Sunday, 24 December 2017

RPP TEKS ULASAN BUKU FIKSI KELAS XI SEMESTER 2 KD 3.20. 4.20


CONTOH RPP TEKS ULASAN BUKU FIKSI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Sekolah/Satuan Pendidikan      :

Mata Pelajaran                         : Bahasa dan Sastra Indonesia

Kelas/Semester                        : XI/4

Pertemuan Ke                           : 15 dan 16

Alokasi Waktu                           : 2 Pertemuan (2 X 4 Jam Pelajaran x 45 menit)

Materi Pokok                             : Membuat Teks Rensesi Puisi


A.     Kompetensi Inti

Tujuan pembelajaran sebagaimana dinyatakan dalam kurikulum, berbentuk kompetensi yang terdiri atas (1) kompetensi sikap spiritual, (2) kompetensi sikap sosial, (3)  kompetensi pengetahuan pengetahuan, dan (4) kompetensi keterampilan. Rumusan kompetensi sikap spiritual, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”; kompetensi sikap sosial, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai)santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta  dalam menempatkan diri  sebagai cerminan bangsa  dalam pergaulan dunia”,  dicapai melalui  pembelajaran tidak langsung  (indirect teaching), yakni keteladanan, pembiasaan,  dan budaya sekolah,  dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta  kebutuhan dan kondisi peserta didik.  Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan digunakan sebagai dasar bagi guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KI 1 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,  prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan,  dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 

KI 2 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


          B.  Kompetensi Dasar dan Indikator 


Kompetensi Dasar
Indikator
3.20  Menganalisis pesan dari dua buku fiksi
         (novel dan buku kumpulan puisi) yang
         dibaca.
4.20  Menyusun ulasan terhadap pesan dari
         dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian.
·     Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.
·     Menyusun ulasan  terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.
·     Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

    
       C.    Materi Pembelajaran

    • Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi.
    • Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi.

  D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     

Pendahuluan: 2 X 10 menit

(Membangun Konteks)

1.  Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
3. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik menerima informasi tenting hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks resensi puisi dan novel.





          Kegiatan Inti: 2 X 150 menit

          (Menelaah Model)




1.  Peserta didik membaca 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel yang bertema sama.
2.  Peserta didik mencermati struktur teks dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel yang telah dibacanya.
3.  Peserta didik mencermati ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks resensi puisi dan novel.
4.  Peserta didik mencermati isi pokok dalam 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel.
5.  Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang variasi struktur teks dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel.
6.  Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang ciri kebahasaan yang digunakan dalam 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel.
7.  Peserta didik mengajukan pertanyaan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel.
8.  Peserta didik mengumpulkan informasi melalui telaah model teks eksplanasi.
 9.  Peserta didik melakukan klasifikasi dan deskripsi hubungan antarkomponen yang ditemukan berdasarkan telaah model teks
10. Peserta didik menyimpulkan struktur teks resensi puisi dan novel.  
         11. Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks resensi puisi dan novel.
         12. Peserta didik menyimpulkan isi pokok dari 2 atau teks resensi puisi dan novel.
         13. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan tentang struktur, ciri   bahasa, dan isi pokok dari 2 atau 3 teks resensi puisi dan novel.





                  (Mengkonstruksi Terbimbimbing)




  14. Peserta didik mengerjakan latihan dan tugas yang diberikan guru untuk mengembangkan kompetensi (seperti latihan kata, kalimat, dan paragraf) yang sesuai dengan jenis teks resensi puisi dan novel:
a. latihan kosa kata teknis, sinonim
b. latihan penulisan unsur serapan
c. latihan pengembangan teks resensi puisi dan novel
d. latihan pengembangan kekohesian

   15. Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan. Latihan pengembangan topik dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web) atau teknik lain yang dapat digunakan.
   
       (Mengkontruksi Mandiri)



  16.  Peserta didik menentukan topik teks resensi puisi dan novel dengan peta pikiran (mindmap) atau jaring laba-laba (spider-web).
  17.  Peserta didik menyusun kerangka teks resensi puisi dan novel.
  18.  Peserta didik mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang telah dipilih.
  19.  Peserta didik menyusun teks resensi puisi dan novel berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan memperhatikan struktur teks, ciri kebahasaan, dan EBI.
  20.  Peserta didik mempresentasikan teks resensi puisi dan novel yang telah disusun.
  21.  Peserta didik menanggapi teks resensi puisi dan novel.
  22.  Peserta didik merevisi teks resensi puisi dan novel berdasarkan masukan dari teman.
  23.  Peserta didik memasukkan lembar coretan kerja dan semua draf hingga draf final ke  bendel portofolio masing-masing.




Penutup: 2 X 20 menit



 1. Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
 2. Peserta didik melaksanakan penilaian pembelajaran yang diberikan pendidik.
 3. Peserta didik saling memberikan umpan balik/refleksi hasil pembelajaran yang telah dicapai.
 4. Pendidik menutup pembelajaran dengan ucapan salam





         E.   Penilaian 


      KD dan Indikator (KD-3: Pengetahuan)


Kompetensi Dasar
Indikator
3.20  Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.

·     Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.



Penilain Proses
Penilaian Hasil
Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan menelaah Model dan mengonstruksi terbimbing.

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.
Jenis    : Tulis
Bentuk : Uraian

Contoh instrumen:
a. Tuliskan pesan  dari dua buku novel yang Anda
    baca!
b. Tuliskan pesan  dari dua buku kumpulan puisi yang
    Anda  baca!




       KD dan Indikator (KD-4: Keterampilan)


Kompetensi Dasar
Indikator
4.20  Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian.
·     Menyusun ulasan  terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.
·     Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.



Penilain Proses
Penilaian Hasil
Penilaian proses aspek pengetahuan dapat dilakukan sejak kegiatan Mengonstruksi Terbimbing dan Mengonstruksi Mandiri.

Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan tersebut dapat dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.
Jenis   :  Menulis
Bentuk:  Uraian

Contoh Instrumen
Susunlah resensi puisi  berdasarkan buku kumpulalan yang Anda baca dengan memerhatikan hal di bawah ini!
a.  Tentukan topik teks resensi puisi !.
b.  Buatlah kerangka sesuai dengan struktur teks resensi
     puisi!
c.  Kembangkan kerangka tersebut menjadi teks resensi
     puisi dengan memerhatikan struktur teks, ciri
     kebahasaan, dan EBI!


Portofolio

Khusus untuk kompetensi menulis, penilaian meliputi proses dan produk yang tercakup dalam penilaian portofolio. Dokumen portofolio berisi:

(a)   draf final (produk) berbobot 40%;

(b)   bukti draf sedikitnya 3 draf berbobot 25%;

(c)   bukti catatan tentang apa yang akan ditulis dan sumber penulisan berbobot 10%; dan

(d)   catatan reflektif berbobot 25%. 


Sikap

       Penilaian sikap dilakukan selama proses pembelajaran atau di luar pembelajaran dengan melalui observasi dengan mengisi jurnal.


Contoh format dan pengisian lembar pengamatan guru mata pelajaran

Nama Satuan pendidikan           :

Tahun pelajaran             :

Kelas/Semester                         :

Mata Pelajaran              : Bahasa dan Sastra Indonesia 


No.
Waktu
Nama
Kejadian/ Perilaku
Butir sikap
Positif/ Negatif
Tindak Lanjut
1.
15 Mei 2018
Catur
Memainkan HP ketika berdiskusi  tentang struktur teks resensi puisi dan novel.
disiplin
-
Dipanggil dan disuruh menganalisis teks resensi puisi dan novel  yang lain.
2.
16 Mei
2018
Tuti
Mengerjakan tugas dengan serius, tepat waktu, dan hasilnya sangat baik
Tanggung jawab
+
Diberi pujian atau apresiasi


Pedoman Penskoran

           a.  Pengetahuan

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengan sangat tepat
4
Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengan tepat
3
Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengan kurang tepat
2
Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku novel yang dibaca dengan tidak tepat
1



Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibaca dengan sangat tepat
4
Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibaca dengan tepat
3
Peserta didik menuliskan pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibaca dengan kurang tepat
2
Peserta didik pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dibaca dengan tidak tepat
1




         Keterangan


         Nilai = Perolehan skor     

                    Jumlah soal


     Contoh
     Nilai =  10  x 100 = 83,33

                   12


b. Keterampilan


Bait
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi sangat sesuai isi teks
4
Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi sesuai isi teks
3
Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi kurang sesuai isi teks
2
Peserta didik menentukan topik teks resensi buku kumpulan puisi tidak sesuai isi teks
1
2
Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik
4

Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisi lengkap dan sesuai dengan topik
3

Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisi kurang lengkap dan kurang dengan topik
2

Peserta didik menyusun kerangka teks resensi buku kumpulan puisi tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
1
3
Peserta didik menulis teks eksplanasi sangat sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
4

Peserta didik menulis teks resensi buku kumpulan puisi sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
3

Peserta didik menulis teks resensi buku kumpulan puisi kurang  sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
2

Peserta didik menulis teks resensi buku kumpulan puisi tidak sesuai dengan kerangka,  struktur, ciri kebahasaan, dan EBI
1

          
Nilai = Perolehan skor                     

          Jumlah kreteria/soal
            

Contoh:

          Nilai  =  11   x 100  = 91,66

                       12


F.   Pendukung Pembelajaran (Alat, Media, Bahan, Sumber)

      1. Penyajian komputer (laptop) dengan program powerpoint.

      2. Bahan ajar otentik resensi buku kumpulan puisi (hasil penelitian atau media massa).

      3. Buku teks dan buku ensiklopedia.

      4. Buku resensi puisi perpustakaan.

      5. Internet.




Mengetahui,                                                                     ....................., .........

Kepala................                                                               Guru Mata Pelajaran,





.............                                                                              ..............                                                
BACA

RPP DAN MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI (SMA/SMK)

1.       RPP TEKS PROPOSAL (KD 3.12, 4.12, 3.13, 4.13)


2.       RPP TEKS KARYA ILMIAH (KD 3.14, 4.14, 3.15, 4.15)


3.       RPP TEKS RESENSI (KD 3.16, 4.16, 3.17, 4.17)


4.       RPP TEKS DRAMA (KD 3.18, 4.18, 3.19, 4.19)


5.       RPP TEKS ULASAN BUKU FIKSI (KD 3.20, 4.20)





0 komentar:

Post a Comment

Jadilah orang yang memberikan komentar yang baik untuk semuanya!

Twitter

Artikel Populer

Blog Archive

Template Ini Di buat oleh Blog Informasi dan Berita Unik Terbaru ( Zain Fikri H ) yang didukung oleh Blogger