Thursday 18 January 2018

Ini Dia Mata Pelajaran yang Diujikan di SBMPTN 2018!

Wowitukeren - Setelah membahas 7 Strategi menghadapi SBMPTN 2018 kini saatnya kita mengetahui mata pelajaran apa sajakah yang diujikan di SBMPTN? Disini ada tiga katagori yang harus sobat wow pilih, katagori tersebut diantaranya:
  • Katagori Umum
    Katagori umum ini diujikan untuk semua jurusan baik SAINTEK maupun SOSHUM. Mata pelajaran yang diujikan disini sifatnya umum atau dipelajari disemua jurusan tetapi ada tambahan Tes Potensi Akademik yang tidak pernah dipelajari ketika di SMA. Beberapa mata pelajaran yang diujikan antara lain: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik. Masing-masing mata pelajaran memiliki 15 soal pengujian. Dan biasanya soalnya random (acak). Dalam soal tersebut biasanya ada beberapa jebakan batman yang perlu sobat wow waspadai terutama pada soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Katagori SAINTEK (Sains dan Teknologi) / IPA
    Dalam katagori SAINTEK ini soal yang diujikan adalah soal mata pelajaran di jurusan IPA / MIPA / MIA. Seperti kimia, Fisika, Biologi dan Matematika IPA. Sehingga yang diujikan untuk katagori IPA ada 8 mata pelajaran sebagai berikut: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik, Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika IPA. Lalu apa sih bedanya Matematika Dasar dengan Matematika IPA, kan sama-sama Matematika? Eits meskipun sama-sama Matematika namun BAB yang diujikan berbeda sobat. Matematika IPA ini memiliki beberapa BAB yang khusus di pelajari oleh anak IPA bahkan lebih mendalami lagi matematikanya dibandingkan Matematika Dasar.
  • Katagori SOSHUM (Sosial Humaniora) / IPS
    Dalam katagori SOSHUM ini soal yang diujikan adalah soal mata pelajaran di jurusan IPS / IIS. Seperti Ekonomi, Sosiologi, Geografi tetapi dikarenakan jurusan ini hanya memiliki tiga mata pelajaran saja maka ditambahkan mapel Sejarah dikatagori IPS untuk soal penjurusannya. Sedangkan untuk soal Tes kemampuannya masih sama dengan jurusan IPA yakni Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik. Lalu yang dipelajari dalam Sejarah apa donk? Yang dipelajari dalam sejarah adalah mendalami lagi tentang mata pelajaran Sejarah waktu SMA dulu. Bahkan soal-soalnya yang diujikan memiliki jawaban yang hampir memiliki kemiripan sobat. Untuk itu, di soal sejarah inilah banyak sekali siswa yang salah menjawab soal-soal SBMPTN.
  • IPC
    IPC diperuntukkan buat sobat wow yang memiliki pilihan jurusan dibeda katagori misalnya pilihan pertama sobat wow Psikologi UNS yang diperuntukkan untuk SAINTEK dan pilihan kedua sobat wow Psikologi UNDIP (SOSHUM) oleh sebab itu sobat wow harus memilih soal-soal SBMPTN di IPC (Campuran). Yang dipelajari disini mata pelajarannya adalah mata pelajaran di jurusan IPA dan IPS seperti Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Matematika IPA dll. Untuk pembagian soalnya aku kurang tahu sebab aku sendiri belum pernah mencoba tes soal-soal IPC.
Demikian tadi beberapa mata pelajaran yang diujikan di SBMPTN semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat wow semuanya. Jangan mudah menyerah dan teruslah berjuang demi kursi PTN yang sobat wow idam-idamkan. Dan Takdir ada ditangan Tuhan seberapa hebat kita berusaha tetapi kalau Tuhan berkata lain itu bukanlah rezeki kita. Sudah banyak sekali buktinya. Tetapi jangan mudah menyerah sebelum berperang, dan teruslah berusaha dan berdoa akan kita diberikan kemudahan dalam menjawab soal SBMPTN 2018. Semangat berjuang adik-adikku angkatan 2016, 2017, dan 2018 yang akan berjuang di kursi SBMPTN 2018.



0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger