Tuesday 23 January 2018

Tips Dan Trik IP Tinggi

Wowitukeren – Memiliki IP (Indeks Prestasi) diatas 3.00 merupakan dambaan setiap mahasiswa di Indonesia. Pasalnya dengan IP diatas 3.00 pastinya kita akan merasa percaya diri untuk mengikuti beberapa seleksi beasiswa seperti Beswan Djarum, BCA Finance, Bidikmisi bahkan hingga LPDP. Tentunya IP 3.00 bukanlah perjuangan yang mudah untuk diraih oleh semua kalangan. Ada kalanya IP kita turun dan juga bisa juga naik. Yang paling menyedihkan jika kita memperoleh nilai C pada mata kuliah yang memiliki 3 SKS lebih, tentunya itu akan menyakitkan sekali loh sobat wow. Kenapa menyakitkan? Pasalnya dengan kita memperoleh nilai C di makul dengan jumlah SKS banyak akan menanjlokkan IP kita. Wah-wah-wah bagaimana sobat wow sudah gak sabar ingin kepoin bagaimana memperoleh IP tinggi? Langsung saja disimak ya!
  1. Belajar dengan Rajin dan Tekun
    Belajar tidak harus melulu menunggu perintah dari bapak/ibu dosen sobat. Pasalnya sekarang sudah banyak tuh media informasi yang menyediakan sarana pembelajaran loh. Bahkan sekarang di internet sudah banyak sekali materi perkuliahan yang sobat wow inginkan. Misalnya nih materi Matematika Diskrit di jurusan gue. Biasanya sebelum materi perkuliahan dimulai, gue sering sekali mengambil beberapa referensi dari beberapa kampus Negeri dan PTS yang memiliki akreditas A dalam jurusan Informatikanya. Sebut saja Telkom University, Binus University, ITB, ITS. Disitu biasanya gue mengambil materi-materi perkuliahan dari kampus top tersebut. Eh ternyata materinya hamper sama loh dengan materi yang gue download dari kampus top tersebut. Usut punya usut ternyata beberapa dosen gue adalah lulusan dari kampus top tersebut sehingga gak salah kalau materi yang diajarkan hampir sama dengan materi yang gue download dari beberapa referensi tersebut. 
  2. Hidup adalah pilihan, Sakit dahulu atau senang dahulu?
    Ya memang hidup adalah pilihan. Itulah yang harus sobat wow jalani jika ingin memiliki IP diatas rata-rata. IP 3.00 itu tentunya sudah biasa bagi sebagian mahasiswa. Apalagi kalau yang kampusnya sudah terakreditasi A dan terakreditasi dari pihak internasional. Tentunya IP 3.00 sudah menjadi buah tangan yang sangat mudah untuk diperebutkan. Prinsip hidup adalah pilihan memanglah yang harus sobat wow lakukan. Ya hanya ada dua pilihan Sakit terlebih Dahulu atau Senang terlebih dahulu. Kalau gue sih lebih baik sakit terlebih dahulu, kenapa? Pasalnya Sakit itu gue definisikan sebagai perjuangan hidup yang harus sobat wow tekuni. Meskipun gue pernah gagal tetapi gue tidak gagal sebelum berperang, selayaknya saja gue gagal karena gue kalah dipeperangan. Hal ini pernah gue rasakan di awal perkuliahan. Banyak sekali orang yang menghina gue jujur sih gue sebenarnya tidak apa-apa. Tetapi lucunya penghinaan tersebut ditujukan karena gue bisa mengerjakan soal yang sebelumnya belum pernah dibahas oleh dosen gue. Yaiyalah namanya gue berusaha dengan mencari referensi mata kuliah tersebut dari kampus top Informatika di Indonesia. Tetapi penghinaan telah berhenti sebab gue berhasil menjawab soal tersebut dengan benar. So buat kamu sobat wow sebaiknya kamu bisa menentukan pilihan tersebut. 
  3. Jangan menganggap mata kuliah itu susah!
    Why? Gini sobat wow. Jujur saja nih gue masuk dalam dunia IT bukan karena kebenaran adanya, bukan berarti gue pintar. No! gue anaknya biasa-biasa saja. Bahkan kalau disuruh menghitung matematika dulu gue lemah. Sebab dulu gue berasal dari jurusan IPS (Ikatan Pelajar Sukses). Eits meskipun gue anak IPS tetapi gue tetap bisa kok mengejar ketertinggalan gue dengan dunia IT. Buktinya meskipun gue anak IPS tetapi IP gue sampai saat ini masih diatas 3.50 mudah-mudahan saja gue bisa mempertahankan itu semuanya. Bagaimana donk tipsnya? Gini sobat wow. Misalkan nih ada isu yang beredar bahwa mata kuliah B itu sulit banget bahkan dosennya killer, tetapi sobat wow tidak usah takut, pasalnya itu hanya isu saja sebelum sobat wow membuktikannya sebaiknya sobat wow pelajari dari awal perkuliahan. Kata ortu gue sih sebelum mencoba jangan bilang sulit untuk dijalankan. Prinsip ini gue terapkan ternyata kalau gue pahami ada benarnya juga kok bahwa mata kuliah itu belum tentu sulit bagi diri kita. Buktinya ada yang bilang mata kuliah C sulit tetapi gue jalani ternyata gue berhasil dapat nilai ya lumayanlah. 
  4. Minta dorongan dari Ortu, Sahabat
    Jujur gue mahasiswa yang jauh dari orang tua. Gue dulu sempat berpikir untuk melanjutkan kuliah di pulau sumatera. Tetapi ortu gue selalu saja memberikan support untuk kuliah dipulau jawa saja. Meskipun gue gagal di PTN tetapi ortu gue selalu berusaha mencarikan tempat kuliah untuk anaknya. Yaiyalah namanya anak sama ortu. Tetapi support ortu tidak hanya berhenti sampai disitu saja, pada saat awal kuliah gue dulu sempat merasa ingin pindah jurusan guys. Karena gue sudah tidak tahan dengan makul-makul yang semakin hari semakin tajam banget. Tetapi disitu ortu gue selalu support untuk terus belajar dan berusaha semampumu. Ya semester pertama berjalan dengan lancar, keduapun juga hingga saat ini gue masih bertahan dijurusan ini. Eh ternyata support ortu lah yang telah membangkitkan semangatku dan tentunya para sahabatku juga yang selalu susah senang bareng dijurusan ini.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger