CONTOH SURAT TUGAS
SURAT - TUGAS
Nomor: 800 / / 2016
Dengan ini Kepala SMP Negeri 3 Kartasura :
Nama :
NIP :
Jabatan : Kepala Sekolah
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Kartasura
memberikan tugas kepada :
Nama : ......
NIP : ........
Jabatan : Guru
Unit Kerja : SMP Negeri 3 Kartasura
Hari : Selasa
Tanggal : 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016
Waktu : 07.00 WIB s/d selesai
Tempat : Universitas Muhammadiyah Surakarta dan SMP N 4 Sukoharjo
Keperluan : Mengikuti Diklat Peningkatan Karier Guru SMP se- Kabupaten Sukoharjo
Demikian untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan melaporkan hasilnya setelah selesai melaksanakan tugas.
Kartasura, 19 November 2016
Kepala Sekolah,
....................................
NIP ..................................
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
Di Universitas Muhammadiyah Surakarta
Tanggal: 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016
Disusun Oleh:
NIP
PEMERINTAH KABUPATEN SUKOHARJO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 3 KARTASURA
TAHUN 2016
IDENTITAS GURU
1. Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Kartasura
2. Nama Guru :
3. NIP :
4. NRG : 083926063016
5. NUPTK : 2639749650300012
6. Sertifikat Pendidik : 08030908730093
7. Jabatan/Golongan : Guru Madya / IVa
8. Alamat Instansi
· Desa /Jalan : Jalan P. Diponegoro 64, Kartasura
· Kabupaten : Kabupaten Sukoharjo
· Provinsi : Jawa Tengah
· Telepon/Fax : 0271780034
· Surel : smp.gazura@yahoo.co.id
9. Mengajar Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
10. SK Pengangkatan
a. Sebagai CPNS
· Pejabat yang Mengangkat : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
· Nomor SK : 71841/A2/KP/1995
· Tanggal SK : 24 -11 -1995
· TMT : 01 – 12 - 1995
b. Pangkat Terakhir
· Pejabat yang Mengangkat : Gubernur Jateng
· Nomor SK : 823.4/07244
· Tanggal SK : 31 – 10 - 2007
· TMT : 1 – 10 - 2007
11. Alamat Rumah
· Alamat / Jalan :
· Kabupaten : Sukoharjo
· Provinsi : Jawa Tengah
· Telepon/Fax :
· sur-el :
PENGESAHAN
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
Disusun Oleh:
NIP
Kartasura, 8 Desember 2016
Mengesahkan
Kepala SMP N 3 Kartasura, Koordinator PKB,
…………….. ………...
NIP ………… NIP ………..
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan Buku Laporan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016 di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 22 November 2016, 29 November 206, dan 6 Desember 2016 oleh MGMP Kabupaten Sukoharjo dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Di dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru dan penyusunan laporan ini, penulis mendapatkan banyak kesempatan, bimbingan, petunjuk, bantuan, serta saran-saran yang bermanaat dari berbagai pihak, yang semuanya itu dapat memberikan kemudahan dan menunjang dalam menyelesaikan penulisan laporan ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kepada yang terhormat:
1. Agus Ulinuha,Ph.D., Ketua LPPM UMS;
2. Drs. Darno, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo;
3. Drs. Juwardi, M.Pd.I, Kepala SMP Negeri 3 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo; dan
4. Narasumber serta rekan-rekan peserta Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjo Tahun 2016.
Penulis menyadari, bahwa masih banyak terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam penyusunan laporan pengembangan diri ini yang disebabkan oleh keterbatasan waktu, kemampuan, dan pengetahuan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya, penulis berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis sendiri khususnya.
Kartasura, 8 Desember 2016
Penulis,
NIP
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………. i
IDENTITAS DIRI ……………………………………………………………. ii
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………... iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………... iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………………..... v
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
A. PENDAHULUAN ……………………………………………………….. 1
B. ALASAN MENGIKUTI PELATIHAN …………………………………. 2
C. PELAKSANAAN PELATIHAN ………………………………………… 2
D. TEMPAT DAN WAKTU ………………………………………………... 2
E. TUJUAN PELATIHAN …………………………………………………. 2
F. MATERI DALAM PELATIHAN ……………………………………….. 3
G. NARASUMBER …………………………………………………………. 5
H. PESERTA PELATIHAN ………………………………………………… 6
I. STRATEGI KEGIATAN ………………………………………………… 6
J. HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH …………………………….. 6
K. TINDAK LANJUT ………………………………………………………. 6
L. DAMPAK SETELAH MENGIKUTI PELATIHAN ……………………. 7
M. PENUTUP ………………………………………………………………... 7
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1. Surat Tugas dari Kepala Sekolah tanggal 19 November 2016
2. Daftar Peserta Pelatihan
3. Jadwal Kegiatan
4. Sertifikat (Nomor: 475/a.3-VIII/LPPM/XII/2016)
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
A. PENDAHULUAN
Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha mengembangkan kariernya. Karier seorang guru dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan, misalnya kegiatan pendidikan dan pelatihan. Melalui kegiatan tersebut pengetahuan dan keterampilannya akan selalu berkembang sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang semakin berkualitas.
Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal bisadilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu: 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya inovatif.
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar MGMP termasuk ke dalam diklat fungsional.
Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya di samping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya.
B. ALASAN MENGIKUTI PELATIHAN
1. Surat Tugas Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Kartasura, Sukoharjo tanggal 19 November 2016.
2. Untuk meningkatkan pemahaman tentang pengembangan karier guru melalui Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
3. Untuk meningkatkan profesionalitas guru
C. PELAKSANAAN PELATIHAN
Pelaksanaan Diklat Peningkatan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjo dirancang melalui pendekatan andragogi melalui:
a. Pemaparan materi melaui ceramah, tanya jawab, dan diskusi/kerja kelompok
b. Pemaparan hasil kerja kelompok
c. Sharingpengalaman mengikuti kegiatan PKB
D. TEMPAT DAN WAKTU
Kegiatan Diklat Peningkatan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjodilaksanakan mulai tanggal 22 November 2016, 29 November 2016, dan 6 Desember 2016 bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakartadan SMP Negeri 4 Sukoharjo.
E. TUJUAN PELATIHAN
Kegiatan Diklat Peningkatan Karier Guru SMP ini bertujuan untukmemotivasi dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengikuti dan melaksanakan Kegiatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sehingga karier guru dapat berkembang karena terpenuhinya kebutuhan penilaian angka kredit (PAK). Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi kegiatan Pengembangan Diri (PD), Publikasi Ilmiah (PI), dan Karya Inovatif (KI).
F. MATERI PELATIHAN
Materi utama yang diberikan dalam Diklat ini adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) selama 32 jam pelatihan dengan rincian sebagai berikut.
a. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
1. Publikasi Ilmiah (15 jam pelatihan)
2. Karya Inovatif (5 jam pelatihan)
b. Praktik Penulisan PTK (6 jam pelatihan)
c. Praktik Penulisan Artikel/Jurnal (6 jam pelatihan)
Deskripsi Materi
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
PKB mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi yang didesain untuk meningkatkan karakteristik, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan. Dengan perencanaan dan refleksi pada pengalaman belajar guru dan/atau praktisi pendidikan akan mempercepat pengembangan pengetahuan dan keterampilan guru sertakemajuan karir guru dan/atau praktisi pendidikan. PKB adalah bagian penting dari proses pengembangan keprofesionalan guru. PKB dalam rangka pengembangan pengetahuan dan keterampilan merupakan tanggung-jawab guru secara individu sesuai dengan masyarakat pembelajar, jadi sangat penting bagi guru yang berada di ujung paling depan pendidikan. PKB adalah pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan guru untuk mencapai standar kompetensi profesi dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesinya yang sekaligus berimplikasi kepada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. PKB mencakup tiga hal; yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
a. Pengembangan Diri
Pengembangan Diri adalah upaya-upaya meningkatkan profesionalisme diri agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan agar mampu melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan termasuk pelaksanaan tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah. Kegiatan pengembangan diri terdiri dari diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensi profesi guru yang mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sedangkan untuk mampu melaksanakan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. program PKB diorientasikan kepada kegiatan peningkatan kompetensi sesuai dengan tugas-tugas tambahan tersebut (misalnya kompetensi bagi kepala sekolah, kepala laboratorium, kepala perpustakaan, dsb.).
b. Publikasi Ilmiah
Publikasi ilmiah adalah salah satu unsur utama dalam penilaian kinerja guru yang dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme guru sehingga oleh karenanya diberi angka kredit.Bentuk publikasi yang dapat dilakukan oleh guru adalah presentasi pada forum ilmiah, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal, dan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan dan/atau pedoman guru.
Sesuai dengan ketentuan KEPMENPAN No: 84/1993 ada 7 (tujuh) macam publikasi ilmiah yang merupakan bagian kegiatan pengembangan profesi. Sejak tahun 2009, ketentuan tersebut diperbaharui dengan diterbitkannya PERMENPAN dan RB No: 19 Tahun 2009 yang menetapkan sebanyak 10 macam publikasi sebagai bagian dari kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yaitu:
1) Presentasi di forum ilmiah
2) Hasil penelitian
3) Tinjauan ilmiah
4) Tulisan ilmiah populer
5) Artikel ilmiah
6) Buku pelajaran
7) Modul/diktat
8) Buku dalam bidang pendidikan
9) Karya terjemahan
10) Buku pedoman guru
Publikasi ilmiah yang layak memperoleh angka kredit harus memenuhi kriteria yang dinyatakan dalam akronim APIK, yang artinya: Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten. Asli, bukan merupakan hasil plagiat tetapi gagasan orisinil yang bersangkutan. Perlu, yang berarti menyelesaikan masalah yang secara nyata terjadi atau dihadapi oleh guru yang bersangkutan dalam lingkungan tugasnya. Ilmiah, yaitu berbentuk penelitian yang berisi dan dilakukan mengikuti kaidah-kaidah kebenaran ilmiah. Konsisten, dalam arti harus disusun sesuai dengan tugas pokok dan fungsi penyusunnya.
c. Karya Inovatif
Karya inovatif adalah karya yang bersifat pengembangan, modifikasi atau penemuan baru sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan, sains/teknologi, dan seni. Karya inovatif ini mencakup:
1) penemuan teknologi tepat guna kategori kompleks dan/atau sederhana;
2) penemuan/peciptaan atau pengembangan karya senikategori kompleks dan/atau sederhana;
3) pembuatan/pemodifikasian alat pelajaran/peraga/-praktikum kategori kompleks dan/ atau sederhana;
4) penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya pada tingkat nasional maupun provinsi
Penekanan materi yang disampaikan dalam Diklat ini adalah Penulisan PTK dan Karya Ilmiah berupa artikel. Adapun hal-hal yang disampakan adalah kebijakan bahasa, orientasi menulis karya ilmiah,penggalian topik penelitian dan judul, penyusunan rancangan proposal penelitian, metode dan teknik penelitian PTK, pemanfaatan bahasa dalam KI, penyuntingan KI,sumber penulisan KI, ulasan artikel, dan praktik penulisan artikel..
G. NARASUMBER
Narasumber Diklat Peningkatan Karier Guru SMP Kabupaten Sukoharjoini adalah:
No | Nama | Status | Asal Sekolah |
1 | Prof. Dr. Markhamah, M. Hum. | Guru Besar dan Widyaiswara UMS | UMS Surakarta |
2 | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. | Tim Penilai PAK, Kabupaten Sukoharjo | SMKN 2 Sukoharjo |
H. PESERTA PELATIHAN
Peserta Diklat Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru berjumlah 22 orang yang terdiri dari guru Bahasa Indonesia SMP se-Kabupaten Sukoharjo (terlampir).
I. STRATEGI KEGIATAN
J. HASIL / MANFAAT YANG DIPEROLEH
Hasil yang diperoleh dari Diklat Peningkatan Karier Guru SMP adalah terlatihnya guru dalam menghasilkan berbagai Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif.
K. TINDAK LANJUT
Tindak lanjut dari Diklat Peningkatan Karier Guru SMPadalah guru berusaha dapat melaksanakan berbagai kegiatan PKB terutama Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif. Selanjutnya mereka mengusulkan angka kredit yang diperoleh untuk kenaikan pangkat mereka.
L. DAMPAK SETELAH MENGIKUTI KEGIATAN
Dampak yang diharapkan melalui pelaksanaan Diklat Peningkatan Karier Guru SMP antara lain:
1. Guru memahami berbagai kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
2. Guru mau melaksanakan berbagai kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
3. Karier/profesionalitas guru meningkat
4. Prestasi belajar peserta didik meningkat, dan mutu pendidikan juga meningkat.
M. PENUTUP
Secara umum Diklat Peningkatan Karier Guru SMP bertujuan agar para peserta lebih memahami berbagai jenis kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan karier mereka. Kegiatan yang dimaksud tidak lain adalah kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Beberapa kegiatan yang termasuk dalam kegiatan PKB tersebut adalah kegiatan Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. Setelah para peserta memahami, diharapkan mereka mau mempraktikkannya. Dengan pemahaman dan kemauan mempraktikkan (baca: melaksanakan) karier mereka akan meningkat. Selanjutnya akan terbentuk profesionalitas guru. Dampak positif yang dirasakan adalah meningkatnya prestasi peserta didik yang berarti meningkatnya mutu pendidikan.
DAFTAR PESERTA
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
No | Nama | Asal Sekolah |
1 | Sri Santosa, S.Pd., M.Pd. | SMPN 1 Nguter |
2 | Imtihan Syamsul Maarif, S.Pd. | SMPN 4 Sukoharjo |
3 | Titiek Maryuni, S.Pd., M.Pd. | SMPN 3 Nguter |
4 | Dra. Eny Haryaningsih, M.Pd. | SMPN 1 Sukoharjo |
5 | Dra, Eny Haryaningsih, M.Pd. | SMPN 1 Sukoharjo |
6 | Dudung Andriyano, S.Pd., M.Pd. | SMPN 3 Sukoharjo |
7 | Suparti, S.Pd., M.Pd. | SMPN 2 Bendosaari |
8 | Bambang Wisnu, S.Pd. | SMPN 1 Gatak |
9 | Dra. Maya Maria Hartanti | MTS. Bekonang |
10 | Drs. Widodo | SMPN 2 Nguter |
11 | Drs. Martanto | SMPN 1 Bulu |
12 | Dra. Hagni Sri Wiyanti | SMP Muh. Sukoharjo |
13 | Sukrisno Santoso, S.Pd. | Mutiara Insan, Sukoharjo |
14 | Endah Mustaqimah, S.Pd., M.Hum. | SMPN 3 Kartasura |
15 | Dra. Bekti Dwi Hastuti | SMPN 1 Grogol |
16 | Dra. Sri Harsono | SMPN 5 Sukoharjo |
17 | Anas Charis Fachrudin, S.Pd. | SMP Al Azhar 21 |
18 | Isminatun, S.Pd., M.Pd. | SMPN 2 Gatak |
19 | Suwardji, S.Pd. | SMPN 5 Sukoharjo |
20 | Susi Handayani, S.Pd., M.Pd. | SMPN 1 Kartasura |
21 | Dra. Sri Rahayu | SMPN 3 Tawangsari |
22 | Ida Arijani, S.Pd. | SMPN 4 Polokarto |
JADWAL KEGIATAN
DIKLAT PENINGKATAN KARIER GURU SMP
KABUPATEN SUKOHARJO
No | Waktu | Materi | Narasumber | Petugas | Tempat |
PENINGKATAN KARIER Pertemuan 1: Selasa, 22 November 2016 | |||||
1 | 07.00 – 10.00 | PKB | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | PANITIA | UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA |
2 | 10.00 – 10.15 | Break | |||
3 | 10.15 – 12.15 | Best Practice | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
4 | 12.15 – 13.00 | Ishoma | |||
5 | 13.00 – 15.00 | PTK | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
6 | 15.00 – 15.15 | Break | |||
7 | 15.15 – 16.15 | PTK | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
Peningkatan Karier Pertemuan 2: Selasa, 29 November 2016 | |||||
1 | 07.00 – 10.00 | SKP | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | PANITIA | UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA |
2 | 10.00 – 10.15 | Break | |||
3 | 10.15 – 12.15 | SKP | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
4 | 12.15 – 13.00 | Ishoma | |||
5 | 13.00 – 15.00 | SKP | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
6 | 15.00 – 15.15 | Break | |||
7 | 15.15 – 16.15 | SKP | Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. | ||
Peningkatan Karier Pertemuan 3: Selasa, 6 Desember 2016 | |||||
1 | 07.00 – 10.00 | DUPAK | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. | PANITIA | SMP N 4 SUKOHARJO |
2 | 10.00 – 10.15 | Break | |||
3 | 10.15 – 12.15 | DUPAK | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. | ||
4 | 12.15 – 13.00 | Ishoma | |||
5 | 13.00 – 15.00 | DUPAK | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. | ||
6 | 15.00 – 15.15 | Break | |||
7 | 15.15 – 16.15 | DUPAK | Dwi Susilowati, S.Pd., M.Pd. |
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!