Sunday, 21 January 2018

RPP BAHASA INDONESIA SMP/MTs. KURIKULUM 2006 KELAS IX/2 KD 11.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
: SMP/MTs.
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IX/2
Alokasi Waktu
: 2  X  40 menit (1 pertemuan)



A.    Standar Kompetensi

11.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif dan

 membaca cepat


B.     Kompetensi Dasar

11.1      Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif


C.     Indikator penapaian Kompetensi Dasar

1.      Mampu menemukan gagasan pokok dari artikel

2.      Mampu menulis rangkuman isi bacaan


D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menemukan gagasan pokok dari beberapa artikel/ buku.

2.      Siswa dapat menulis rangkuman isi bacaan


E.     PBKB

1.      Teliti

2.      Keingintahuan

3.      Bertanggung Jawab


F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Teliti

a.       Cermat dalam menemukan gagasan pokok

b.      Serius dan tidak menyepelakan hal-hal kecil

c.       Menyelesaikan tugas dengan hati-hati

2.      Keingintahuan

a.       Menunjukkan intensitas dan efektivitas dalam menemukan gagasan pokok

b.      Bersungguh-sungguh dalam memperhatikan masalah

3.      Bertanggung Jawab

a.       Ulet dalam memahami teks bacaan

b.      Konsisten dalam menyelesaikan tugas


G.    Materi Pembelajaran

Membaca wacana

1.      Cara menemukan gagasan pokok artikel

2.      Penulisan rangkuman isi bacaan
        

H.    Model /Metode Pembelajaran

1.      Model Pembelajaran            : Student Facilitator and explaining   

2.      Metode Pembelajaran          : Tanya jawab, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan


I.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Rincian Kegiatan
Metode
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa.
2.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif.
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.      Guru memberikan motivasi kepada siswa agar terbiasa membaca beberapa artikel.
Tanya jawab
10  menit
Inti

Eksplorasi
1.      Siswa membaca artikel/buku.
2.      Siswa dan guru bertanya jawab tentang gagasan pokok dalam artikel/buku.

Elaborasi
3.      Siswa mencari gagasank  pokok dalam artikel/buku.
4.      Siswa menyusun gagasan pokok yang telah ditemukan
5.      Siswa membuat rangkuman isi bacaan

Konfirmasi
6.      Siswa menilai hasil kerja teman.
7.      Siswa dan guru membuat simpulan.
Inkuiri


Diskusi
Demonstrasi

Penugasan

60 menit
Penutup
1.      Guru dengan siswa melakukan refleksi.
2.      Guru menugasi siswa untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dari sebuah artikel.
3.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Penugasan

10 menit


J.       Kegiatan di Luar Tatap Muka

1.      Penugasan Terstruktur

Siswa membaca artikel  dari beberapa koran dan menulis gagasan penting.
Waktu: 1 minggu


2.      Kegiatan Mandiri tidak Terstruktur


Siswa membaca buku yang dipinjam di perpustakaan dan mencatat gagasan pentingnya.
Waktu:
Kesepakatan guru dan siswa

K.    Penilaian

a.    Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.     Siswa dapat menemukan gagasan dari artikel;
2.     Siswa dapat menemukan gagasan dari buku;

Tes Tertulis
Tes Uraian


Soal/Instrumen :

1.      Tulislah gagasan yang terdapat di dalam artikel/buku yang kamu baca!


Pedoman Penskoran


No.
Kegiatan
Skor
1
2
3
Ø  Siswa menuliskan gagasan pokok dengan benar
Ø  Siswa menuliskan gagasan pokok tetapi salah
Ø  Siswa tidak menuliskan apa-apa
5
3
0


2. Susun gagasan yang kamu temukan menjadi rangkuman isi bacaan!

Pedoman Penskoran


No.
Kegiatan
Skor
1
2
3
Ø  Siswa menulisrangkuman dengan benar
Ø  Siswa menulisrangkuman, tetapi salah
Ø  Siswa tidak menuliskan apa-apa
5
3
0


       Skor maksimal

No. 1) = 5

No. 2) =5

Jumlah = 10


Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100



SkorPerolehan


Nilai Akhir
=
--------------------
x
Skor Ideal (100)


Skor Maksimal



b.      Pengamatan   selama proses pembelajaran untuk penilaian PBKB


No
Pencapaian Penilaian PBKB
PBKB
Skor
Teliti
Keingintahuan
Tanggung Jawab
1
MK (membudaya)
4
4
4
12
2
MB (mulai berkembang)
3
3
3
9
3
MT (mulai terlihat)
2
2
2
6
4
BT(belum terlihat)
1
1
1
3

Skor Maksimal
4
4
4
12


L.     Alat, Sumber, Media Pembelajaran

1.   Alat:    Papan tulis, spidol

2.   Sumber:  

· Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .

·   Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri)  Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga.  halaman ... .

3. Media: artikel/teks nonsastra


                                                                                    ..............., ............ 2018

Mengetahui    

Kepala Sekolah,                                              Guru Mata Pelajaran,




..............                                                          .........................................................

..........                                                              ..........


0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger