Monday, 8 January 2018

KISI-KISI OGN 2018 BAHASA INGGRIS SMA/SMK/SMALB




CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL OGN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS 


1. Menangkap makna teks interaksi interpersonal dan transaksional lisan:

a. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga

b. Teks interaksi interpersonal lisan yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat

c. Teks interaksi interpersonal lisan sederhana yang melibatkan tindakan memuji bersayap

d. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

e. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya

f. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran

g. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tawaran

h. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat

i. Teks interaksi interpersonal lisanyang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya

j. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran

2. Menangkap makna teks khusus lisan:

Teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) lisan

3. Menangkap makna teks fungsional lisan:

a. Teks news items lisan dalam bentuk berita radio

b. Teks prosedur lisan dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips)

c. Teks eksposisi analitis lisan terkait isu aktual

4. Menyusun teks interaksi lisan (secara tidak langsung):

a. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga

b. Teks interaksi interpersonal lisan yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat

c. Teks interaksi interpersonal lisan yang melibatkan tindakan memuji bersayap

d. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan

e. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya

f. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran

g. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tawaran

h. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat

i. Teks interaksi interpersonal lisanyang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya

j. Teks interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran

5. Menangkap makna teks khusus tulis:

a. Teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) tulis

b. Teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja

6. Menangkap makna teks fungsional tulis



KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)

CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN

1. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.

2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.

3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

4. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

5. Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)




0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger