CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL OGN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA/SMK/SMALB
1. Hakikat bahasa
2. Fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional
3. Ragam-ragam bahasa
4. Variasi bahasa berdasarkan pemakainya
5. Variasi bahasa berdasarkan pemakaiannya
6. Pemerolehan dan pembelajaran bahasa
7. Pragmatik
8. Berbagai genre teks
9. Isi suatu teks
10. Fakta dan opini dalam suatu teks
11. Kelengkapan paragraf
12. Paragraf yang kohesif
13. Paragraf dan koheren
14. Berbagai pola pengembangan paragraf
15. Penggunaan EBI: Pemakaian huruf yang tepat
16. Penggunaan EBI: Penulisan kata yang tepat
17. Penggunaan EBI: Penggunaan tanda baca yang tepat
18. Penggunaan EBI: Penulisan unsur serapan yang tepat
19. Kalimat efektif azas kehematan
20. Kalimat efektif azas kepaduan
21. Kalimat efektif azas kesatuan gagasan
22. Kalimat efektif azas penalaran
23. Kalimat efektif azas kesejajaran
24. Kalimat efektif azas kevariasian
25. Kalimat efektif azas penekanan
26. Diksi, arti, dan definisi
27. Presentasi akademik, pidato, dan sambutan
28. Tata cara dan kesantunan wawancara
29. Jenis, tatacara, dan kesantunan diskusi
30. Pesan singkat dan surat
31. Keterampilan berbahasa: Membaca cepat
32. Keterampilan berbahasa: Membaca nyaring
33. Keterampilan berbahasa: membaca kritis
34. Keterampilan berbahasa: Menulis karya tulis 500 kata berdasarkan topiK yang telah ditentukan
35. Sejarah Sastra
36. Prosa: Cerpen
37. Prosa: Cerita Rakyat
38. Prosa: Novel
39. Puisi Lama
40. Puisi Baru
41. Drama
(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)
CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN
1. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.
2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.
4. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
5. Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.
(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!