Thursday, 11 January 2018

CONTOH KKM BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017-2018


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan Pendidikan : SMA ....
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas / Semester : X  MIPA/IIS/ 2 (GENAP)
Tahun Pelajaran : 2017/ 2018
KKM : 65
Kompetensi Inti    : 
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kriteria Penentuan Ketuntasan
Komplek sitas Sarana pendukung Intake siswa
3.10. Mengevaluasi pengajuan, pena waran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. 65
3.10.1   Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.  65 64 66 65
3.10.2   Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. 65 64 66 65
3.10.3   Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EBI, dan penggunaan kalimat). 65 66 64 65
4.10. Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. 65
4.10.1   Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.  65 64 66 65
4.10.2   Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. 65 66 64 65
4.10.3   Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EBI, dan penggunaan kalimat). 65 66 64 65
3.12. Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. 65
3.12.1 Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik 65 66 64 65
3.12.2 Melaksanakan debat. 65 66 64 65
3.12.3  Mengevaluasi pelaksanaan debat. 65 66 64 65
4.12. Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, an simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. 65
3.12.1 Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik 65 64 66 65
3.12.2 Melaksanakan debat. 65 64 66 65
3.12.3  Mengevaluasi pelaksanaan debat. 65 66 64 65
3.14. Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi. 65
3.14.1 Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. 65 66 64 65
3.14.2 Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi. 65 66 64 65
3.14.3 Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. 65 66 64 65
4.14. Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis
tertulis
65
4.14.1 Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. 65 64 66 65
4.14.2 Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi. 65 64 66 65
4.14.3 Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. 65 66 64 65
3.15. Menganalisis aspek makna dan kebaha saan dalam teks biografi. 65
3.15.1 Mendata  pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. 65 66 64 65
3.15.2 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) 65 66 64 65
3.15.3 Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman 65 66 64 65
4.15. Menyusun teks biografi tokoh 65
4.15.1 Mendata  pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. 65 64 66 65
4.15.2 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) 65 64 66 65
4.15.3 Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman 65 66 64 65
3.17. Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat). 65
3.17.1 Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/ tujuan/maksud (itention). dalam puisi. 65 64 66 65
3.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/ irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), tujuan/maksud (itention). 65 64 66 65
3.17.3 Mempresentasikan,  menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis. 65 66 64 65
4.17. Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat). 65
4.17.1 Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/ tujuan/maksud (itention). dalam puisi. 65 64 66 65
4.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/ irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), tujuan/maksud (itention). 65 64 66 65
4.17.3 Mempresentasikan,  menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis. 65 66 64 65
3.18. Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca 65
3.18.1. Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca 65 64 66 65
3.18.2. Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi  65 64 66 65
4.18. Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. 65
4.18.1 Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis 65 64 66 65
KKM SEMESTER 2 65
Mengetahui, Boyolali,  Januari 2018
Kepala SMA.... Guru Mata Pelajaran

UNDUH KKM DI 
SINI

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger