Monday 22 January 2018

CPNS 2018 - Informasi yang Akurat Penerimaan CPNS, Waktu Pembukaan dan Syaratnya

LiputanPendidik -- Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh....Bapak/Ibu yang sama-sama berbahagia dimanapun anda berada, salam hangat dan kompak selalu untuk kita semua, jumpa lagi dengan kami pada situs informasi Pendidikan, Guru, PNS & Honorer menyajikan informasi terupdate tentang CPNS 2018 - Informasi yang Akurat Penerimaan CPNS, Waktu Pembukaan dan Syaratnya. simak informasi selengkapnya dibawah ini...


Bagi anda fresh graduate yang berminat untuk menjadi pegawai negeri sipil, bersiaplah.

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berpotensi besar dibuka lagi tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RIm Asman Abnur mengungkapkan bahwa kementeriannya sudah menerima usulan CPNS 2018 dari berbagai Kementerian.

"Sesuai dengan usulan-usulan dari kementerian dan lembaga sedang kami proses" ujarnya di Kantor Kemenkopolhukam Polhukam, Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Kementerian PAN-RB, kata Asman, juga sedang menghitung kemampuan pemerintah dari sisi keuangan.

Sebab penambahan pegawai akan berimplikasi kepada peningkatan anggaran kementerian atau lembaga.

Selain itu, pemerintah juga memperhitungkan jumlah kebutuhan penerimaan CPNS dengan jumlah PNS yang akan pensiun dalam waktu dekat.

Menpan-RB mengatakan bahwa kementeriannya akan segera menggelar rapat dengan berbagai kementerian atau lembaga lainnya untuk mengambil keputusan terkait penerimaan CPNS 2018.

"Mungkin dalam waktu dekat (akan ada keputusan)," kata Asman.

5 Informasi Penting

Pada media sosial, berseliweran informasi soal penerimaan CPNS 2018.

Dikabarkan jika tahan penerimaan CPNS mulai Februari.

Namun, hal tersebut dibantah Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.

BKN dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Keme-PAN RB) RI hingga belum menetapkan secara resmi jadwal dimulainya tahapan penerimaan.

Pemerintah daerah pun masih dalam tahap mengusulkan formasi untuk disetujui.

"Kami sampaikan bahwa pemerintah belum mengeluarkan pengumuman penerimaan CPNS secara resmi. Masyarakat diminta untuk selektif dalam menerima informasi dan silakan lihat pengumuman resmi hanya melalui situs bkn.go.id dan menpan.go.id," demikian siaran pers BKN tertanggal Rabu (10/1/2018).

Terkait dengan rencana penerimaan CPNS, BKN telah mengevaluasi pelaksanaan seleksi CPNS 2017 dan berkomitmen untuk melakukan sejumlah perbaikan, di antaranya.

Perbaikan tersebut, di antaranya:
  1. Perbaikan SOP pelaksanaan SKD dengan Computer Assisted Test (CAT), termasuk peningkatan kualitas perangkat lunak sistem CAT BKN.
  2. Ekstensifikasi lokasi SKD CAT BKN dengan cara penambahan 5 UPT BKN, yakni Ambon, Pontianak, Bengkulu, Sorong, dan Palu.
  3. Upgrading kapasitas website Sistem Seleksi CPNS Nasional sscn.bkn.go.id.
  4. BKN menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Daerah dan pihak lain jika jumlah peserta SKD melebihi kapasitas yang dapat dikelola BKN Pusat, Kantor Regional (Kanreg), dan UPT BKN.
  5. Penyebarluasan informasi dan interaksi publik melalui berbagai kanal,web, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube), e-mail, help desk, dll.
CPNS 2018, BKN Regional IV Makassar Imbau Masyarakat Tak Percaya Calo

Pemerintah sampai saat ini belum mengeluarkan agenda penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2018.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar Sayadi, Rabu (17/1/2017) saat di konfirmasi melalui via telepon.

"Sampai saat ini, belum ada penerimaan CPNS. Untuk kuota berapa yang di butuhkan daerah juga belum sampai kepada kami, padahal ketentuan sebelum dibuka pendaftaran pemda harus menyetor data PNS yang dibutuhkan," katanya.

Menurutnya usulan kuota untuk daerah harus diusul oleh Bupati atau Walikota setempat.

Namun, hingga saat ini belum ada usulan dari Walikota dan Bupati untuk kuota yang dibutuhkan.

Agar tidak terkena tipu oleh oknum yang tak bertanggung jawab, Sayadi meminta kepada masyarakat khususnya di Sulsel untuk tidak percaya dengan oknum atau kabar penerimaan melalui website yang tidak jelas.

Hal itu agar tidak menimbulkan korban kepada calon pelamar CPNS.

"Penerimaan ini kerab dimanfaatkan oleh oknum untuk meraup untung, dan merugikan calon pendftar olehnya kami harap jangan percaya jika ada pihak yang mengaku mampu mengurusi seseorang untuk jadi PNS. Jadi jangan percaya calo," ujar Sayadi.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menjanjikan akan membuka formasi penerimaan CPNS tahun 2018, khusus penempatan pemerintah daerah.

Hanya saja hingga saat ini, pemerintah pusat belum mengeluarkan formasi rekruitmen CPNS 2018.


Berbeda dengan tahun 2017, pemerintah pusat membuka pendaftaran CPNS khusus penempatan kementrian atau lembaga vertikal yang berpusat di jakarta.

Halaman Selanjutnya >>  2  
--------------------------------------

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger