RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah | : SMP/MTs. |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : IX/2 |
Alokasi Waktu | : 4 X 40 menit (1 pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentu karya ilmiah
sederhana, teks pidato, surat pembaca
B. Kompetensi Dasar
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
1. Mampu menentukan tema pidato
2. Mampu menyusun kerangka pidato
3. Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks pidato dengan memperhatikan sistematika yang baik
4. Mampu menyunting teks pidato yang ditulis
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan tema pidato
2. Siswa dapat menyusun kerangka pidato
3. Siswa dapat mengembangkan kerangka menjadi teks pidato dengan memperhatikan sistematika yang baik.
4. Siswa dapat menyunting teks pidato yang ditulis.
E. PBKB
1. Teliti
2. Mandiri
3. Tanggung Jawab
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Teliti
a. Menyelesaikan tugas dengan hati-hati
b. Ulet dalam menyelesaikan tugas
c. Serius dan tidak menyepelekan hal-hal kecil
2. Mandiri
a. Melakukan kegiatan dengan tidak bergantung pada orang lain
b. Menyelesaikan kegiatan tepat waktu tanpa bantuan orang lain
3. Tanggung Jawab
a. Dapat menyelesaikan tugas tepat waktu
b. Konsisten dalam mengerjakan tugas
G. Materi Pembelajaran
1. Tema pidato
2. Kerangka pidato
3. Mengembangkan kerangka menjadi teks pidato
4. Menyunting teks pidato
H. Model / Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
2. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, Pemodelan, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi,Penugasan
I. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Rincian Kegiatan | Metode | Waktu |
Pendahuluan | 1. Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa. 2. Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang teks pidato 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar terbiasa menulis teks pidato dengan bahasa yang baik . | Tanya jawab | 10 menit |
Inti | Eksplorasi 1. Guru dan Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan penulisan pidato. Elaborasi 2. Secara berkelompok siswa menentukan topik pidato 3. Secara berkelompok siswa menyusun kerangka pidato 4. Siswa mengembangkan kerangka pidato 5. Siswa melakukan penyuntingan. 6. Siswa menukar kerangka pidato yang telah disunting dengan temannya. Konfirmasi 7. Siswa melakukan penilaian. 8. Siswa memajang hasil karya di papan pajang. | Inkuiri Diskusi Demonstrasi Penugasan | 60 menit |
Penutup | 1. Guru dan siswa merefleksi. 2. Guru menugasi siswa untuk mendengarkan pidato/ceramah/khotbah dari tayangan televisi / siaran radio. 3. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | Penugasan | 10 menit |
J. Kegiatan di Luar Tatap Muka
1. Penugasan Terstruktur
Siswa menulis kerangka pidato dengan tema tertentu kemudian mengembangkanyna | Waktu: 1 minggu |
2. Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
Siswa membiasakan diri menulis teks pidato tentang kegiatan-kegiatan yang biasanya ada kampung. | Kesepakatan guru dan siswa |
K. Penilaian
a. Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar
Indikator Penilaian : | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen |
1.Siswa dapat menentukan tema pidato. 2.Siswa dapat menyusun kerangka pidato. 3.Siswa dapat mengembangkan kerangka pidato menjadi sebuah teks pidato. 4.Siswa dapat menyunting teks pidato. | Produk | - |
Soal/Instrumen:
1) Tentukan tema pidato!
2) Susunlah kerangka pidato!
3) Kembangkan kerangka yang sudah kamu susun menjadi sebuah pidato!
4) Suntinglah teks pidato temanmu!
Rubrik Menulis Teks Pidato
No | Aspek | Deskripsi | Skor |
1 2 3 4 5 | Tema Kerangka Isi Kalimat Ejaan dan tanda baca | Menarik dan aktual Kurang menarik/aktual Tidak menarik/aktual Sistematis Kurang sistematis Tidak sistematis Sesuai tema Kurang sesuai Tidak sesuai Komunikatif Kurang komuikatif Tidak komunikatif Semua benar 2 –3 kesalahan ≥ 4 kesalahan | 5 3 1 5 3 1 5 3 1 5 3 1 5 3 1 |
Skor maksimal | 25 |
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Skor Perolehan | ||||
Nilai Akhir | = | -------------------- | x | Skor Ideal (100) = . . . |
Skor Maksimal |
b. Pengamatan selama proses pembelajaran untuk penilaian PBKB
No | Pencapaian Penilaian PBKB | PBKB | Skor | ||
Teliti | Mandiri | Tanggung Jawab | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 4 | 12 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 3 | 9 |
3 | MT (mulai terlihat) | 2 | 2 | 2 | 6 |
4 | BT(belum terlihat) | 1 | 1 | 1 | 3 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 4 | 12 |
L. Alat, Sumber, Media Pembelajaran
1. Alat: Papan tulis, spidol
2. Sumber:
· Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .
· Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri) Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga. halaman ... .
.
3. Media: Teks pidato
..............., ............ 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
.............. .........................................................
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!