Studi Industri Perjalanan (SIP) - S1
Profil Lulusan
Peneliti, Akademisi, Birokrat, Teknokrat dan Konsultan dalam bidang Industri Perjalanan
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 145 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)
Tujuan
- Mengembangkan pariwisata sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
- Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi cabang organisasi perjalanan yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.
Sasaran
- Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang organisasi perjalanan dalam konteks industri perjalanan wisata.
- Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan poduk wisata & pelayanan, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk pariwisata, dan tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan pariwisata (tingkat lokal, regional dan nasional) dengan mengacu pada konsep pembangunan berkelanjutan di industri perjalanan.
- Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi di industri perjalanan.
- Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.
Kompetensi
- Bertindak dan berprilaku sesuai dengan nilai dan etika bangsa indonesia.
- Memiliki kemampuan berfikir kritis dalam menemukenali permasalahan di industri perjalanan wisata.
- Memiliki kemampuan merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang pariwisata khususnya Industri Perjalanan Wisata.
- Memiliki kemampuan menelaah filsafat ilmu pariwisata, khususnya industri perjalanan wisata.
- Memiliki kemampuan menguraikan sistem industri perjalanan wisata.
- Memiliki kemampuan memecahkan permasalahan di industri perjalanan wisata melalui analisis kreatif.
- Memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai organisasi industri perjalanan wisata
- Memiliki kemampuan bertindak dan berprilaku sesuai etika bisnis industri perjalanan wisata.
- Memiliki kemampuan menyusun konsepsi strategis Industri Perjalanan Wisata.
- Memiliki kemampuan merencanakan, menyusun, dan memantau pelaksanaan yang terkait dengan kebijakan bidang Industri Perjalanan Wisata.
- Memiliki kemampuan mengevaluasi aspek pengelolaan dan tata kerja Industri Perjalanan Wisata.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!