Tuesday 30 January 2018

Ini Dia Peringkat 8 Besar Perguruan Tinggi Versi UniRank 2018

Wowitukeren – UniRank yang dulu bernama 4Icu (4 International Collages & Universities) merupakan salah satu lembaga pemeringkatan terbaik di Dunia. Tidak seperti pada pemeringkatan lainnya yang mengedepankan sisi akademik tetapi UniRank menilai berdasarkan trafik website perguruan tinggi tersebut mulai dari jumlah visitor, konten website dll.

Gadjah Mada University, Yogyakarta
UGM begitulah sapaannya, merupakan universitas yang cukup tua di Indonesia yang berdiri sejak 1949. Universitas yang letaknya di Caturtunggal, Sleman Yogyakarta ini telah lama menjadi incaran setiap siswa di Indonesia. Dengan menawarkan sekitar 100 Program studi yang dapat sobat wow pilih. Konon katanya kampus UGM merupakan kampus yang memiliki program studi terbanyak di Indonesia loh. Alumni penting dari kampus UGM diantaranya Anies Baswedan, Joko Widodo, Retno Marsudi, Ganjar Pranowo dll. Maka tak heran tuh kalau lulusan kampus UGM menjadi primadona di Indonesia.

University of Indonesia, Depok
Perguruan tinggi yang berdiri tahun 1849 ini merupakan kampus tertuanya Indonesia. Universitas Indonesia memiliki sejarah panjang dalam pembangunannya ini, yang dimana dulu kampus UI berdiri pada saat periode pemerintahan Hindia-Belanda di Indonesia. Kampus UI pun merupakan kampus tempat kuliahnya orang-orang Belanda pada saat itu. Sebenarnya UI memiliki banyak sekali kampus yakni Kampus Pertanian Bogor (sekarang IPB), Kampus Teknologi Bandung (Sekarang ITB), Kampus Hasanuddin (sekarang UNHAS), Kampus Salemba (kampus lama) dan kampus Depok (Kampus baru). Hampir semua perkuliahan di UI dilaksanakan di kampus Depok tetapi tidak menutup kemungkinan juga kampus di Salemba UI tidak kalah sepi kok dengan yang berada di Depok.

Yogyakarta State University, Yogyakarta
Siapa sih yang tidak kenal dengan UNY (Universitas Negeri Yogyakarta)? Kampus ini letaknya berdekatan sekali dengan kampus UGM. Kampus yang satu ini memiliki beberapa fakultas unggul loh seperti FMIPA, FIP, dan Fakultas Teknik.

Brawijaya University, Malang
Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas terbaik dengan lambangnya yang terdapat gambar arca Raden Wijaya berwarna kuning emas, sebagai penjelmaan Dewa Wisnu yang bertangan empat. Raden Wijaya merupakan Raja pendiri kerajaan Majapahit pada masa akhir tahun 1200 an. Diharapkan para mahasiswa Indonesia bisa seperti sosok Raden Wijaya. Universitas Brawijaya hingga saat ini telah memiliki lebih dari 59.000 mahasiswa.

Bogor Agriculture Institute, Bogor
Pada awalnya IPB merupakan fakultas pertanian pada Universitas Indonesia dan akhirnya diresmikan sebagai universitas mandiri pada tahun 1963. Institute Pertanian Bogor memilki sederet alumni penting seperti Penulis legendaris Indonesia Marah Rusli, Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur Jambi Zumi Zola hingga penulis kenamaan Asma Nadia. Kamu mau jadi salah satu alumninya juga?

Diponogoro University, Semarang
Universitas yang berdiri pada tahun 1957 ini mengangkat motto "An Excellent Research University". Seperti mottonya yang penuh semangat, Nama dari universitas ini juga terinspirasi dari Nama pahlawan yang semangatnya selalu berkobar yaitu Pangeran Diponegoro. Universitas ini memiliki skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Indonesia berlaku dari tahun 2013.

Sebelas Maret University, Surakarta
Universitas ini memiliki motto dalam bahasa jawa 'Mangesthi Luhur Ambangung Nagara' yang berarti memiliki cita-cita yang luhur untuk membangun negara. Tidak heran jika kamu Akan diharapkan menjadi mahasiswa dan calon-calon generasi bangsa yang Akan mewujudkan cita-cita tersebut. Universitas ini memiliki setidaknya 10 fakultas populer diantaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan lainnya.

Sumatera Utara University, Medan
Jika peringkat satu hingga peringkat tujuh diatas didominasi oleh universitas populer di Pulau Jawa, maka peringkat delapan diduduki oleh Universitas Sumatera Utara yang mendominasi Pulau Sumatera. Universitas yang terletak di Medan Baru, Kota Medan ini juga merupakan universitas pertama di Pulau Sumatera yang memiliki Fakultas Kedokteran. Wah, hebat ya!


Sementara itu peringkat ke sembilan hingga ke lima belas secara berurut diduduki oleh Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Lampung, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Bina Nusantara.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger