KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) | |||||
Satuan Pendidikan | : SMA .... | ||||
Mata Pelajaran | : BAHASA INDONESIA | ||||
Kelas / Semester | : X MIPA/IIS/ 2 (GENAP) | ||||
Tahun Pelajaran | : 2017/ 2018 | ||||
KKM | : 65 | ||||
Kompetensi Inti | : | ||||
1. | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | ||||
2. | Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. | ||||
3. | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. | ||||
4. | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. | ||||
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | Kriteria Penentuan Ketuntasan | |||
Komplek sitas | Sarana pendukung | Intake siswa | |||
3.10. | Mengevaluasi pengajuan, pena waran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. | 65 | |||
3.10.1 Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.10.2 Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.10.3 Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EBI, dan penggunaan kalimat). | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.10. | Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. | 65 | |||
4.10.1 Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.10.2 Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.10.3 Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EBI, dan penggunaan kalimat). | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.12. | Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. | 65 | |||
3.12.1 Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.12.2 Melaksanakan debat. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.12.3 Mengevaluasi pelaksanaan debat. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.12. | Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, an simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. | 65 | |||
3.12.1 Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.12.2 Melaksanakan debat. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.12.3 Mengevaluasi pelaksanaan debat. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.14. | Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi. | 65 | |||
3.14.1 Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.14.2 Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.14.3 Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.14. | Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis tertulis | 65 | |||
4.14.1 Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.14.2 Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.14.3 Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.15. | Menganalisis aspek makna dan kebaha saan dalam teks biografi. | 65 | |||
3.15.1 Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.15.2 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.15.3 Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.15. | Menyusun teks biografi tokoh | 65 | |||
4.15.1 Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.15.2 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.15.3 Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.17. | Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat). | 65 | |||
3.17.1 Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/ tujuan/maksud (itention). dalam puisi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/ irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), tujuan/maksud (itention). | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.17.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
4.17. | Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat). | 65 | |||
4.17.1 Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/ tujuan/maksud (itention). dalam puisi. | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/ irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), tujuan/maksud (itention). | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.17.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis. | 65 | 66 | 64 | 65 | |
3.18. | Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca | 65 | |||
3.18.1. Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca | 65 | 64 | 66 | 65 | |
3.18.2. Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi | 65 | 64 | 66 | 65 | |
4.18. | Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. | 65 | |||
4.18.1 Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis | 65 | 64 | 66 | 65 | |
KKM SEMESTER 2 | 65 | ||||
Mengetahui, | Boyolali, Januari 2018 | ||||
Kepala SMA.... | Guru Mata Pelajaran | ||||
UNDUH KKM DI | |||||
Thursday, 11 January 2018
CONTOH KKM BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Label:
PEMBELAJARAN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!