Thursday 2 November 2017

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Wowitukeren – Buat sobat wow yang masih binggung bagaimana cara mendapatkan beasiswa pasti akan berpikir seribu keliling untuk berusaha mendapatkannya. Ada banyak sekali beasiswa yang bersebaran tetapi syarat utamanya yakni rekomendasi dari professor atau atasan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut gue mau kasih tahu kepada sobat wow cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa sebagai syarat utama kita mengajukan beasiswa S2/pascasarjana ke luar negeri maupun dalam negeri. Sebelum mengetahui cara memperolehnya alangkah lebih baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu jensi-jenis dari surat rekomendasi agar kita tidak salah dalam memilih surat sebagai syarat utama pengajuan beasiswanya, berikut ini jenis-jenis surat rekomendasinya sobat:

1.    Employment Recommendation
Surat rekomendasi jenis ini diberikan oleh atasan atau sepervisor langsung yang melakukan penilaian atas kinerja sobat wow di perusahaan atau institusi yang bersangkutan. Jika dilihat dari namanya, surat rekomendasi yang satu ini diberikan bagi sobat wow yang sudah memiliki pengalaman perkerjaan.
2.  Academic Recommendation
Jenis surat rekomendasi yang kedua ini biasanya diberikan oleh guru atau dosen kepada siswa dan mahasiswanya. Yang dimana dosen tersebut menilai kemampuan akademis dan/atau non-akademis sobat wow selama mengikuti kegiatan perkuliahan atau pembelajaran di Institusi pendidikan atau perguruan tinggi yang bersangkutan. Pada surat rekomendasi ini, tidak hanya kemampuan akademis saja yang direkomendasikan, namun bentuk kreativitas lain seperti keaktifan di organisasi, keaktifan mengikuti program kewirausahaan juga dapat dimasukkan dalam pemberian point rekomendasi.
3.  Character Reference
Surat rekomendasi jenis ini biasanya diberikan oleh individu tertentu yang merupakan tokoh terkenal, kerabat, atau teman terdekat yang mempunyai hubungan personal terhadap sobat wow. Misalnya saja sobat wow pernah menjadi aktivis seorang tokoh terkenal, beliau sangat suka dengan kinerja sobat wow. Nah disini sobat wow tinggal minta saja surat rekomendasi dari beliau.
Setelah mengetahui jenis-jenis surat rekomendasi berikut ini gue kasih tips memilih orang yang sobat wow percayai untuk memberikan surat rekomendasinya:
1.    Si pemberi referensi harus dapat menuliskan surat rekomendasi tentang diri sobat wow dengan baik dan mudah dipahami.
2.   Si pemeberi referensi memiliki pengalaman dalam menuliskan surat rekomendasi.
3.   Si pemeberi referensi mengetahui pekerjaan sobat wow dengan baik.
4.   Si pemeberi referensi mengetahui sobat wow secara personal sehingga dapat memasukkan hal-hal yang sifatnya personal kedalam surat tersebut.
5.   Si pemeberi referensi menduduki jabatan yang strategis (tertinggi) atau sangat relevan dengan pekerjaannya.
Setelah menentukan orang yang akan dijadikan pemberi referensi, kini saatnya kita mengetahui cara mempersiapkan surat rekomendasinya, langsung saja ini dia cara mempersiapkan surat rekomendasi:
1.    Berikan perkenalan pembuka mengenai siapa sobat wow sebenarnya, jurusan sobat wow, lulus atau angkatan tahun berapa, serta pengantar lainnya.
2.   Siapkan CV, Ijazah, Transkip Nilai, serta Abstraksi Skripsi atau Tesis sobat wow.
3.   Siapkan diri sobat wow untuk memberikan penjelasan mengapa sobat wow memerlukan sebuah surat rekomendasi tersebut. Jika perlu, buatkan pointer mengenai alasan mengapa meminta surat rekomendasi.
4.   Siapkan hal-hal yang mendasar terkait dengan bidang studi yang sobat wow geluti sebelumnya dan bidang studi yang akan sobat wow pilih sekarang. Ada kalanya dosen sobat wow akan mencoba untuk mengetes kemampuan sobat sebelum memberikan rekomendasinya.
5.   Jika dosen tersebut terlihat sangat sibuk, tidak ada salahnya jika sobat wow menawarkan diri untuk mengonsepkan surat rekomendasi tersebut sehingga dosen tersebut hanya tinggal menandatanganinya. Tapi ingat tips yang terakhir ini diperlukan dalam keadaan mendesak saja.

Demikian tadi tips memperoleh surat rekomendasi, semoga bermanfaat buat sobat wow.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger