CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL OGN 2018 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI
1. Konsep Manusia (Penciptaan Manusia, Insan dan Basyar)
2. Konsep Agama Islam
3. Konsep Aqidah
4. Al Qur’an dan Hadist sebagai dasar hukum Islam
5. Ijtihad dan penyelesaian problem hukum Islam
6. Konsep Ibadah dan
7. Konsep Muamalah
8. Akhlak dan Budi Pekerti
9. Konsep Pendidikan Islam
10. Sejarah Peradaban Islam masa klasik, modern, kontemporer
11. Islam dan Budaya Lokal.
12. Perbedaan Mazhab dan Penafsiran.
13. Kerukunan antar umat beragama
14. Gender dalam perspektif Islam
15. Hak Asasi Manusia dalam Islam
16. Radikalisme dalam Islam
17. Terorisme dan Jihad
18. Perkembangan IPTEKS dalam perspektif Islam
(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)
CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN
1. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.
2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.
4. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
5. Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.
(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!