KISI-KISI OGN 2018 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMA/SMK/SMALB
1. Seni musik: Unsur Musik, bentuk dan Nilai Not, Tanda Dinamik, Akor/Trinada, Struktur Lagu, Solfegio dan Bayangan Nada, Tangganada, Letak dan Nama Nada, Teknik Vokal, Karakteristik lagu daerah, Mendireksi, Musik tradisional Nusantara, Musik Ansambel, Tokoh Musik Nasional, Lagu daerah
2. Seni tari: Tari tradisional berdasar jenis dan fungsinya, Eksplorasi gerak tari gaya tradisional berdasarkan makna, simbol, dan nilai estetis, Improvisasi gerak tari gaya tradisional berdasarkan jenis dan fungsi, Gerak Tari Gaya , Kreasi, Pembelajaran Musik Kreatif
3. Seni Teater: Arti teater, Prosedur penyajian pembelajaran teater, Ruang lingkup teater tradisi, Tugas sutradara teater, Perlengkapan struktur baku sebuah teater, Aspek-aspek teater, Urutan plot dalam teater, Struktur teater, Jenis teks teater, Teknik pemilihan peran dalam teater, Fungsi iringan dalam teater, Syarat menjadi actor teater, Lakon teater tradisional, Nama kelompok teater, Nama tokoh sutradara teater, Daya kepekaan actor teater, Latihan akting aktor teater, Langkah latihan akting, Bentuk latihan acting teater, Teknik menjadi aktor teater, Macam Rias dalam permainan teater, Karakteristik alat tatarias teater, Klasifikasi tata rias, Tujuan mengenakan bentuk kostum pemain teater, Tata lampu (lighting), Klasifikasi tata sinar lampu (lighting) dalam pertunjukan teater, Jenispentasteater modern, Salah satu judul lakon teater modern, Bentuk aliran dekorasi dalam pertunjukan teater, Motif komposisi pentas teater, Bentuk pertunjukan teater,
4. Seni Rupa: Tahapan apresiasi seni dan budaya, Jenis cat, Gaya karya seni rupa, Ragam seni rupa, Unsur dasar dalam seni rupa, Unsur fisik seni rupa, Jenis seni rupa, Proses menggambar dalam seni rupa, Contoh gambar dua dimensi, Teknik membatik, Pemanfaatan media elektronik dalam seni rupa, Ragam seni rupa, Ragam bentuk gambar, Ragam fungsi ukiran, Aliran seni rupa, Cabang seni rupa.
KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)
CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN
1. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.
2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.
3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.
4. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
5. Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.
(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!