KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) |
| | | | | |
| Satuan Pendidikan | : SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
| Mata Pelajaran | : BAHASA INDONESIA | |
| Kelas / Semester | : XI MIPA/IIS/ 2 (GENAP) | |
| Tahun Pelajaran | : 2017/ 2018 | | | |
| KKM | : 75 | | | |
| | | | | |
| Kompetensi Inti | : | | | |
| | | | | |
1. | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
2. | Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
3. | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
4. | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. |
| | | | | |
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR | Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) | Kriteria Penentuan Ketuntasan |
Komplek sitas | Sarana pendukung | Intake siswa |
3.12. | Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca.
| 75 | | | |
| 3.12.1 Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.12.2 Menyunting proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.12.3 Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
4.12. | Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif.
| 75 | | | |
| 4.12.1 Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.12.2 Menyunting proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap. | 75 | 76 | 74 | 75 |
| 4.12.3 Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
3.13. | Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal. | 75 | | | |
| 3.13.1 Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal. | 75 | 76 | 74 | 75 |
| 3.13.2 Membuat proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhatikan isi dan kebahasaannya. | 75 | 76 | 74 | 75 |
| 3.13.3 Mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas | 75 | 76 | 74 | 75 |
4.13. | Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan. | 75 | | | |
| 4.13.1 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.13.1 Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.13.2 Membuat proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan memperhatikan isi dan kebahasaannya. | 75 | 76 | 74 | 75 |
3.14. | Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca.
| 75 | | | |
| 3.14.1 Menentukan informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. | 75 | 76 | 74 | 75 |
| 3.14.2 Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. | 75 | 76 | 74 | 75 |
| 3.14.3 Mempresentasikan menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
4.14. | Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah | 75 | | | |
| 4.14.1 Menentukan informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.14.2 Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.14.3 Mempresentasikan menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
3.15. | Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. | 75 | | | |
| 3.15.1 Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah. | 75 | 76 | 74 | 75 |
| 3.15.2 Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. | 75 | 76 | 74 | 75 |
| 3.15.3 Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
4.15. | Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan | 75 | | | |
| 3.15.1 Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.15.2 Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.15.3 Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
3.16. | Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi. | 75 | | | |
| 3.16.1 Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.16.2 Menyusun sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.16.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
4.16. | Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi. | 75 | | | |
| 4.16.1 Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.16.2 Menyusun sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.16.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
3.17. | Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda | 75 | | | |
| 3.17.1 Mengidentifikasi kebahasaan resensi. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.17.2 Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.17.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
4.17. | Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca. | 75 | | | |
| 4.17.1 Mengidentifikasi kebahasaan resensi. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.17.2 Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.17.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 76 | 74 | 75 |
3.18. | Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton. | 75 | | | |
| 3.18.1. Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.18.2. Memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.18.3. Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 74 | 76 | 75 |
4.18. | Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan. | 75 | | | |
| 4.18.1. Mendata alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.18.2. Memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.18.3. Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 74 | 76 | 75 |
3.19. | Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.
| 75 | | | |
| 3.19.1. Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.19.2. Merancang pementasan dan mendemonstrasikan drama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum, tata musik, dan sebagainya. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.19.3. Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain. | 75 | 74 | 76 | 75 |
4.19. | Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. | 75 | | | |
| 4.19.1. Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.19.2. Merancang pementasan dan mendemonstrasikan drama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum, tata musik, dan sebagainya. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.19.3. Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain. | 75 | 74 | 76 | 75 |
3.20. | Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca. | 75 | | | |
| 3.20.1. Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.20.2. Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 3.20.3. Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 74 | 76 | 75 |
4.20. | Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian. | 75 | | | |
| 4.20.1. Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.20.2. Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang. | 75 | 74 | 76 | 75 |
| 4.20.3. Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. | 75 | 74 | 76 | 75 |
KKM SEMESTER 1 | 75 | | | |
| | | | | |
| Mengetahui, | Boyolali, Januari 2018 |
| Kepala SMA N 2 Boyolali | Guru Mata Pelajaran |
| | | | | |
| | | | | |
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!