SILABUS BAHASA INDONESIA
Alokasi waktu 4 jam pelajaran/minggu
Semester Genap
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Kelas X
Kompetnsi inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. | Isi teks negosiasi: · permasalahan; · pengajuan; · penawaran; · persetujuan/ kesepakatan yang tercapai. | · Menilai masalah, bagaimana cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. · Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. · Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat). |
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. | ||
3.11 Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. | Struktur teks negosiasi: · orientasi dan · permasalahan(pengajuan, penawaran, dan persetujuan). Kebahasaan · pasangan tuturan dalam teks negosisi dan · bahasa yang santun. | · Menentukanstruktur: orientasi dan permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan), · Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi. · Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan. · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks negosiasi yang telah disusun. |
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. | ||
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat. | Debat: · esensi debat; · mosi (permasalahan yang didebatkan); · argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan · tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen). | · Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen, pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik. · Melaksanakan debat. · Mengevaluasi pelaksanaan debat. |
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. | ||
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). | Isi debat: · mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan; · pernyataan sikap (mendukung atau menolak); · argumenasi untuk mendukung sikap. Pihak-pihak pelaksana debat: · pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan; · tim afirmatif (yang setuju dengan mosi); · tim oposisi yang tidak setuju dengan mosi); · pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata tertib)’ · Penonton/ juri. | · Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). · Memberikan tanggapan (kelebihan dan kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat. · Melaksanakan debat. · Mengevaluasi pelaksanaan debat. |
4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. | ||
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi | · Pola penyajian cerita ulang (biografi). · Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi. | · Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. · Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi · Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. |
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. | ||
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. | Unsur-unsur biografi: · orientasi: (identitas singkat tokoh); · rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan · Reorientasi : Kebahasaan biografi: · pronominal; · pengacu dan yang diacu; dan · konjungsi. | · Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. · Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) · Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman |
4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis | ||
3.16 Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. | Puisi: (semua jenis puisi) · isi; · tema; · makna; · amanat; dan · suasana. | · Mendata suasana, tema, dan makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca. · Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo). |
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) | ||
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi. | Unsur-unsur pembangun puisi · diksi; · imaji; · kata konkret; · gaya bahasa; · rima/irama; · tipografi; · tema/makna (sense); · rasa (feeling); · nada (tone);dan · amanat/tujuan/maksud (itention). | · Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi. · Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention). · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah ditulis |
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) | ||
3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. | Resensi buku. | Membuat Resensi Buku yang Dibaca · Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku yang dibaca · Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi · Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis |
4.18 Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. |
Boyolali, Januari 2018
Mengetahui
Kepala SMA......... Guru Mata Pelajaran
……………………… ………………………………
UNDUH SILABUS BAHASA INDONESIA DI SINI
UNDUH GRATIS PERANGKAT PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
SILABUS, PROTA, PROSEM/PROMES, KKM, RPP BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII SMA/SMK/MA
KELAS X
1. SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X
2. PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS X
3. PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS X
4. KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA KELAS X
5. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KELAS X
KELAS XI
1. SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI
2. PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS XI
3. PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XI
4. KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA KELAS XI
5. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KELAS XI
KELAS XII
1. SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII
2. PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS XII
3. PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XII
4. KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA KELAS XII
5. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KELAS XII
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!