Sunday 26 November 2017

Kamu Mahasiswa Airlangga? Kamu Wajib Baca Fakta Unik UNAIR ini!


Wowitukeren – Sebagai salah satu pilar penyangga pendidikan tinggi di Jawa Timur khususnya di Surabaya. Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan salah satu kampus yang paling bagus dan terbaik untuk melanjutkan studi kejenjang perguruan tinggi. Selain terkenal dengan julukan UNAIR kampus yang letaknya di Surabaya inipun juga memiliki fakta unik yang hanya ada dikampus Airlangga. Nah seperti apakah faktanya, mungkin sobat wow sudah pada penasarankan? Oke tanpa menunngu waktu lama ini dia fakta unik Universitas Airlangga yang perlu sobat wow ketahui:

1.    Diresmikan Pada Hari Pahlawan Ke-9
Fakta unik pertama tentang kampus Airlangga, yakni peresmiannya yang dilakukan pada tanggal 10 November 1965 oleh Presiden NKRI saat itu.
2.   Namanya Diambil dari Nama Raja di Jawa Timur
Hampir semua perguruan tinggi negeri di Indonesia mengambil nama dari pahlawan dan raja-raja seperti Universitas Padjajaran yang mengambil nama kerajaan. Universitas Gadjah Mada. Dan tak ketinggalan pula Universitas Airlangga. Namun darimanakah nama Airlangga tersebut, jangan sobat wow pikir airlangga diambil dari nama salah satu percetakan buku di Indonesia. Nama Airlangga sendiri diambli dari nama raja di daerah Jawa timur yakni Rakar Galu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikaramattungadewa atau lebih dikenal prabu Airlangga.
3.   Pertama Kali didirikan Hanya Memiliki 5 Fakultas
Yups benar sekali sobat wow, pada awalnya kampus UNAIR hanya memiliki 5 Fakultas. Fakultas tersebut antara lain Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Sastra, FKIP yang saat ini telah berubah menjadi perguruan tinggi sendiri yakni Universitas Negeri Malang.
4.   Memiliki 13 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, dan 127 program studi.
5.   Masuk dalam Top 5 University in Indonesia
Bersama dengan Universitas besar lainnya, kampus UNAIR selalu masuk di Top 5 University in Indonesia berdasarkan beberapa lembaga survey terpercaya. Selain itu kampus yang satu ini juga satu-satunya kampus di Jawa Timur yang berhasil menduduki peringkat top 5 University in Indonesia berjajar bersama kampus UI, ITB, UGM, dan jugaIPB.
6.   Prinsip “Excellence With Morality
7.   Memiliki Tiga Kampus
Universitas Airlangga memiliki tiga kampus untuk menunjang pendidikan tinggi di Indonesia. UNAIR memiliki tiga kampus yakni kampus A, B dan Kampus C.
8.   Mini Busnya Unik
UI memiliki Bis dengan nama BIKUN (Bis Kuning) tetapi UNAIR juga tidak mau kalah sobat. Kampus UNAIR menamakan Bis kampusnya dengan FLASH (Fast Local Area Shuttle) yang dimana bis ini biasanya beroperasi dan mengantarkan mahasiswa dari kampus A, B dan kampus C yang letaknya berjauhan.
9.   Memiliki Rs yang Bagus
Sebagai kampus yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, Universitas Airlangga tidak mau kalah sobat untuk terus meningkatkan kualitasnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Rumah Sakit Pendidikan yang didirikan untuk Praktikum kedokteran dan mahasiswa Universitas Airlangga.

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger