CONTOH RPP TEKS BIOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan Ke : 9, 10, dan 11
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (3 X 4 Jam Pelajaran x 45 menit)
Materi Pokok : Teks Biografi
A. Kompetensi Inti
Tujuan pembelajaran sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum, berbentuk kompetensi yang terdiri atas (1) kompetensi sikap spiritual, (2) kompetensi sikap sosial, (3) kompetensi pengetahuan pengetahuan, dan (4) kompetensi keterampilan. Rumusan kompetensi sikap spiritual, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”; kompetensi sikap sosial, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yakni keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KI 1 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 2 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi. 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. | · Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. · Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi. · Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. |
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebaha saan dalam teks biografi. 4.15 Menyusun teks biografi tokoh | · Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. · Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) · Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman |
C. Materi Pembelajaran
· Pola penyajian cerita ulang (biografi).
· Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
Unsur-unsur biografi:
· orientasi: (identitas singkat tokoh);
· rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan
· Reorientasi :
Kebahasaan biografi:
· pronominal;
· pengacu dan yang diacu; dan
· konjungsi.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(Catatan: kolom bagian kanan bukan bagian RPP tetapi penjelasan prosedur
model pembelajaran Bahasa Indonesia).
Pendahuluan: 3 x 10 menit 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks biografi sederhana | Membangun Konteks: Dialog informasi tentang fungsi dan wujud teks biografi dalam kehidupan sehari-hari. Dapat pula ditayangkan film dokumenter dunia flora dan fauna | ||||
Kegiatan Inti: 3 x 150 menit | |||||
1. Peserta didik membaca 2 atau 3 teks biografi yang bertema sama. 2. Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau teks biografi yang telah dibacanya. 3. Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks biografi. 4. Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau teks biografi. 5. Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks biografi. 6. Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3 teks biografi. 7. Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks biografi. 8. Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks biografi. 9. Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antar komponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks. 10. Peserta didik menyimpulkan struktur teks biografi. 11. Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks biografi. 12. Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau 3 teks biografi. 13. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks biografi. | Menelaah Model Kegiatan ini dapat dilakukan secara individual, berpasangan, atau berkelompok. Panduan lembar kerja menelaah model teks sangat dianjurkan untuk digunakan. Kesimpulan dibahas secara klasikal dengan panduan guru agar kelas aktif menarik namun pengaturan waktu efesien | ||||
14. Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks biografi: a. latihan kosa kata teknis, sinonim b. latihan penulisan unsur serapan c. latihan pengembangan teks biografi d. latihan pengembangan kekohesian 15. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan. | Mengonstruksi Terbimbing: kegiatan ini merupakan aplikasi dari pemahaman tentang teks dan latihan kebahasaan yang digunakan dalam menyusun biografi. Ini semacam latihan berlari, menendang bola, membawa bola, mengoper bola, dan lain-lain sebelum bermain bola sesungguhnya | ||||
16. Peserta didik menentukan topik teks biografi dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web). 17. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi. 18. Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih. 19. Peserta didik menyusun teks biografi berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI. 20. Peserta didik mempresentasikan teks biografi yang telah disusun. 21. Peserta didik menanggapi teks biografi. 22. Peserta didik merevisi teks biografi berdasarkan masukan dari teman. 23. Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke bendel portofolio masing-masing. | Mengonstruksi Mandiri: Setelah peserta didik berkegiatan untuk mendapatkan pemahaman dan berbagai latihan subkompetensi menulis (atau berbicara) diharapkan peserta didik sudah memiliki kepercayaan diri untuk menyusun teks secara mandiri. | ||||
Penutup: 3 x 20 menit | |||||
1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah Dipelajari. 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik. 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai. 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam | Kegiatan penutup merupakan refleksi guru dan peser-ta didik terhadap proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya peningkatan mutu berkelanjutan | ||||
E. Penilaian
KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi. 3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. | · Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. · Mendata pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi. |
Penilain Proses | Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksi terbimbing. Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. | Jenis : Tulis Bentuk : Uraian Contoh instrumen: a. Jelaskan bagian-bagian struktur teks biografi yang Anda baca! b. Tentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks biografi dan berikan contoh masing-masing! c. Tuliskan isi pokok teks biografi yang Anda baca! |
KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)
Kompetensi Dasar | Indikator |
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. 4.15 Menyusun teks biografi tokoh | · Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi. · Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain. · Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan) · Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman |
Penilain Proses | Penilaian Hasil |
Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri. Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan. | Jenis : Menulis Bentuk: Uraian Contoh Instrumen Susunlah teks biografi dengan memerhatikan hal di bawah ini! 1. Tentukan topik teks biografi! 2. Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks biografi! 3. Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks biografi dengan memerhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI! |
Portofolio
Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:
(a) draf final (produk) berbobot 40%;
(b) bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;
(c) bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan
(d) catatan reflektif berbobot 25%.
Sikap
Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan mengisi jurnal.
Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran
Nama Satuan pendidikan : …
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. | Waktu | Nama | Kejadian/ Perilaku | Butir sikap | Positif/ Negatif | Tindak Lanjut |
1. | 16 Februari 2018 | Aira | Memainkan HP ketika berdiskusi tentang struktur teks biografi | disiplin | - | Dipanggil dan disuruh menganalisis teks biografi yang lain |
2. | 17 Februari 2018 | Aftani | Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik | Tanggung jawab | + | Diberi pujian atau apresiasi |
Pedoman Penskoran
a. Pengetahuan
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | a. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks biografi dengan sangat tepat | 4 |
b. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks biografi dengan tepat | 3 | |
c. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks biografi dengan kurang tepat | 2 | |
d. Peserta didik menjelaskan bagian-bagian struktur teks biografi dengan tidak tepat | 1 |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
2 | a. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks biografi dan memberikan contoh masing-masing dengan sangat tepat | 4 |
b. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks biografi dan memberikan contoh masing-masing dengan tepat | 3 | |
c. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks biografi dan memberikan contoh masing-masing dengan kurang tepat | 2 | |
d. Peserta didik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks biografi dan memberikan contoh masing-masing dengan tidak tepat | 1 |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor | |
3 | a. Peserta didik munuliskan isi pokok teks biografi dengan sangat tepat | 4 | |
b. Peserta didik munuliskan isi pokok teks biografi i dengan tepat | 3 | ||
c. Peserta didik munuliskan isi pokok teks biografi si dengan kurang tepat | 2 | ||
d. Peserta didik munuliskan isi pokok teks biografi dengan tidak tepat | 1 | ||
Keterangan
Nilai = Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 10 x 100 = 83,33
Nilai = 10 x 100 = 83,33
12
b. Keterampilan
Bait | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | a. Peserta didik menentukan topik teks biografi sangat sesuai isi teks | 4 |
b. Peserta didik menentukan topik teks biografi sesuai isi teks | 3 | |
c. Peserta didik menentukan topik teks biografi kurang sesuai isi teks | 2 | |
d. Peserta didik menentukan topik teks biografi tidak sesuai isi teks | 1 | |
2 | a. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik | 4 |
b. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi lengkap dan sesuai dengan topik | 3 | |
c. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi kurang lengkap dan kurang dengan topik | 2 | |
d. Peserta didik menyusun kerangka teks biografi tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks | 1 | |
3 | a. Peserta didik menulis teks biografi sangat sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 4 |
b. Peserta didik menulis teks biografi sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 3 | |
c. Peserta didik menulis teks biografi kurang sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 2 | |
d. Peserta didik menulis teks biografi tidak sesuai dengan kerangka, struktur, ciri kebahasaan, dan EBI | 1 |
Nilai = Perolehan skor
Jumlah kreteria/soal
Contoh:
Nilai = 11 x 100 = 91,66
12
6. Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)
1. Penyajian komputer (laptop) dengan program powerpoint.
2. Bahan ajar otentik teks biografi(hasil penelitian atau media massa).
3. Buku teks dan buku ensiklopedia.
4. Film dokumenter.
5. Internet.
Mengetahui, …., ….
Kepala …. Guru mata pelajaran,
…….. ……………
RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X (SMA/SMK)
1. TEKS NEGOSIASI
2. TEKS DEBAT
3. TEKS BIOGRAFI
4. TEKS PUISI
LAMPIRAN MATERI TEKS BIOGRAFI
Kompetensi Dasar
Pengetahuan | Keterampilan |
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi | 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis |
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi | 4.15 Menyusun teks biografi tokoh |
A. Contoh Teks (Fakta)
Biografi Nelson Mandela
Biografi Nelson mandela. Tokoh perdamaian Nelson Rolihlahla Mandela dilahirkan di Mvezo, 18 Juli 1918 dan meninggal pada tanggal 05 Desember 2013, Nelson Mandela dikenal di seluruh dunia sebagai pejuang kemerdekaan melalui kegiatan anti apartheidnya dan kemudian menjadi Presiden Afrika Selatan. Masa kecilnya dihabiskan di Thembu kemudian memulai karir di bidang hukum. Beliau juga memiliki nama kehormatan dari klannya yaitu Madiba. Dilahirkan di Mvezo, Transkei pada 18 Juli 1918, Rolihlahla Mendela kemudian pindah ke Qunu sampai berumur 9 tahun. Ia merupakan yang pertama dari keluarganya yang mengikuti sekolah. Ia juga mendapat nama Nelson dari gurunya yang seorang Metodis. Pada umur 16 tahun, ia masuk Clarkebury Boarding Institute mempelajari kebudayaan barat.
Pada 1934, ia memulai program B.A. di Fort Hare University, dimana ia bertemu Oliver Tambo yang menjadi teman dan koleganya yang setia. Setelah menentang kebijakan universitas dan diminta keluar. Ia pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil hukum di University of the Witswatersrand.
Pernikahan pertama Mandela dengan Evelyn Ntoko Mase berakhir dengan perceraian pada 1957 setelah 13 tahun. Pernikahannya dengan Winnie Madikizela yang berjalan 38 tahun berakhir dengan perceraian 1996. Pada ulang tahunnya ke-80, Mandela menikahi Graça Machel, janda dari mantan Presiden Mozambik Samora Machel, yang juga seorang kawan ANC.
Rolihlahla Mendela kemudian pindah ke Qunu sampai berumur 9 tahun. Ia merupakan yang pertama dari keluarganya yang mengikuti sekolah. Ia juga mendapat nama Nelson dari gurunya yang seorang Metodis. Pada umur 16 tahun, ia masuk Clarkebury Boarding Institute mempelajari kebudayaan barat.
Pada 1934, ia memulai program B.A. di Fort Hare University, dimana ia bertemu Oliver Tambo yang menjadi teman dan koleganya yang setia. Setelah menentang kebijakan universitas dan diminta keluar. Ia pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil hukum di University
Pada 1934, ia memulai program B.A. di Fort Hare University, dimana ia bertemu Oliver Tambo yang menjadi teman dan koleganya yang setia. Setelah menentang kebijakan universitas dan diminta keluar. Ia pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil hukum di University of the Witswatersrand.
Pernikahan pertama Mandela dengan Evelyn Ntoko Mase berakhir dengan perceraian pada 1957 setelah 13 tahun. Pernikahannya dengan Winnie Madikizela yang berjalan 38 tahun berakhir dengan perceraian 1996. Pada ulang tahunnya ke-80, Mandela menikahi Graça Machel, janda dari mantan Presiden Mozambik Samora Machel, yang juga seorang kawan ANC.
Rolihlahla Mendela kemudian pindah ke Qunu sampai berumur 9 tahun. Ia merupakan yang pertama dari keluarganya yang mengikuti sekolah. Ia juga mendapat nama Nelson dari gurunya yang seorang Metodis. Pada umur 16 tahun, ia masuk Clarkebury Boarding Institute mempelajari kebudayaan barat.
Pada 1934, ia memulai program B.A. di Fort Hare University, dimana ia bertemu Oliver Tambo yang menjadi teman dan koleganya yang setia. Setelah menentang kebijakan universitas dan diminta keluar. Ia pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa setelah mengambil hukum di University
B. Pengertian Teks (Konsep)
Biografi
· Biografi merupakan salah satu teks yang menjelaskan tentang seorang tokoh yang memiliki kelebihan atau keunggulan tokoh tersebut yang dapat diteladani pembaca. Memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh, memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah, harus memiliki struktur teks biografi yang jelas.
C. Ciri-ciri Teks (Prinsip)
1. Fungsi
Dapat digunakan sebagai panutan bagi pembaca, Memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh, memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah, mengetahui dan memahamikarakter orang lain dan banyak belajar tentang orang lain melalui tokoh-tokoh lain
2. Struktur
Struktur teks biografi
· Orientasi, dalam teks tersebut adalah pengenalan. Terdapat pada paragraf awal
· Pristiwa dan masalah : peristiwa ditandai dengan cerita masa kuliah dan masa menikah
· Reorientasi, kembali mengisahkan perkuliahan
3. Kebahasaan
Penggunaan bahasa dalam penulisan teks biografi:
· Pronomina: Kata ganti yang sering digunakan adalah kata ganti orang ketiga beliau (dia). Kata ganti ini bervariasi dengan nama diri atau penyebutan nama tokoh atau panggilan tokoh
· Konjungsi temporal:
Kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan klausa degan klausa atau kailmat dngan kalimat
kata penghubung waktu seperti selanjutnya, lalu, kemudian, ketika, sebelum, dan sesudah, tatkala, sewaktu
· Kalimat simpleks/tunggal yaitu kalimat yang terdiri dari satu pola kalimat. Minimal kalimat tunggal memiliki unsur subyek dan predikat sedangkan obyek dan keterangan tidak selalu muncul secara lengkap
Contoh: Beliau juga memiliki nama kehormatan dari klannya yaitu Madiba.
Selebihnya banyak juga yang menggunakan kalimat majemuk setara.
· Kata keterangan, Misalnya: ke Johannesburg, di University, dll
· Kata kerja material; kata kerja yang berhungan dengan perbuatan, contoh memulai, mengambil, dll
· Kata kerja pasif untuk menjelskan peristiwa yang dialami tokoh. Contoh: dikenal
· Banyak menggunakan kata sifat (adjektiva) contoh pada teks: setia,metodis
· Kata hubung yang ditemukan dalam teks ini adalah kata penghubung koordinatif dan subordinatif. Kata penghubung koordinatif yaitu kata penghubung yang yang menghubungkan dua unsure kalimat atau lebih yang yang kedudukannya setara. Contohnya: dan
D. Prosedur Pembelajaran (sesuai KD)
1. Bagaimana cara mengidentifikasi teks?
Teks biografi memiliki ciri:
a. Berupa informasi
b. Memiliki karakter unggul yang bisa menginspirasi
c. Memiliki kelebihan yang dapat memberi tambahan pada orang lain
2. Bagaimana cara menelaah teks?
Cara menelaah teks biografi adalah
1. Membaca keseluruhan teks biografi
2. Menetukan karakter tokoh yang disampaikan dalam teks tersebut
3. Menguraikan kelebihan –kelebihan yang dimiliki tokoh dalam teks biografi
4. Dapat menemukan kelebihan tokoh untuk teladani bagi pembaca
3. Bagaimana cara menyimpulkan isi teks?
Sebuah teks dikatakan sebagai teks biografi bila:
· Memuat informasi
· Memuat karakter unggul dalam diri tokoh
· Dalam penyampaian informasi selalu menggunakan kalimat tidak langsung
· Gaya penulisan deskriptif naratif
· Sudut pandang yang digunakan orang ketiga serba tahu
4. Bagaimana cara mengungkapkan kembali isi teks?
· Melalui kegiatan tanya jawab berkaitan
· Mengungkapkan tentang latarbelakang tokoh
· Menanyakan tentang kelebihan- kelebihan tokoh
0 komentar:
Post a Comment
Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!