Tuesday 21 November 2017

PERMASALAHAN KEPENDUDUKAN DI INDONESIA


Penduduk bagi sebuah negara merupakan dua mata koin. Hal itu berarti, penduduk bagi sebuah negara, bisa menjadi hal yang menguntungkan, namun bisa menjadi hal yang memberatkan atau bahkan menjadi masalah untuk negara tersebut.

Dalam kasus ini sebagai contoh adalah jumlah penduduk yang besar. Dengan jumlah penduduk yang besar, bisa menjadi keuntungan untuk sebuah negara, namun bisa juga menjadi sebuah masalah yang harus diselesaikan oleh negara. Kapankah jumlah penduduk yang besar dapat menjadi hal yang menguntungkan bagi sebuah negara? Ketika penduduk dalam jumlah yang besar tersebut memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik, bahkan memiliki kualitas sumber daya yang unggul. Namun sebaliknya, jumlah penduduk yang besar, bisa menjadi sebuah masalah bagi sebuah negara, ketika jumlah tersebut hanya besar di kuantitasnya, tanpa diikuti oleh kualitas penduduk, seperti tingakt pendidikan dan kesehatan penduduk. Jadi. Ketika jumlah penduduk yang besar tersebut memiliki tingkat sumber daya manusia yang rendah, maka bisa menjadi sebuah masalah bagi negara.

Membahas tentang masalah suatu negara yang berkaitan dengan kependudukan, mari kita bahas permasalahan kependudukan yang ada di Indonesia.
Secara garis besar, kita tahu, bahwa Negara Indonesia merupakan negara terbesar ke empat setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Dengan jumlah penduduk yang besar tersebut, Negara Indonesia memiliki sejumlah permasalahan yang antara lain yaitu:

1.      Permasalahan penduduk yang berkaitan dengan kuantitas

a.      Jumlah penduduk yang besar
Jumlah penduduk yang besar bermanfaat dalam penyediaan tenaga kerja dan dan pertahanan keutuhan negara dari ancaman negara lain. Namun, jumlah penduduk yang besar tersebut, menjadikan pemerintah harus menghadapi permasalah terkait jaminan terpehinya kebutuhan hidup dan penyediaan lapangan kerja.
b.     Pertumbuhan penduduk yang cepat
Pertumbuhan penduduk yang cepat merefleksikan bahwa banyak kelahiran yang terjadi. Hal ini memungkinkan di dalam satu keluarga terdapat banyak anak yang dimiliki. Keluarga berencana merupakan salah satu program yang ditawarkan oleh pemerintah untuk menekan laju pertambahan penduduk.
c.      Persebaran Penduduk tidak merata
Pulau di Indonesia yang memiliki kepadatan penduduk paling tinggi adalah Jawa. Padalah, apabila luas Jawa dibandingkan dengan luas Indonesia, hanyalah sekitar 7% dengan jumlah penduduk 60% berada di Jawa. Hal tersebut menyebabkan luas lahan pertanian di Jawa semakin sempit. Selain itu, daya dukung lingkungan di Pulau Jawa juga semakin berkurang. Padahal, di luar Pulau Jawa, masih banyak lahan yang belum tergarap dengan baik dan daya dukung lingkungannya pun sangat mampu untuk menjadi tempat tinggal oleh penduduk.

2.      Permasalahan penduduk yang berkaitan dengan kualitas
a.      Angka harapan hidup yang masih rendah
Semakin berkembangnya zaman, tingkat kesehatan di Indonesia menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih baik. Namun, dengan kesehatan yang sudah lumayan membaik tersebut, angka harapan hidup di Indonesia masih tergolong rendah. Hal itu disebabkan karena angka harapan hidup menunjukkan bagaimana tingkat kesehatan penduduk yang tinggi.
b.     Tingkat pendidikan yang rendah
Untuk mengukur kualitas penduduk lewat pendidikan, sebenarnya tidak hanya berkaitan dengan lulusan terakhir penduduk bersekolah atau menempuh perkuliahan. Namun juga berkaitan dengan produktivitas dari penduduk tersebut.
c.      Tingkat kemakmuran yang rendah
Indonesia memang tidak tergolong ke dalam negara miskin. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang hidup pada garis kemiskinan.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger