW, meskipun aku gagal di PTN tetapi aku semangat guys untuk melanjutkan studi meskipun itu dikampus swasta. Dan Sekarang aku kuliah di jurusan IT dan bahkan IT dikampusku memiliki akreditasi yang sama dengan jurusan IT PTN di Jawa Tengah.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger