Monday, 29 January 2018

MENENTUKAN MAKNA KATA/ISTILAH PADA TEKS: SERI MATERI USBN SD DILENGKAPI SOAL DAN KUNCI JAWABAN



MENENTUKAN MAKNA KATA/ISTILAH PADA TEKS
Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah)
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal USBN adalah makna kata leksikal. Makna kata leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Paragraf disusun menggunakan kalimat-kalimat yang saling berkaitan. Kalimat dalam setiap paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut memiliki makna atau arti. Oleh karena itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih agar mampu menyampaikan maksud penulis.
Kesalahan penggunaan kata-kata atai istilah akan menimbulkan penafsiran berbeda. Kata-kata atau istilah yang digunakan dapat berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata yang bermakna konotasi dan denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah berhubungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, serta keadaan, atau sifat di bidang tertentu.

Contoh soal dan kunci jawaban materi menentukan makna kata/istilah pada teks.

1.      SD Program Khusus akan berulang tahun. Kepala Sekolah meminta seluruh siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah. Siswa diharap membawa alat kebersihan seperti sapu lidi, sapu ijuk, kemoceng, dan kain pel. Setiap siswa harus berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 

Makna kata bergaris bawah di dalam paragraf tersebut yaitu ....
A. merencanakan jadwal kegiatan
B. ikut serta dalam kegiatan
C. mengawasi jalannya kegiatan
D. menilai jalannya kegiatan

2.      Tidur merupakan kebutuhan manusia. Saat tidur, seluruh anggota tubuh beristirahat. Mengistirahatkan tubuh dari berbagai macam aktivitas idealnya memerlukan waktu sebanyak delapan jam. Tidur yang baik dilakukan pada pukul 21.00–22.00. Keesokan harinya, kita juga sebaiknya bangun tidur pada pagi hari sekitar pukul 05.00. Kebiasaan tidur secara teratur dapat menyehatkan dan menyegarkan badan. Hal itu disebabkan saat malam kita segera mengistirahatkan tubuh dan saat bangun pagi kita dapat menghirup udara segar dan bersih yang baik untuk pernapasan.
Makna kata aktivitas dalam paragraf tersebut adalah . . . .
A. rutinitas yang dilakukan secara terus-menerus setiap waktu
B. mudah beraksi dan bereaksi
C. giat melaksanakan tugas
D. kegiatan yang dilakukan

3.      Bank BRI  memberikan pinjaman modal dengan bunga rendah kepada para pedagang kaki  lima (PKL) .Hal ini disambut baik oleh para PKL . Adapun alasan Bank BRI meminjamkan modal tersebut adalah agar PKL mampu mengembangkan  usahanya sekaligus memiliki warung tetap.

Istilah bunga rendah dalam paragrap di atas memiliki arti… .
A.   Keuntungan yang diperoleh orang yang meminjam
B.    Jumlah keseluruhan peminjam  yang harus dibayarkan
C.    Kerugian yang diperoleh oleh pihak yang meminjamkan
D.   Biaya tambahan ringan pada peminjam yang harus dibayarkan (http://www.websitependidikan.com)

BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2018: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks 

  1. menentukan antonim/sinonim

  1. menggali informasi tersurat teks

  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)

  1. menentukan ide pokok teks

  1. menggali informasi tersirat teks

  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks

  1. mengidentifikasi jenis teks

  1. memprediksi kejadian berdasarkan isi teks

  1. membandingkan isi teks

  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks

B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra
a. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra puisi 
b. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra drama
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh)
  1. Menentukan makna kata/simbol/kias
  1. Menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
  1. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
  1. Menentukan nilai-nilai cerita
  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita

C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa 
  1. Menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
  1. Menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
  1. Melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
  1. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
26.   Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf

D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
28.  menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
29.menggunakan ejaan 
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

BEDAH KISI-KISI USBN SD TAHUN 2018 BAHASA INDONESIA KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/01/bedah-kisi-kisi-usbn-sd-tahun-2018.html


0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger